Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Obat Tradisional Alami untuk Mengatasi Sembelit

Uncategorized

13 Obat Tradisional Alami untuk Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan gangguan pencernaan dimana Anda merasa sulit buang air besar. Sembelit sering kali dianggap enteng sehingga kita tidak benar-benar mencari obat untuk segera mengatasinya. Padahal, dengan meremehkan datangnya suatu penyakit bisa jadi keadaan akan semakin bertambah buruk. Apabila Anda tidak berkenan untuk mengkonsumsi obat karena takut efek samping yang ditimbulkan, Anda bisa menggunakan obat tradisional sembelit untuk mengatasinya.

Sembelit terjadi karena banyak faktor, salah satunya gaya hidup yang tidak sehat seperti seringnya mengkonsumsi makanan olahan ataupun menunda untuk buang air besar. Ketika sembelit benar-benar terjadi, obat tradisional sembelit berikut patut untuk anda coba.

Obat Tradisional Sembelit, Obat Tradisional untuk Sembelit, Obat Tradisional susah BAB untuk Sembelit

1. Air putih

Obat tradisional sembelit yang paling sederhana adalah air putih. Air putih dapat menetralisir racun pada tubuh, termasuk pada saluran pencernaan. Penyebab umum sembelit adalah feses yang kering. Dengan mengkonsumsi air putih sesuai anjuran, maka dapat meningkatkan asupan serat Anda. Dengan demikian  Anda dapat terhindar dari sembelit.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah lama dikenal sebagai tanaman beribu manfaat. Kandungan lemak jenuh pada minyak zaitun mampu meningkatkan gerakan usus,  selain itu minyak zaitun juga memiliki antioksidan yang memiliki sifat menenangkan perut. Rutin mengkonsumsi minyak zaitun dapat menjauhkan Anda dari masalah susah buang air besar.

3. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang mudah kita temukan. Bayam lazim digunakan sebagai lalap ataupun sayur bening. Satu cangkir bayam mengandung empat gram serat serta magnesium, mineral yang dapat meningkatkan pergerakan tinja. Zat magnesium memang biasa ditemukan pada kandungan obat pencahar.

Selain mengandung banyak vitamin, bayam juga mengandung serat yang sangat tinggi. Kandungan pada bayam dapat meningkatkan kandungan air di dalam feses. Sehingga, lebih mudah dikeluarkan dan dapat melewati usus besar lebih mudah.

Loading...

4. Madu

Madu murni bisa mengatasi masalah susah buang air besar. Kandungan madu murni sangat efektif untuk melindungi lambung dan saluran cerna dari bakteri yang berbahaya.
Konsumsi madu dengan diseduh menggunakan air hangat ataupun secara langsung sangat efektif untuk menjauhkan dari sembelit.

5. Temulawak

Temulawak memang sudah lama dikenal sebagi bahan pembuatan obat tradisional. Mudah didapat serta harga yang terjangkau, temulawak dapat dijadikan pilihan yang baik dalam mengobati sembelit.  Temulawak memiliki kandungan antibiotik yang juga dapat mengatasi masalah konstipasi. Minum sari temulawak dicampur asam jawa membantu Anda terhindar dari sembelit.

6. Lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal sebagai obat penyubur rambut. Namun, tahukah Anda bahwa kandungan anthraquinone yang inggi pada getah lidah buaya sering ditemukan pada obat pencahar? Maka dari itu, dengan dosis yang tepat penggunanan getah lidah buaya atau yang yang dikenal juga dengan nama latin Aloe vera ini, ternyata cukup aman dan efektif untuk mengatasi sembelit.

7. Mengkudu

Sebagian orang tidak menyukai buah mengkudu karena aromanya yang kuat. Meski demikian Anda tidak dapat mengkesampingkan khasiat dari buah ini. Buah yang memiliki nama ilmiah Morinda citrifolia L. ini mengandung morindon yang merupakan zat warna merah dan berkhasiat sebagai pencahar.

Untuk mendapat khasiat dari mengkudu, Anda cukup memarut buah mengkudu lalu peras. Air hasil dari parutan mengkudu ditambahkan sedikit garam. Cara ini ternyata manjur untuk mengobati sembelit

8. Daun wungu

Daun wungu atau Graptophyllum pictum (L). Griff memang sedikit asing. Dengan batang berkayu licin dan warna daun yang ungu kehijauan, sebenarnya tanaman ini cukup mudah untuk dibedakan dari jenis tanaman lain. Daun ini memiliki kandungan saponin yang memiliki efek pencahar ringan. Oleh karenanya, konsumsi daun wungu merupakan cara yang aman yang dapat dipilih sebgai obat tradisional sembelit.

9. Ketepeng cina

Ketepeng cina atau Cassia alata merupakan jenis tanaman yang mudah dikenali. Tanaman ini memiliki ciri bunga berwana kuning terang dan ujung kuncup pada tanda berwarna coklat muda. Tanaman ini berkhasiat sebagai obat pencahar sehingga dapat mengatasi masalah susah buang air besar.

10. Anggur

Anggur merupakan buah yang mudah didapatkan. Buah ini tergolong terjangkau sehingga dapat dijadikan pilihan yang baik untuk mengatasi masalah sembelit.  Kandungan antioksidan polifenol dalam buah ini memberi tubuh perlindungan dari penyakit .

Baca Juga 14 Obat Tradisional Alami untuk Penurun Panas Paling Ampuh dan Aman

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami masalah buang air besar ataupun ingin terhindar dari masalah sembelit, selain kesepuluh bahan diatas, Anda juga dapat mengatasi konstipasi dengan ketiga bahan berikut ini.

3 Obat Tradisional Sembelit Lainnya:

11. Baking soda
12. Minyak kastor
13. Kajibeling

Demikian ulasan mengenai obat tradisional sembelit. Obat tradisional merupakan pilihan alternatif yang bisa Anda coba. Namun, apabila sembelit masih terjadi, segeralah pergi kedokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut agar tidak terjadi penyakit yang tidak diinginkan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top