Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Obat Alami Kesemutan Tangan Paling Ampuh

Uncategorized

13 Obat Alami Kesemutan Tangan Paling Ampuh

Kesemutan merupakan rasa tidak nyaman yang cukup sering dialami terutama orang yang memiliki kebiasaan tidur miring atau duduk dalam posisi yang lama. Terlalu lama menggunakan otot-otot jari bisa menyebabkan kelelahan otot dan kram atau kejang otot yang bisa mengganggu kinerja motor normal. Saat kondisi-kondisi tersebut, itulah saatnya menggunakan obat kesemutan tangan.

Kesemutan biasanya terjadi karena terhimpitnya pembuluh darah yang menyebabkan tidak adanya aliran darah ke bagian tertentu tubuh. Apabila kesemutan melanda, jangan panik dulu, karena bisa diatasi dengan obat kesemutan tangan, seperti berikut ini:

Obat Kesemutan Tangan, Obat Herbal Kesemutan Tangan, Obat Penyakit Kesemutan Tangan

1. Kompres Hangat

Obat kesemutan tangan yang paling sering digunakan adalah merendam tangan yang kaku dengan air hangat. Cara memakainya pun mudah. Celupkan handuk bersih ke dalam air hangat, lalu kompres bagian yang mati rasa. Cara ini dapat mengendurkan otot-otot dan syaraf yang kaku.

2. Kunyit

Kunyit, atau sebagian orang lain menyebutnya kunir (Curcuma longa) adalah salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli wilayah Asia Tenggara. Kunyit juga bisa digunakan sebagai obat kesemutan tangan.

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Selain itu, kunyit bersifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan di daerah tangan yang kesemutan. Buat pasta kunyit yang dicampur dengan susu, kemudian oleskan pada tangan yang kesemutan sampai kembali normal.

3. Kayu Manis

Kayu manis adalah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Spesies kayu manis dari Indonesia adalah Cinnamomum burmanii. Kayu manis juga dapat dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit. Kayu manis dapat diminum saat kesemutan atau di pagi hari untuk pencegahan. Obat kesemutan tangan alami ini mampu meningkatkan sirkulasi darah yang baik.

Loading...

4. Vitamin B6 dan Vitamin B12

Apabila kesemutan muncul tiba-tiba, atau bukan disebabkan oleh posisi duduk, tidur, atau berdiri dalam waktu lama, maka dipastikan kesemutan tersebut disebabkan gangguan fungsi syaraf dan dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin B6 dan B12 guna membantu melancarkan metabolisme tubuh, melancarkan aliran darah, dan memperbaiki fungsi syaraf.

5. Daun Sirsak

Sirsak, atau Annona muricata  adalah tumbuhan yang berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Daun sirsak memiliki zat acetogenins yang dapat membantu menyembuhkan kesemutan dan radang sendi. Caranya, ambil daun sirsak secukupnya, rebus dalam air, saring, lalu minum.

6. Gingkgo biloba

Khasiat tanaman Ginkgo biloba atau yang dikenal juga sebagai pohon rambut gadis, sudah ditemukan sejak ribuan tahun yang lalu. Tanaman ini ampuh untuk meningkatkan aliran darah, fungsi otak, dan beralih fungsi menjadi antioksidan. Ramuan tradisional tanaman ini juga dapat membantu mengatasi kesemutan.

7. Minyak Zaitun

Banyak yang menganggap sepele kesemutan, karena gejalanya yang mudah datang dan mudah hilang. Namun sebenarnya, kesemutan adalah salah satu gejala dari penyakit serius lainnya, seperti diabetes dan jantung.

Minyak zaitun, yang berasal dari buah zaitun (Olea europaea) mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Berdasarkan beberapa studi, didapati bahwa minyak zaitun dapat mencegah penyakit diabetes dan jantung.

8. Minyak Mustard

Minyak mustard atau minyak bji sawi mengandung banyak asam lemak omega 3, omega 6, vitamin E, dan antioksidan. Minyak ini bersifat rubefacient, dapat memerahkan kulit sebagai tanda pembesaran pembuluh darah kapiler dan peningkatan sirkulasi darah yang terhambat karena adanya gangguan serabut syaraf akibat kesemutan.

9. Magnesium

Salah satu penyebab kesemutan adalah kurangnya asupan magnesium. Magnesium adalah mineral penting yang terlibat dalam setidaknya 300 macam reaksi kimia dalam tubuh serta membantu bekerjanya otot dan fungsi syaraf dengan normal.

Mengkonsumsi magnesium dalam jumlah yang tepat dapat mengurangi diabetes sebesar 33 persen. Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu gejala diabetes adalah kesemutan. Makanan yang kaya magnesium, di antaranya, adalah coklat, alpukat, kacang-kacangan, tahu, biji-bijian, ikan, pisang, sayuran berwarna hijau gelap, beras merah, kubis, semangka, bubuk kakao, buah beri, dan kedelai.

10. Olahraga

Untuk melancarkan terhambatnya aliran darah yang mengalir ke syaraf pada tangan, sebaiknya lakukan olahraga ringan. Memperbaiki aliran darah di bagian tubuh yang kesemutan dapat dilakukan dengan menggerak-gerakkan anggota tubuh setelah terlalu lama duduk atau berdiam.

Baca Juga 14 Cara Mudah Menyembuhkan Cantengan Secara Alami

Penyebab terjadinya kesemutan beragam. Ada yang bersifat sementara dan ada pula yang sifatnya berkepanjangan. Sepuluh obat kesemutan tangan di atas hanyalah sebagian. Kesemutan pada tangan juga dapat diobati dengan:

3 Obat Kesemutan Tangan Lainnya:

11. Air Putih
12. Garam
13. Yoga

Itulah beberapa pilihan obat kesemutan tangan yang mudah dicari atau dilakukan. Ada baiknya lakukan juga gaya hidup sehat seperti menjaga asupan gizi dan nutrisi, atau mengistirahatkan bagian tubuh yang digunakan bekerja. Kesemutan memang sepele, tetapi bisa jadi merupakan indikasi awal penyakit serius.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top