Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Pantangan Kencing Batu yang Sebaiknya anda menghindarinya

Uncategorized

9 Pantangan Kencing Batu yang Sebaiknya anda menghindarinya

Kencing batu adalah sebuah penyakit dimana terdapat batu yang menyumbat saluran kencing dan membuat kencing tidak lancar. Batu ini disebabkan oleh kristal yang terbentuk akibat pengendapan bahan kimiawi dalam tubuh. Penyakit ini sering dialami oleh orang Indonesia yang memang sering mengacuhkan pantangan kencing batu.

Penderita kencing bau sudah seharusnya mengikuti pantangan kencing batu agar tidak memperburuk kondisinya. Lakukanlah diet ketat agar kencing batu dapat cepat sembuh. Dengan mengonsumsi makanan sesuai dengan batasan dan takaran wajar nya adalah hal yang bijak untuk dilakukan, bukan malah mengurangi untuk mengonsumsi nya.

Pantangan kencing batu bermacam jenisnya, dan harus ketat anda lakukan, karena tak bisa di pungkiri bahwa ginjal merupakan salah satu organ vital bagi tubuh manusia. Tapa ginjal yang sehat, ekskresi zat sampah dalam tubuh manusia akan terhambat. Ginjal juga membantu tubuh untuk menyaring zat racun yang mungkin merugikan tubuh. Jadi, simak beberapa pantangan kencing batu berikut ini.

Pantangan Kencing Batu, Kencing Batu, Pantangan Penyakit Kencing Batu

1. Asam Oksalat

Pantangan kencing batu yang pertama adalah asam oksalat. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam oksalat tinggi akan berakibat buruk bagi ginjal dan memicu terbentuknya batu ginjal dan berujung kencing batu. Hal ini disebabkan oleh kadar kalsium akan meningkat apabila terlalu berlebihan mengonsumsi asupan asam oksalat.

2. Minuman dengan kadar gula tinggi

Semua sudah mengetahui bahwa untuk menghindari penyakit ginjal, sebaiknya anda mengurangi asupan gula yang akhirnya berujung diabetes. Selain itu, gula juga akan beresiko dalam terbentuknya batu ginjal, dan akhirnya akan berakibat kencing batu. Mengonsumsi air dengan cukup adalah hal bijak untuk menggantikan minuman atau makanan manis.

3. Vitamin C

Vitamin C memang memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Akan tetapi, vitamin C dalam jumlah besar akan berbahaya bagi kesehatan ginjal dan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Lebih baik anda membatasi konsumsi akan vitamin C.

Loading...

4. Garam

Garam memanglah wajib dalam setiap menu makanan kita sehari-hari, dan garam juga memberikan manfaat bagi tubuh untuk menghindari terjadinya penyakit gondok. Tetapi, garam yang dikonsumsi dalam jumlah berlebihan akan berakibat buruk bagi ginjal dan memicu terbentuknya batu ginjal. Hal ini terjadi karena kandungan asam oksalat dalam garam yang sangat tinggi, sehingga tidak baik untuk kesehatan ginjal.

5. Minuman dengan Kadar Kafein

Kafein akan berakibat meningkatkan tekanan darah tinggi, juga akan berakibat buruk pada kesehatan ginjal. Sangat dilarang dan menjadi pantangan bagi penderita kencing batu untuk dikonsumsi. Mengapa demikian? Karena kafein akan memaksa kerja ginjal menjadi lebih berat dan sangat berakibat buruk untuk penyakit ginjal. Minuman yang mengandung kafein tinggi diantaranya adalah cokelat, kopi dan teh.

6. Makanan dengan kandungan Kalsium

Kalsium berguna untuk membuat tulang menjadi kuat dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Mineral kalsium juga dapat mencegah terjadinya osteoporosis dan kerapuhan pada tulang. Akan tetapi, dalam jumlah berlebihan akan berakibat buruk pada kesehatan ginjal dan beresiko terbentuknya batu ginjal.

Biasanya tubuh tidak mampu melakukan penyerapan kalsium berlebih dan kalsium akan mengendap di ginjal. Endapan tersebut akan berakibat terbentuknya kristal yang pada akhirnya tertumpuk hingga menjadi batu ginjal, dimana hal itu sangat berbahaya bagi ginjal. Selain itu, ginjal akan merasa terbebani untuk memecah kalsium, karena kadarnya yang berlebihan.

7. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi atau minuman bersoda memang tidak terlalu baik untuk dikonsumsi oleh anda. Karena kadar gula yang sangat tinggi di dalamnya, minuman berkarbonasi akan memperburuk kondisi urine yang mana akan berakibat terbentuknya kalsium oksalat yang berujung kencing batu.

8. Makanan dengan kandungan zat Purin

Sebaiknya anda kurangi asupan zat purin kedalam tubuh anda, karena akan melalui proses pemecahan jadi asam urat dan akan masuk kedalam urine anda. Apabila anda mengonsumsi makanan dengan zat purin yang sangat tinggi maka akan memperburuk keadaan ginjal bagi anda yang memiliki riwayat kesehatan terjadinya batu

9. Daging Merah

Selain meningkatkan tekanan darah tinggi, daging merah juga dapat menyebabkan kencing batu, dan harus dihindari agar tidak memperburuk keadaan ginjal. Daging merah mengandung kadar protein tinggi, dan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang besar akan berakibat buruk pada ginjal, karena ginjal akan dipaksa untuk memecah protein yang begitu tinggi.

Baca Juga 20 Macam Obat Ginjal Tradisional yang Direkomendasikan

Itulah beberapa pantangan kencing batu yang harus anda hindari agar terhindar dari batu ginjal ataupun memperburuk keadaan ginjal. Selalu jaga kesehatan ginjal mengingat fungsinya yang sangat vital terhadap tubuh. Lakukan penanganan yang tepat terhadap ginjal anda apabila terkena penyakit kencing batu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top