Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Bahaya dan Efek Samping Minum Air Mentah untuk Tubuh

Uncategorized

15 Bahaya dan Efek Samping Minum Air Mentah untuk Tubuh

Tahukah kamu bahwa manusia hidup selalu butuh minum air yang baik. Ciri-ciri air yang baik antara lain: tidak berasa, tidak berwarna dan tidak berbau. Ketika ada air mentah yang ternyata ada rasanya, tampak ada warnanya dan juga bau, itu artinya airnya tergolong tidak sehat.

Air mentah sangat bahaya bilamana dikonsumsi oleh tubuh kita. Ini adalah jenis air yang merujuk pada air alami yang diambil langsung dari alam tanpa proses sterilisasi sama sekali. Ternyata air macam ini sungguh beresiko loh, karena sebab-sebab bahaya dan efek samping di bawah ini:

1. Mengalami Sakit Perut

Bahaya minum air mentah yang pertama adalah mengalami sakit perut. Ini terjadi kemungkinan karena perut mengalami alergi akibat bakteri atau cacing yang terkandung di dalam air mentah. Maka dari itu, kita mesti menghindari air mentah. Lebih baik minum air yang direbus, karena lebih aman.

2. Kejang di Otot Perut

Kejang pada otot sangat menyakitkan. Apalagi kalau terjadinya di otot perut, maka dari itu kamu mesti waspada terhadap apa yang kamu makan. Karena makanan yang kamu makan sangat mempengaruhi bagaimana proses pencernaan terjadi. Otot perut adalah otot utama dalam proses pencernaan. Ketika ia terganggu, maka proses metabolisme energi makanan bisa terganggu.

3. Nyeri Kepala yang Hebat

Nyeri kepala yang hebat juga bisa terjadi sebagai efek dari minum air mentah untuk tubuh. Jika kamu nyeri kepalanya, ini akan membuatmu begitu tersiksa. Makanya kamu jangan sampai lah minum air mentah. Jika memang tidak sedang kondisi terdesak, seperti sedang melakukan survival di kegiatan pecinta alam atau SAR.

4. Terkena Bakteri dan Virus

Ya, air mentah sangat besar kemungkinannya mengandung bakteri dan virus. Bayangkan kalau sampai tubuhmu jadi terkena bakteri dan virus itu. Apakah kamu masih bisa bertahan hidup? Mungkin tidak. Karena bakteri dan virus itu mungkin bisa membunuhmu.

Loading...

5. Kerusakan Gigi dan Jaringan Mulut

Kerusakan gigi dan jaringan mulut bisa terjadi jika kamu minum air mentah. Apalagi bila air yang kamu minum mengandung mineral atau logam tertentu yang bahayanya buat mulut. Pastilah akan terancam kesehatan mulut dan gigimu. Maka dari itu, kamu mestinya tidak lagi coba-coba minum air mentah.

6. Badan Jadi Lemas

Badan kamu bisa jadi lemas kalau kamu sering minum air mentah. Memang ini adalah reaksi yang dialami segelintir orang saja yang alergi terhadap air mentah. Namun tetap saja, efek samping ini mesti kamu waspadai karena bahaya bila sampai reaksinya dialami tubuh kita. Badan lemas akan sangat menghambat kerja kita.

7. Tekanan Darah Menurun

Tekanan darah akan menurun. Alias kita akan mengalami hipotensi bilamana sampai melakukan hal-hal aneh seperti minum air mentah. Sehingga kita memang sebaiknya menghindari minum air mentah ini. Bagaimana pun ceritanya, apapun kondisinya, ketika air yang matang dan bersih ada, maka pilihlah yang ini.

8. Keracunan

Ya, bisa jadi dalam air mengandung logam berat tertentu atau mineral yang bisa membuatmu keracunan. Jika kamu mengalami hal semacam ini, tentunya kamu harus siap-siap menanggung resiko terberat, yaitu kematian. Keracunan bisa jadi karena adanya kandungan besi, timbal atau airnya sudah terkontaminasi zat bahaya lainnya hasil limbah pabrik.

9. Terkena Diare

Minum air mentah nampaknya menjadi suatu gaya hidup anak kecil di pedesaan. Mereka sudah biasa minum air langsung dari sungai, mata air, sumur, atau yang lainnya. Ini biasa saja memang bagi mereka. Namun dampaknya ternyata cukup serius. Dan dari dampak serius itu, yang paling sepele adalah sakit diare. Namun jangan salah! Orang diare kalau tidak diobati juga bisa mati loh!

10. Pendarahan di Saluran Pencernaan

Pendarahan saluran cerna bisa terjadi sebagai efek dari minum air mentah. Ini terjadi karena ada luka di lambung atau jeroan saluran cerna lainnya yang diakibatkan gesekan air yang terlalu keras. Air mentah itu kan sifatnya ada yang keras, korosif.

Baca Juga: 15 Manfaat Luluran Untuk Tubuh

5 Bahaya dan Efek Samping Minum Air Mentah yang Lainnya:

11. Terserang Batuk
12. Kena Pilek
13. Alami Demam
14. Penglihatan Jadi Kabur
15. Perut Terasa Mual

Dari berbagai bahaya dan efek samping di atas, seharusnya kita sadar tentang betapa bahayanya air mentah. Jangan minum lagi ya air mentah!

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top