Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Obat Sakit Mata Merah (Konjungtivitis) yang Cepat dan Efektif

Uncategorized

Obat Sakit Mata Merah (Konjungtivitis) yang Cepat dan Efektif

Seringkali sakit mata sudah pernah dialami kebanyakan masyarakat. Semua beranggapan sakit mata itu menular. Tetapi kenyataannya sakita mata itu tidak semuanya menular.  Jika penyakit mata disebabkan oleh virus atau bakteri memang bisa menular, tetapi jika penyebabnya alergi tidak akan menular. Obat sakit mata merah dan pencegahan penyakit mata ini pun berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya.

Viral Konjungtivitis adalah peradangan pada selaput mata yang meliputi bagian depan atau konjungtiva dan membuat mata berwarna kemerahan. Pada awalnya konjungtivitis atau mata merah hanya menjangkit satu mata saja, tapi biasanya akan menular ke mata satunya lagi. Jadi, kedua mata bisa terkena. Viral konjungtivitis merupakan penyebab sakit mata merah yang sering dialami banyak orang.

Penyebab sakit mata merah

 Viral konjungtivitis
Jika kamu mengalami sakit mata karena konjungtivitis, bisa mengatasinya menggunakan obat tetes mata atau salep antibiotik. Kalau obat tersebut tepat, maka penyembuhannya dalam beberapa hari saja. Tapi, akan lebih baik berkonsultasi ke dokter jika sudah lebih dari seminggu tidak sembuh juga.

Obat sakit mata merah yang disebabkan oleh bakteri
Salah satu penyebab sakit mata merah adalah bakteri. Sebenarnya penyakit ini tidak membutuhkan penanganan khusus, karena gangguan ini biasanya berlangsung selama 3-7 hari. Tapi, jika lebih berkunjunglah ke dokter untuk pemeriksaan lanjut. Mungkin kamu akan diberikan obat sakit mata yang berupa obat antivirus, kalau terkena virus herpes simplex.

Gejala sakit mata yang disebabkan oleh virus biasanya mata akan tampak memerah, terasa gatal, bengkak terkadang mata berair dan terasa ada yang mengganjal di bagian mata. Bakteri pun juga bisa menyebabkan sakit pada mata. Jenis bakteri ini diantaranya bakteri Pneumoccocus dan Staphylococcus. Gejalanya pun sama dengan virus tetapi mata akan sangat perih dan ketika bangun tidur di pagi hari mata akan susah dibuka karena banyak belek kering yang menutupi mata.

Sakit mata merah karena alergi
Sakit mata ini bisa reda jika kamu berhenti mengkonsumsi atau menghindari benda-benda penyebab alergi. Manfaatkan obat tetes jika itu terjadi dan konsultasikan kepada dokter untuk menerima penjelasan lebih lanjut.

Loading...

Obat Sakit Mata Merah Secara Alami

Air daun sirih
Salah satu manfaat daun sirih diantaranya dapat mengatasi gangguan pada mata. Caranya daun sirih direbus. Kemudian air rebusan tersebut digunakan untuk membersihkan mata yang terkena iritasi. Gunakan kapas untuk membantu dalam membersihkan mata.

baca juga : Mengobati Mata Bengkak Berdasarkan Penyebabnya

Air bunga mawar
Air bunga mawar juga bisa untuk mengobati  sakit mata. Caranya pun hampir sama dengan daun sirih. Masukan bunga mawar pada air, lalu air mawar tersebut diteteskan pada mata yang merah sebanyak 3 tetes.Lakuakanlah secara rutin kurang lebih 3 / 4 kali sehari.

Irisan timun
Timun, buah yang sangat sederhana ini ternyata banyak sekali manfaatnya. Diantaranya juga untuk mengobati mata merah. Kandungan Sifat anti bakteri pada timun ini berguna untuk mengatasi mata yang gatal dan kemerahan. Selain itu, timun juga dapat meringankan kantung mata dengan sensasi kesegarannya. Caranya iris timun yang agak besar diiris tipis-tipis lalu tempelkan irisan tadi ke mata yang merah selama kurang lebih 10-15 menit. Lakukanlah secara rutin.

Irisan Kentang
Irisan kentang juga termasuk cara yang praktis sebagai obat sakit mata. Selain untuk kecantikan, kentang juga baik untuk mata. Manfaat kentang untuk mata yaitu bisa mengatasi mata yang bengkak. Jadikan irisan kentang tersebut untuk menutupi mata yang mengalami bengkak kemudian biarkan selama beberapa jam.

Susu murni
Tak disangka Ternyata susu murni juga bisa untuk mengobati mata merah . Kandungan vitamin B2 serta vitamin A  yang cukup tinggi sangat membantu dalam memulihkan sakit mata. Caranya ambil kapas / tisu juga bisa lalu teteskan susu murni pada kapas / tisu. Selanjutnya tempelkan kapas tersebut di kelopak mata selama beberapa waktu. Lakukanlah cara tersebut secara rutin agar mata yang merah akan cepat sembuh.

Jika tidak ingin sakit mata, kita harus menjaga mata kita dengan cara mengkomsumsi sayur-sayuran terutama yang mengandung vitamin A.

Itulah beberapa obat sakit mata merah yang ampuh dan efektif. Semuanya itu kita kembalikan pada diri kita sendiri ingin memakai cara alami ataupun medis. Semoga beberapa cara di atas dapat membantu kalian dalam menyembuhkan sakit mata.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top