Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Obat Gusi Bengkak yang Manjur Secara Medis dan Alami

Uncategorized

Obat Gusi Bengkak yang Manjur Secara Medis dan Alami

Seseorang yang menderita radang gusi pasti akan mencari obat gusi bengkak yang manjur menghilangkan rasa sakit dan meringankan pembengkakannya. Meski nampaknya sepele, gusi yang meradang bisa sangat mengganggu aktivitas dan dapat berkembang menjadi penyakit mematikan. Gusi bengkak ini akan sangat menyakitkan jika gigi bagian belakang tumbuh, rasanya tidak nyaman dan sulit mengunyah makanan.

Telah banyak beredar obat-obatan untuk mengatasi gusi bengkak, tapi sebaiknya kamu harus memilih obat yang tepat. Jangan asal pilih dan mendengarkan saran orang lain. Pastikan kandungannya, terdaftar di badan kesehatan atau tidak serta apa saja reaksi atau efek samping yang ditimbulkan. Karena jika kamu menggunakan obat yang tidak tepat, justru berpengaruh buruk terhadap kesehatan mulut dan gigi atau lebih parah. Paling benar adalah meminta saran dokter gigi.

Ketahui obat gusi bengkak secara medis


Mengatasi gusi bengkak secara medis akan melibatkan bahan kimia untuk menyembuhkan penyakit gusi bengkak ini. Setiap pengobatan pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, tapi tergantung kenyamanan seseorang dalam menggunakannya. Kelebihan mengobati gusi bengkak dengan obat medis adalah mudah dan langsung mengkonsumsi atau menerapkannya ke gusi.

Sedangkan menyembuhkan gusi bengkak secara alami, kamu harus meracik dulu dan memerlukan waktu cukup lama daripada obat medis. Di bawah ini beberapa obat gusi bengkak secara medis yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi radang gusi.

Asam mafenamat
Kamu bisa mengobati gusi bengkak dengan asa mefenamat yang terbukti manjur dan golongan obat NSAIDs (non steroidal anti-inflammatory drugs). Obat yang digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri, seperti nyeri otot, kram saat menstruasi, sakit kepala dan sakit gigi. Ketika sakit gusi membengkak kamu bisa mengkonsumsinya sebanyak 3 kali sehari atau mengikuti anjurannya yang tertera pada kemasan atau saran dokter.

Clindamycin
Obat gusi bengkak selanjutnya yaitu clindamycin. Fungsinya, sebagai antibiotik yang dapat menangkal tumbuh kembang bakteri atau kuman penyebab gusi bengkak. Kamu bisa minum 3 kali sehari dengan dosis sekali minum 150 mg. Karena ini antibiotik, sebaiknya menurut anjuran dokter. Sebab, jika sudah tidak mempan lagi dengan antibiotik jenis ini harus menggantinya dengan antibiotik lainnya.

Loading...

Dexamethasone
Fungsi dari dexamethasone adalah untuk mencegah terlepasnya sel-sel tubuh yang menjadi penyebab gusi bengkak. Obat ini bersifat sebagai anti-inflamasi sehingga bisa mengurangi peradangan atau mencegah pembengkakan bertambah parah. Minumlah 3 kali sehari dan dosisinya 0,5 mg dalam sekali minum.

Ibu profen
Ibuprofen merupakan obat yang dapat mengatasi gusi bengkak. Obat ini bisa menghilangkan rasa sakit atau nyeri saat gusi membengkak karena bersifat sebagai anti-peradangan. Saat mengalami radang gusi, pasti rasanya akan sakit berdenyut-nyut yang membuatmu mudah emosi. Kamu bisa meredakannya dengan mengkonsumsi ibuprofen 3 kali dalam sehari.

Metampiron atau antalgin
Obat ini berguna untuk menghatasi rasa sakit dari ringan sampai sedang. Efek anti nyeri antalgin lebih kuat dibandingkan asam mefenamat. Sehingga, mampu meredakan nyeri tak tertahankan akibat gusi bengkak. Kamu akan mengantuk setelah meminumnya. Perhatikan dosis, efek samping dan kondisi tertentu yang tidak boleh meminumnya. Kalau kurang jelas konsultasikan ke dokter atau apoteker saat membelinya.

baca juga : Penyebab Gusi Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Obat gusi bengkak secara alami dan tradisional

Kalau kamu takut terhadap efek samping yang ditimbulkan oleh obat medis atau obat kimia, beralihlah menggunakan obat alami. Bahan-bahannya telah disediakan oleh alam dan sudah terpercaya mengobati gusi bengkak sejak jaman nenek moyang. Untuk mengetahui obat alami saja yang ampuh meredakan gusi bengkak, simak ulasannya!

Bawang putih
Siapa yang takkenal dengan bawang putih, selain penyedap rasa juga ampuh menjaga kesehatan tubuh. kandungan antiseptik di dalamnya dapat digunakan sebagai obat sakit gigi paling ampuh. Sebab, antiseptik mampu melawan bakteri atau kuman penyebab infeksi. Cara membuat obat gusi bengkak dengan bawang putih adalah :

Siapkan 1 siung bawang putih dan kupas, lalu haluskan bawang putih dengan diulek atau diparut. Tambahkan sedikit garam ke dalam bawang putih. Setelah berbaur merata oleskan ke gusi yang bengkak dan diamkan selama 5 menit agar terserap ke gusi yang bengkak itu.

Jeruk nipis
Selain mampu menurunkan berat badan, jeruk nipis juga bisa mengatasi gusi bengkak yang efektif. Kandungan vitamin C nya bisa berfungsi untuk menstabilkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi gusi bengkak. Seperti yang kita ketahui bahwa penyebab gusi bengkak, salah satunya karena tubuh kekurangan vitamin C. Jadi, sangat tepat bila kamu menggunakan jeruk nipis sebagai obat gusi bengkak. Caranya, seperti di bawah ini!

Ambil segelas air hangat dan 1 buah jeruk nipis segar yang dibelah menjadi 2 bagian. Lalu, peras jeruk nipis ke air hangat dan aduk sampai tercampur. Berkumurlah menggunakan larutan itu. Bahan ini akan mengobati gusi bengkak secara efektif  jika dilakukan sebelum tidur dan setelah bangun pagi di pagi hari. Sebab, pada malam hari sampai pagi hari gigi tidak dipakai untuk mengunyah makanan atau minuman apapun. Sehingga, proses penyembuhannya lebih cepat karena tidak ada sisa-sisa makanan.

Kulit andong
Tanaman andong memang mempunyai banyak fungsi dari daun hingga kulitnya. Tak hanya ampuh dalam mengatasi diare, wasir dan sengatan binatang juga dapat meredakan sakit gigi. Caranya memanfaatkannya sebagai obat gusi bengkak, siapkan garam dapur secukupnya lalu campurkan dengan kulit andong yang telah dibersihkan. Kunyahlah kulit andong bersamaan dengan garam di dalam mulut mu dan dokuskan pada bagian gusi yang bengkak. Atau menempelkan campuran itu ke gigi atau gisa yang sakit.

Mengunyah kulit andong, sama halnya kamu membuat air liur mempunyai sifat anti-bakteri sehingga bisa menyembuhkan beberapa penyakit pada gigi dan mulut.

Sekarang, kamu sudah cukup tahu tentang obat gusi bengkak yang manjur baik secara medis maupun alami. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir lagi ketika gusi membengkak dan memberikan rasa sakit. Pilih mana obat yang paling tepat untukmu dan sediakan di rumah atau bawa dalam tasmu. Ketika sakit gigi datang, kamu bisa menerapkannya langsung dan menyembuhkan gusi bengkak itu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top