Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Obat Sakit Gigi Berlubang dan Penanganannya yang tepat

Uncategorized

Obat Sakit Gigi Berlubang dan Penanganannya yang tepat

Sakit gigi merupakan penyakit yang terjadi karena ada rasa nyeri pada gigi yang seperti berdenyut-denyut dan tidak tertahankan. Penyebabnya bermacam-macam bisa karena karies gigi, gingivitis atau gusi bengkak, gigi berlubang dan sebagainya. Sakit gigi berlubang biasanya disebabkan oleh aktivitas bakteri yang sedikit demi sedikit menggerus gigi sehingga membentuk lubang.

Jika lubangnya masuk dan mencapai lapisan pulp akan menimbulkan rasa nyeri karena syaraf mengirimkan sinyal ke otak. Menurut ilmu kedokteran, sakit gigi bisa sebagai gejala penyakit jantung, bahkan pada kondisi tertentu mengakibatkan terjadinya serangan stroke. Sedangkan dampak paling ringan adalah pusing di kepala, tidak nyaman saat tidur dan nyeri berdenyut.

Apabila sudah merasakan seperti itu, tentu kamu membutuhkan obat sakit gigi berlubang paling ampuh. Ada banyak jenis obat sakit gigi baik secara medis maupun herbal. Pilihan itu tergantung pada orang yang mengalaminya, karena sakit ini sangat tidak mengenakkan. Kalau sudah kepepet, ambil obat apapun yang penti segera sembuh. Pengobatan yang benar adalah harus tahu terlebih dahulu penyebab sakit gigi ini.

Penanganan awal untuk mengilangkan sakit gigi berlubang

 Sebelum kamu pergi ke dokter atau memang belum ada waktu untuk ke dokter, sebaiknya tangani dulu dengan beberapa cara meredakan sakit gigi. Inilah cara awal penanganan sebelum menggunakan obat sakit gigi berlubang!

Gosok gigi terutama bagian yang sakit
Ketika sakit gigi kambuh, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menggosok gigi, khususnya yang sakit. Sikat dibagian gigi yang sakit atau belubang dengan pasta gigi, bersihkan sisa-sisa makanan dari lubang tersebut. Setelah menyikat berkumur-kumurlah menggunakan air bersih, lalu ulangi lagi menyikat gigi berlubang. Di tahap kedua ini lakukan lebih lama dan akhiri dengan berkumur lagi.
Setelah membersihkan gigi, nyeri atau sakitmu akan berkurang dan membuatmu sedikit lega dari sebelumnya.

Berkumurlah dengan air garam
Ini merupakan resep dari orang tua, saat mengalami sakit gigi, terkadang orang tua yang menyarankan anaknya agar berkumur dengan larutan garam. Tapi, memang benar cara ini setelah kamu menggosok gigi, lakukanlah hal ini. Caranya, campurlah air minum dengan garam secukupnya, biarkan sampai larut. Lalu gunakan untuk berkumur. Garam mengandung antiseptik alami dan mampu membunuh bakteri pada gigi.

Loading...

Terapkan minyak cengkeh ke gigi yang sakit
Minyak cengkeh termasuk obat sakit gigi berlubang yang manjur dan telah digunakan sejak lama. Setelah kamu menggunakan cara pertama dan kedua, tapi sakitnya belum hilang maka, terapkan minyak cengkeh ke gigimu. Tuangkan minyak cengkeh ke kapas secukupnya, lalu tempelkan ke bagian gigi yang sakit. Usahakan untuk tidak lepas beberapa saat, dijepit dengan jari atau digigit. Kalau efeknya sudah berkurang, ganti dengan yang baru. Tapi, jangan terus-menerus ya, biarkan gigi bernapas juga.

Kompres es
Ambillah kain tipis dan pakailah untuk membungkus es batu. Kemudian, tempelkan ke pipi yang dekat dengan gigi yang sakit. Ingat, jangan langsung menempelkan esnya, nanti malah dampaknya buruk. Sebab, gigi yang sakit sangat sensitif terhadap benda yang terlalu dingin atau panas.

baca juga : Radang Gusi Bengkak (Gingivitis)

Obat sakit gigi berlubang alami

Selain menggunakan langkah penanganan awal, mari obati juga dengan bahan-bahan alami berikut ini :

Minyak dari tempurung kelapa
Pilih tempurung kelapa tua, lalu belah dan bakar, tapi jangan menggunakan plastik ya agar tidak terkontaminasi dengan bahan kimia. Setelah tempurung menyala dan tampak mengeluarkan minyak, segera matikan apinya. Jangan menggunakan air, tapi dikipas atau ditiup saja. Selagi panas, ambillah minyak itu dengan kapas dan langsung tempelkan ke gigi berlubang. Sebaiknya gunakan agak banyak agar minyaknya bekerja maksimal.

Kombinasi bawang putih, cengkeh dan garam
Siapkan bawang putih 1 siung, cengkeh secukupnya dan 1sdm garam dapur. Tumbuk halus bawang putih lalu campurkan kedua bahan lain dan haluskan hingga berbaur semua. Langsung tempelkan ramuan sakit gigi itu pada gigi, lakukan 3-4 kali sehari. Tambahkan sedikit minyak zaitun apabila ramuan terlalu kering. Itulah obat sakit gigi berlubang warisan nenek moyang.

Merica dan garam
Penggunaan campuran merica dan garam sangat dianjurkan jika gigi terasa sangat sensitif tarhadap obat antibakterim analgesik dan antiinflammatory. Caranya adalah dengan siapkan merica bubuk dan garam halus dengan perbandingan yang sama. Tuangkan ke dalam mangkuk dan tambahkan beberapa tetes air, sekiranya bisa membuat pasta menjadi kental. Setelah tercampur semuanya, terapkan pada gigi berlubang dan diamkan selama beberapa menit dan bilas.

Selain dengan obat sakit gigi berlubang alami, kamu bisa mengkonsumsi obat medis seperti antibiotik dan NSAIDs seperti aspirin dan ibuprofen. Alangkah baiknya, jika sakitnya tak kunjung sembuh, periksakan ke dokter agar diberikan penanganan yang tepat. Pokoknya jangan dibiarkan begitu saja walau sakit sudah hilang. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top