Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Obat Pencahar Alami yang Paling Ampuh dan Mujarab

Uncategorized

25 Obat Pencahar Alami yang Paling Ampuh dan Mujarab

Sembelit biasanya menjangkit seseorang yang disebabkan oleh pencernaan tidak lancar. Gangguan pencernaan ini apabila dibiarkan akan sangat mengganggu dan tidak baik untuk kesehatan organ lainnya. Banyak cara yang dapat dijadikan obat pencahar alami untuk mengatasi sembelit ini. bahan alami sering dijadikan pilihan karena tidak menimbulkan efek samping berbahaya dikemudian hari.

Sembelit sebenarnya bukan sebuah penyakit, namun sebuah isyarat yang menandakan tubuh kita menjalankan pola hidup yang salah. Mengingat sembelit sangat mengganggu, apabila seseorang mengalami sembelit, cara menyembuhkannya merupakan perhatian pertama yang harus dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa obat pencahar alami untuk menghilangkan sembelit.

Obat Pencahar Alami, Obat Obat Pencahar Alami untuk Sembelit, Obat Ampuh Pencahar Alami. Obat Pencahar Alami Paling Mujarab

1. Lidah buaya

Salah satu obat pencahar alami yang mujarab untuk menghilangkan sembelit yaitu dengan menggunakan tumbuhan lidah buaya. Selain lidah buaya dapat menjadi kosmetik alami untuk kesehatan kulit manusia. Cara menggunakannya sebagai obat pencahar sangatlah mudah yaitu dengan cara mencampurkan dua sendok gel lidah buaya dengan segelas air putih atau jus buah yang kamu sukai.

2. Minyak kastor

Obat pencahar lainnya yang dapat kamu gunakan yaitu minyak kastor. Minyak ini akan berfungsi sebagai pelumas di dalam organ pencernaan sehingga proses pembuangan feses pun menjadi lancar. Minyak kastor akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dengan takaran yang tidak berlebihan.

3. Buah pepaya

Sejak jaman dahulu buah pepaya dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi masalah sembelit. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang sangat tinggi, sehingga buah ini dapat melancarkan proses pencernaan. Selain itu ada kandungan enzim papain yang dapat menyerap protein dengan baik di dalam tubuh.

4. Buah apel

Apel merupakan salah satu jenis buah yang dapat ditemukan dengan mudah di Indonesia, buah ini juga dapat melancarkan BAB. Banyak orang yang telah membuktikan bahwa buah apel dapat digunakan sebagai obat pencahar alami yang sangat ampuh. Dengan mengonsumsi dua buah apel setiap harinya kamu akan terhindar dari risiko sembelit.

Loading...

5. Biji rami

Biji rami juga merupakan salah satu obat pencahar alami yang dapat kamu coba. Kandungan serat yang tinggi serta kandungan omega – 3 dalam biji rami akan membuat pencernaan menjadi lebih sehat dan lebih lancar. cara menggunakannya cukup campurkan 1 – 2 sendok makan biji rami kedalam air putih kemudian meminumnya.

6. Buah plum kering

Kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi buah plum yang sudah kering untuk membuat buang air besar menjadi lancar. kandungan serat yang tinggi akan membuat kamu terhindar dari sembelit. Cara mengolahnya yaitu dengan menjadikan jus dan minum 1 gelas setiap hari dan gunakan sebagai pendamping sarapan di pagi hari.

7. Buah pir

Tidak ketinggalan buah pir juga bisa diandalkan untuk menghilangkan sembelit atau tidak lancar buang air besar. Hal ini karena terdapat soribitol yang akan membantu dalam melancarkan proses pencernaan. Kamu cukup makan 1 hingga 2 buah pir dalam sehari tanpa dikupas terlebih dahulu agar manfaat yang diperoleh bisa lebih banyak.

8. Okra

Mungkin banyak yang belum tahu buah okra ini. Padahal Okra mengandung laksatif yang saynag tinggi sehingga juga dapat dijadikan sebagai obat pencahar alami yang akan membuat sulit buang air besar menjadi lancar kembali. Kamu dapat mengonsumsi 1 – 2 cangkir okra yang di kukus, direbus, atau di panggang setiap hari untuk melancarkan pencernaan.

9. Buah ara

Buah ini merupakan buah yang baik digunakan sebagai obat pencahar alami baik yang sudah dikeringkan maupun yang masih segar. Dengan mengonsumsi buah ara sebanyak 2 – 3 buah ara setiap harinya beserta kulitnya yang mengandung kalsium dan serat yang tinggi akan membuat sembelit yang dirasakan hilang dengan cepat.

10. Daun wungu

Daun wungu sangat mudah di jumpai di toko – toko yang menjual bunga hias. Tanaman ini mengandung zat saponin yang sangat berperan penting untuk melancarkan proses pencernaan. Cara menggunakannya yaitu dengan meminum air rebusan daun wungu setiap hari.

Baca Juga : 12 Ciri Ciri Seseorang Terkena Penyakit Antraks

15 Obat Pencahar Alami Paling Ampuh Lainnya:

11. Ketepeng cina
12. Keji beling
13. Rumput laut
14. Mengkudu
15. Temulawak
16. Akar bunga matahari
17. Buah nanas
18. Daun jambu biji
19. Madu murni
20. Air putih
21. Kulit pulosari
22. Kopi
23. Kombucha
24. Chia seeds
25. Buah salak

Itulah informasi tentang  25 obat pencahar alami yang terbukti mujarab untuk mengatasi masalah sembelit atau kesulitan buang air besar. Mengobati penyakit sembelit tidak harus menggunakan obat yang mahal. Kamu juga bisa menggunakan cara – cara alami seperti yang telah dijelaskan di atas.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top