Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

19 Obat Herbal Alami Penyakit Sinusitis Paling Ampuh

Uncategorized

19 Obat Herbal Alami Penyakit Sinusitis Paling Ampuh

Sinusistis adalah peradangan akibat infeksi yang terjadi pada sinus, yaitu rongga kecil berisi udara yang terletak di sekitar hidung bernama rongga paranasal. Akibat dari infeksi, sinus yang seharusnya berisi udara akan terisi oleh cairan atau lendir dan akan dianggap benda asing oleh tubuh sehingga direspon dengan mengeluarkan reaksi peradangan, yang dapat diatasi dengan obat herbal sinusitis.

Reaksi peradangan yang terus terjadi akan membuat rambut-rambut di dinding rongga hidung tidak dapat membersihkan cairan hidung dengan baik sehingga ada yang tertinggal, yang pada akhirnya dapat menumpuk dan menimbulkan berbagai gangguan. Penyakit ini tidak mengenal batasan usia dan gender sehingga bisa menyerang siapa saja. Meskipun demikian, obat herbal sinusitis berikut bisa dipakai siapa saja.

Obat Herbal Sinusitis, Obat Herbal Penyakit Sinusitis, Obat Herbal Alami Sinusitis

1. Jelly Gamat

Dalam dunia pengobatan tradisional, gamat atau teripang merupakan primadona karena memiliki banyak khasiat yang luar biasa bagi kesehatan, termasuk sebagai obat herbal sinusitis. Hal ini telah berlangsung lama, bahkan sejak ratusan tahun lalu. Teripang atau timun laut ini digunakan oleh penduduk Cina sebagai obat untuk berbagai penyakit, utamanya dalam menyembuhkan luka.

Khasiat dan manfaat gamat semakin meluas setelah adanya penelitian dan pengujian klinis yang menunjukkan bahwa teripang mengandung banyak zat seperti gamapeptida, antiseptik alamiah, cell growth factor (CGF) dan lain sebagainya. Zat gamapeptida hanya dapat ditemukan pada gamat.

2. Ekstrak Daun Sambiloto

Sambiloto, atau Andrographis paniculata, merupakan tanaman obat keluarga berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Untuk menjadikannya sebagai obat herbal sinusitis, lumat beberapa helai daun sambiloto yang telah dibersihkan. Setelah halus seluruhnya dan mengeluarkan cairan, ambil cairan tersebut dan teteskan ke dalam lubang hidung.

3. Serai

Cymbopogon citrates, atau dalam istilah sehari-hari disebut serai, adalah anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Cara membuat ramuan serai untuk mengobati sinusitis adalah dengan mempersiapkan 5 batang serai yang dicampur dengan 3 buah jeruk nipis, 7 lembar daun sirih, 17 biji cengkeh dan 2 ruas jahe.

Loading...

Semua bahan di atas dicuci bersih, dan untuk jeruk nipis, kupas jeruk tersebut lalu belah menjadi 4 bagian. Rebus semua bahan dengan menggunakan 6 gelas air hingga mendidih. Konsumsi ramuan ini secara teratur, tiga kali setiap hari.

4. Jahe

Tanaman rimpang dengan nama latin Zingiber officionale ini sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat, termasuk obat herbal sinusitis. Siapkan 10 gram jahe, 5 siung bawang putih dan 60 gram lokio (bawang batak). Cuci bersih semua bahan, kemudian masukkan ke dalam panci dan rebus bersama 600 ml air. Rebus sampai tersisa setengahnya. Konsumsi minuman ini 2 kali sehari.

5. Nanas

Nanas, atau Ananas comosus, mengandung senyawa bromelain yang dapat meredakan lendir akibat penyakit sinusitis ini. Cara menggunakan tanaman ini adalah cukup dengan mengkonsumsi tanaman tersebut.

6. Lidah Buaya

Kandungan anti radang dan antioksidan yang ada dalam lidah buaya dapat digunakan sebagai obat herbal sinusitis. Cara menggunakannya adalah dengan mengupas lidah buaya sampai bersih, kemudian rebus sampai mendidih. Konsumsi selagi hangat. Untuk pemakaian luar, teteskan langsung pada hidung.

7. Sambung Nyawa

Sambung Nyawa atau Akar Sebiak adalah tanaman asli Indonesia yang sudah lama dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit. Cara menggunakan tanaman bernama ilmiah Gynura procumbens ini sebagai obat herbal sinusitis adalah dengan merebusnya bersama air secukupnya.

8. Krisan

Disebut juga dengan seruni, bunga ini sering ditanam sebagai tanaman hias. Kandungan anti radang yang ada pada Chrysanthemum indicum dapat digunakan untuk mengatasi radang akibat penyakit sinusitis.

9. Kulit Manggis

Kulit manggis mengandung senyawa ajaib yang disebut xanthone. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa senyawa ini memiliki sifat anti bakteri, anti peradangan, anti alergi dan anti jamur. Selain itu, aktivitas antioksidan pada xanthone sangat kuat, sehingga baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh secara keseluruhan.

10. Ekstrak Daun Zaitun

Daun zaitun mengandung senyawa aktif yang disebut hidrositrosol, yang berkhasiat untuk melawan virus dan infeksi bakteri. Senyawa ini juga dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu banyak penyakit, termasuk sinusitis.

Baca Juga 13 Obat Alami Kesemutan Tangan Paling Ampuh

Umumnya, pengobatan sinusitis memakan waktu yang agak lama. Dibutuhkan ketelatenan dan kedisiplinan untuk mengobati penyakit ini. Jika pengobatan dihentikan, maka sinus bisa jadi akan tumbuh lagi. Bahan-bahan di bawah ini juga dapat digunakan sebagai obat herbal sinusitis.

9 Obat Herbal Sinusitis Lainnya:

11. Stroberi
12. Air Liur Lebah
13. Ekstrak Biji Anggur
14. Minyak Oregano
15. Cuka Sari Apel
16. Daun Sirsak
17. Cabe Rawit, Bawang Merah, Bawang Putih dan Lobak
18. Lobak dan Jeruk Nipis
19. Kunyit

Sebagian besar orang memang dapat menangani penyakit ini di rumah dengan menggunakan obat herbal sinusitis. Namun pada sebagian kasus, gejala sinusitis dapat menjadi lebih parah dan berlangsung lebih lama dari yang seharusnya. Segera periksakan diri ke dokter bila hal ini terjadi.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top