Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Cara Cepat Sembuhkan Sakit Gigi

Uncategorized

Cara Cepat Sembuhkan Sakit Gigi

Sakit gigi sangatlah menyebalkan, mengerikan dan mengganggu aktivitas. Sakit gigi bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang tua. Rasa sakitnya menjengkelkan dan bisa membuatmu menjadi mudah marah dan tidak tenang. Oleh karena itu, kamu membutuhkan obat sakit gigi yang mujarab dan cepat dalam menyembuhkan sakit gigi.

Ada banyak hal yang bisa memicu sakit gigi diantaranya seperti gusi bengkak, patah tulang gigi, ada kerusakan gigi, infeksi gusi dan lainnya. Intensitas rasa nyerinya juga bervariasi, ada yang ringan ada juga yang berat, tergantung sensitivitas gigi yang melakukan kontak langsung dengan makanan atau minuman penyebab sakit. Umumnya, makanan atau minuman dingin atau terlalu panas, nyeri yang ditimbulkan bisa tajam, berdenyut atau terus-menerus.

Meski memang diharuskan untuk mengunjungi dokter, tapi jika sedang berada jauh dari dokter kamu bisa gunakan dulu obat sakit gigi. Atasi dulu dengan obat alami atau obat medis. Yuk, simak ulasannya!

Obat sakit gigi yang mujarab 

Di dalam tas, kamu harus menyediakan obat sakit gigi karena nyerinya bisa datang kapan saja. Untuk mengurangi atau menghilangkan sakit gigi kamu bisa meminum obat dari golongan analgetik NSAID (Nonsteroidal Anti-Inflammatory Drugs. Yang termasuk obat analgetik adalah ibuprofen dan aspirin yang bisa kamu dapat dengan bebas di apotek tanpa resep dokter. Obat tersebut cukup efektif menangani sakit gigi ringan atau sedang.

Jika sakit gigi berat, tidak bisa dengan mengkonsumsi obat itu, tapi perlu analgetik yang lebih kuat. Diantaranya, metampiron (antalgin), naproxen sodium, asam mefenamat, natrium diklofenak (cataflam) dan lain-lain. Atau kamu bisa menggunakan resep dokter yang sebelumnya kamu dapat untuk mengatasi sakit gigi.

Kompres menggunakan air dingin
Selain minum obat sakit gigi, kamu juga perlu melakukan usaha dari luar untuk menghilangkan sakit gigi. Caranya, kompres dengan es pipi yang dekat dengan gigi sakit. Bungkus es tersebut dengan kain atau plastik atau juga menggunakan handuk yang telah dicelupkan ke air es. Suhu dingin mampu meredakan rasa sakit sementara dan tidak menimbulkan efek samping berbahaya.

Loading...

Tapi, jangan menempelkan es batu langsung ke gigi yang sakit ya. Sebab, membuat gigimu semakin sakit karena pulpa gigi yang mengalami peradangan sangat sensitif pada suhu panas atau dingin. Hindari menempelkan es secara langsung ke pipi tanpa dilapisi apapun karena bisa merusak kulit cantikmu. Selain itu, kamu juga bisa berkumur dengan campuran garam dan air hangat.

Tak hanya obat-obat secara medis yang ampuh menyembuhkan sakit gigi tapi, bahan alami juga sangat manjur. Ketahui obat sakit gigi alami yang membantumu meredakan rasa nyerinya.

baca juga : Penyebab Sakit Mata dan Cara Menyembuhkannya

Cengkeh atau minyak cengkeh
Cengkeh dapat menetralisir rasa nyeri di gigi sementara. Caranya, teteskan beberapa kali minyak cengke ke gigi yang sakit, jangan sampai menelannya. Apabila kamu tidak mempunyai minyak cengkeh, ganti dengan cengkehnya langsung. Gigitlah 1 atau 2 buah cengkeh dengan gigimu yang sakit sampai keluar minyaknya.

Bawang putih
Kandungan bawang putih mampu menghilangkan sakit gigi dengan cepat. Ambil satu siung bawang putih dan haluskan, lalu terapkan ke gigi yang sakit. sifat analgesik dan antiseptiknya yang membuat bawang putih kerap dijadikan obat sakit gigi alami.

Teh celup
Apabila biasanya kamu hanya menggunakan teh celup untuk membuat teh yang nikmat dan menghangatkan badan, sekarang manfaatkan untuk sakit gigi. Rendam teh celup ke dalam air hangat, kemudian tarung ke bagian gigimu yang sakit.

Meski obat sakit gigi ini dapat meredakan rasa nyerinya, bukan berati kamu tidak ke dokter. Namun, tetap harus memeriksakan ke dokter, mungkin saja terjadi masalah serius pada gigimu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top