Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Mengobati Darah Tinggi Dengan Bahan Alami

Uncategorized

Cara Mengobati Darah Tinggi Dengan Bahan Alami

Sebagian besar orang menggunakan obat darah tinggi alami untuk mendampingi pengobatan secara medis. Tekanan darah tinggi dikenal sebagai hipertensi atau penyakit “silent killer” bagi orang dewasa. Walau nampaknya sepele, hipertensi sangat menghanyutkan, kalau tidak diatasi bisa mengancam jiwa seseorang.

Darah dan peredarannya sangat penting untuk mempertahankan kehidupan. Darah merupakan penghantar nutrisi penting dan oksigen ke semua sel dan organ seluruh tubuh. selain itu juga membuang limbah dan karbon dioksida yang tidak dperlukan oleh tubuh. Jadi, memnjaga kesehatan darah dan pembuluh darah sangatlah penting.

Saat jantung berdetak akan menciptakan tekanan yang mendorong darah melalui arteri dan vena. Tekanan tersebutlah yang kita sebut sebagai tekanan darah. Ketika tekanan darah meningkat, tentu dapat mengganggu sistem peredaran darak ke seluruh tubuh. Apabila kamu mengalami hipertensi, jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Kekuatan tekanan darah tinggi akan menyebabkan peregangan berlebihan pada dinding pembuluh arteri. Peregangan berlebihan ini bisa menyebabkan darah dengan mudah mengumpulkan kolesterol atau plak. Lebih parahnya lagi, kondisi ini bisa mengarah ke risiko pembekuan darah. Tak hanya itu, dinding pembuluh darah juga menjadi lemah dari waktu ke waktu.

Disamping itu terdapat penyumbatan akibat penumpukan plak kolesterol yang dapat mengurangi peredaran darah beroksigen. Sehingga bisa menimbulkan serangan jantung dan stroke jika tekanan menjadi terlalu tinggi. Sebelum mulai menggunakan obat darah tinggi alami, cobalah melakukan perubahan gaya hidup.

Kamu bisa memakai beberapa bahan alami di rumah sebagai solusi untuk mengobati tekanan darah tinggi. Peling utama adalah kamu harus mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi untuk menyehatkan darah dan peredarannya. Dalam rangka menurunkan tekanan darah tinggi, kamu sangat perlu menjaga pola makan seperti itu.

Loading...

Obat bisa saja menimbulkan efek samping. Sebelum pada akhirnya kamu bergantung pada obat, sebaiknya coba dulu cara mengobati darah tinggi dengan obat darah tinggi alami di bawah ini!

Inilah obat darah tinggi alami

Kurangi asupan garam
Sebenarnya garam tidak menyebabkan tekanan darah tinggi, tapi komponen kimia natrium. Mulai sekarang atu asupan garam untuk tubuhmu tambahkan sedikit saja, jangan terlalu banyak. Sebab dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Untuk menghilangkan kelebihan garam dari dalam tubuh, airlah yang digunakan untuk itu.

Ketika terdapat banyak garam di tubuh, jantung akan memompa cairan lebih keras sehingga tekanan darah menjadi tinggi. Oleh karena itu cara terbaik untuk mengobati darah tinggi adalah mengurangi garam. Lebih baik juga mengkonsumsi makanan buatan sendiri agar kamu bisa memastikan seberapa banyak garam yang kamu butuhkan. Hindari makanan cepat saji, biasanya lebih banyak mengandung sodium atau natrium.

Hibiscus atau bunga sepatu
Banyak orang di seluruh dunia telah menggunakan kembang sepatu untuk obat darah tinggi alami. Beberapa penelitian dilakukan untuk membuktikan hal tersebut benar ataukan hanya sebuah cerita. Tapi, hasilnya menyatakan jika bunga sepatu mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Bunga ini akan bertindak sebagai diuretik, yang menarik natrium dari aliran darah, sehingga mengurangi tekanan pada dinding arteri. Bahkan bisa sebagai angiotensin converting enzyme (ACE) inhibitor. ACE inhibitor merupakan golongan umum dari obat farmasi yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Agen itu bekerja dengan cara menghambat enzim angiotensin-converting, yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan keseimbangan cairan. Sehingga, pembuluh darah rileks dan volume darah dapat diturunkan akhirnya tekanan darah turun. Meski begitu, tidak seampuh obat-obatan ACE diresepkan oleh dokter, tapi masih bisa cukup efektif.

Bahan untuk membuat obat darah tinggi alami ini adalah kembang sepatu kering, madu, lemon atau kayu manis. Masukkan kembang sepatu dan kayu manis ke dalam panci, tambahkan secangkir air. Biarkan mendidih kira-kira 5 menit. Kemudian angkat dan tuang ke dalam gelas. Tambahkan madu dan lemon secukupnya. Konsumsi 2-3 kali sehari secara rutin hingga tekanan darah menjadi normal.

Konsumsi air kelapa hijau
Air kelapa hijau mempunyai manfaat dan khasiat alami untuk tubuh. Air kelapa ini mengandung kalium dan magnesium keduanya berhubungan dengan fungsi otot. Di samping itu, air kelapa memberikan efek baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sudah banyak orang yang memanfaatkannya dan membuktikan bahwa air kelapa sangat membantu menurunkan tekanan darah.

Bagi kamu tidak mempunyai masalah dengan air kelapa, dapat menggunakannya sebagai solusi untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Berikut cara pembuatan obat darah tinggi alami.

Bahan yang disiapkan, 8 ons air kelapa segar. Setelah kamu mendapatkan air kelapa hijau segar, segera minumlah. Pagi dan malam hari merupakan waktu yang ideal untuk mengkonsumsinya.

Minyak Ikan
Minyak ikan dan asam lemak omega-3 adalah hal yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Penelitian mengungkapkan bahwa zat tersebut mampu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu juga berhasil dalam menurunkan tekanan, mengurangi trigliserida dan meningkatkan HDL kolesterol baik. Pasien transplantasi jantung diberikan minyak ikan untuk mengurangi risiko hipertensi saat transplantasi berlangsung.

Cara mengobati darah tinggi dengan minyak ikan adalah pilih minyak ikan kualitas tinggi. Lalu konsumsi langsung atau menambahkannya ke dalam masakan. Perhatikan berapa dosis yang kamu butuhkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melihat kemasannya.

Hawthorn berry
Hawthorn merupakan ramuan tradisional untuk meningkatkan kesehatan jantung karena kaya akan flavonoid. Flavonoid dikenal mempunyai banyak manfaat, salah satu khasiatnya untuk mengatasi berbagai masalah jantung. Zat ini mampu meningkatkan fungsi kapiler, mengatur metabolisme glukosa, mengurangi tekanan darah arteri dan risiko hipertensi.

Untuk mengobati tekanan darah tinggi, kamu bisa mengkonsumsi hawthorn dalam bentuk teh atau yang lainnya seperti di bawah ini. Ramuan ini mengkombinasikan kayu manis dan jahe, yang besar manfaatnya untuk meningkatkan sirkulasi darah. Berikut cara membuat obat darah tinggi alami dengan hawthorn berry.

Siapkan 4 sdm bubuk hawthorn berry, ½ sampai 1 sdm bubuk kayu manis, madu murni, air secukupnya dan bubuk coklat murni. Tuangkan bubuk kayu manis dan bubuk hawthorn kedalam mangkuk dan campur sampai berbaur. Tambahkan madu secukupnya agar menjadi pasta. Masukkan coklat bubuk secukupnya sampai membentuk adonan.

Buatlah bulatan-bulatan menggunakan adonan itu sebesar jari telunjukmu. Kemudian, tempatkan ke dalam oven pada suhu yang rendah sampai matang. Simpan di dalam botol kaca agar tidak terkena sinar matahari langsung. Konsumsi 1 atau 2 kali setiap hari untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Olahraga
Selain konsumsi makanan sehat, olahraga adalah hal penting yang harus kamu lakukan. Olah tubuh akan menyehatkan otot dan jantung dalam memompa darah. Sehingga, tekanan darah menjadi normal dan terhindari dari bahaya. Upayakan olahraga selama 30 menit setiap hari di pagi hari sebelum beraktivitas.

baca juga : Ramuan Alami Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol 

Bawang putih
Bawang putih adalah salah satu kebutuhan pokok dan obat rumah yang mempunyai banyak khasiat, termasuk mengatasi hipertensi. Banyak penelitian mengungkapkan kandungan allicin di dalam bawang putih mampu melebarkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Untuk mengobati tekanan darah tinggi, kamu memerlukan 3-5 siung bawang putih setiap hari. Kamu bisa memakannya mentah-mentah atau menambahkannya ke dalam masakan.

Konsumsi melon atau semangka di pagi hari
Obat darah tinggi alami berikutnya adalah semangka atau melon. Kandungan kedunya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.  Kedua buah ini akan memperlebar pembuluh darah yang menurunkan resistensi vaskuler, pada akhirnya menurunkan tekanan darah. Melebarkan pembuluh darah berarti melancarkan aliran darah.

Makan melon atau semangka setiap pagi pada waktu perut kosong. Setelah beberapa hari cobalah untuk cek tekanan darah untuk memastikan ada perubahan atau tidak.

Itulah beberapa obat tekanan darah tinggi alami yang bisa kamu gunakan untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuhmu. Apabila dirasa sangat parah, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui lanjut penyebab dan cara penanganan darah tinggi yang tepat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top