Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Obat Alami untuk Kaki Bengkak Diabetes

Uncategorized

9 Obat Alami untuk Kaki Bengkak Diabetes

Penyakit gula atau penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang mematikan. Diabetes biasanya akan menyerang kalangan tua. Penyakit ini bisa ditimbulkan karena keturunan atau karena pola hidup tidak sehat yang selalu dijalankan. Seseorang yang menderita diabetes akan memiliki beberapa gejala seperti kaki bengkak. Obat kaki bengkak diabetes memang tidak cukup sulit dicari di toko obat.

Pembengkakan yang terjadi pada bagian kaki seseorang yang terkena diabetes dikarenakan terjadinya penumpukan glukosa pada tubuh yang tidak bisa dicerna. Bengkak pada kaki tentu akan sangat mengganggu gerak dan mobilitas seseorang. Berikut ini merupakan beberapa obat kaki bengkak diabetes yang wajib dilakukan.

Obat Kaki Bengkak Diabetes, Obat Alami Kaki Bengkak Diabetes, Obat Kaki Bengkak Penyakit Diabetes

1. Jangan terlalu lama berdiri

Salah satu obat kaki bengkak diabetes yang sederhana yakni tidak melakukan berdiri yang terlalu lama. Berdiri yang terlalu lama memang tidaklah baik bagi kesehatan karena sistem peredaran darah terutama yang berada pada bagian kaki akan terus menegang sehingga akan menyebabkan pembengkakan. Oleh sebab itu semua orang khususnya penderita diabetes tidak berdiri terlalu lama agar tidak terjadi pembengkakan pada daerah kaki.

2. Tidur dengan posisi kaki berada di atas

Saat kaki merasa bengkak karena sedang menderita diabetes, ada cara khusus untuk mengatasinya. Yaitu dengan mengangkat satu kaki lebih tinggi daripada posisi tidur, bisa menggunakan bantal untuk mengganjalnya. Hal ini dilakukan agar sistem sirkulasi darah lebih lancar daripada sebelumnya.

3. Kompres menggunakan es batu

Es batu merupakan benda dingin yang dapat memantu kaki menjadi rileks. Kaki yang bengkak biasanya dalam keadaan tegang dan tidak nyaman. Oleh sebab itu peran es batu ini untuk mengurangi ketegangan dan rasa tidak nyaman tersebut. Selain itu, es batu yang ditempelkan pada kaki akan menstabilkan sistem peredaran darah manusia.

4. Lakukan diet

Bengkak pada bagian kaki bisa juga disebabkan oleh kelebihan berat badan. Dimana kaki tidak seimbang dalam menahan beratnya tubuh. oleh sebab itu untuk menghindari risiko kaki bengkak, sebaiknya lakukan program diet. Diet yang dimaksud yakni dengan menjaga pola makan seperti mengurangi asupan nutrisi yang berlebihan. Dengan cara tersebut, kamu akan berhasil dalam menjalankan program diet dan mencegah dari pembengkakan pada kaki.

Loading...

5. Penanganan luka segera ke dokter

Luka dari seseorang penderita diabetes sangatlah berbahaya karena apabila di biarkan akan menyebabkan luka tersebut membengkak bahkan membusuk. Banyak kasus dari hal tersebut yang membuat kaki mereka harus di potong atau amputasi. Oleh sebab itu apabila kamu mengalami luka, sedini mungkin segera bawa ke dokter untuk diberikan perawatan.

6. Rutin menjaga kebersihan kaki

Kaki sudah sebaiknya menjadi hal yang wajib dibersihkan menggunakan sabun setiap saat. Meskipun dengan cara ini tidak akan membuat bengkak mengecil dengan cepat. Rajin mencucinya akan mencegahnya menjadi tambah besar. Biasanya pembengkakan pada kaki akan muncul cairan dan apabila tidak dibersihkan akan menjadi sarang bakteri penyakit yang berbahaya.

7. Merendam kaki di air hangat dan garam

Langkah berikutnya untuk mengatasi kaki bengkak diabetes yakni dengan merendam bagian kaki kedalam air hangat yang telah di larutkan garam sebelumnya. Dengan cara tersebut, sirkulasi darah akan lebih lancar sehingga terhindar dari kaki bengkak.

8. Berenang secara rutin

Berenang merupakan salah satu olahraga yang mengasikkan. Olahraga ini mengharuskan kaki bergerak secara aktif dan terus menerus sehingga bengkak pada bagian kaki akan berkurang dengan sendirinya. Lakukan renang beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selain mengurangi pembengkakan, berenang juga dapat membakar kalori dengan cepat sehingga cocok sebagai program diet.

9. Melakukan yoga

Banyak orang yang meragukan kemampuan yoga dalam hal mengurangi pembengkakan pada kaki. Padahal aktivitas yoga akan membantu memperlancar sistem peredaran darah sehingga bengkak pada kaki akan berkurang dengan cepat.

Baca Juga : 14 Obat Alami dan Kimia untuk Penyakit Sirosis Hati

Itulah 9 obat kaki bengkak diabetes yang dapat kamu lakukan dengan mudah. Dengan menerapkan langkah – langkah diatas harapannya kamu dapat mencegah atau mengatasi terjadinya kaki bengkak akibat penyakit diabetes. Selalu jaga pola hidup sehat agar tidak menimbulkan penyakit mematikan semacam diabetes.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top