Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Waspada Terhadap Pembengkakan Kelenjar Getah Bening! Begini Cara Mengatasinya

Uncategorized

Waspada Terhadap Pembengkakan Kelenjar Getah Bening! Begini Cara Mengatasinya

Pembengkakan kelenjar getah bening atau lymphadenopathy adalah Suatu kondisi saat kelenjar getah bening/ gumpalan jaringan sebesar kacang berisi sel darah putih mengalami peradangan. Jika tubuh mengalami pembengkakan kelenjar getah bening, dapat menimbulkan benjolan di beberapa bagian. Pembengkakan atau peradangan ini diakibatkan oleh infeksi virus yakni demam kelenjar dan campak Jerman.

Kelenjar getah bening itu tersebar di seluruh tubuh dan merupakan salah satu bagian terpenting dari sistem kekebalan tubuh. Biasanya, kelenjar yang mengalami peradangan akan terasa lunak dan sakit jika disentuh. Umumnya, pembengkakannya terjadi pada sekitar leher, bawah dagu, sekitar ketiak, pangkal paha serta telinga.

Fungsi dari kelenjar getah bening bagi tubuh adalah menyaring limfatik agar bisa menghentikan perkembangbiakkan bakteri di seluruh tubuh. Pembengkakan ini bisa juga disebabkan karena penyakit kanker atau auto imun. Peradangan bisa sembuh sendiri apabila tubuh penderitanya sehat kembali. Namun, untuk mencegah penyakit ini bertambah parah dan menjadi serius lebih baik dihilangkan.

Inilah 5 cara menghilangkan pembengkakan kelenjar getah bening

Bawang putih
Bahan dapur yang satu ini dikenal sebagai penyembuh berbagai macam penyakit sejak jaman dahulu. Bawang putih mengandung zat anti-inflamasi dan zat anti-inflamasi. Zat-zat tersebut bisa mencegah dari serangan bakteri dan mampu mengurangi pembengkakan yang terjadi. Cara pengobatannya adalah dengan menghaluskan bawang putih. Setelah halus, balurkan ke bagian tubuh yang bengkak sembari memijatnya lembut. Lakukan setiap hari sampai bejolan tubuh hilang.

Kompres menggunakan air hangat
Air hangat mempunyai manfaat yang baik untuk peradangan tubuh. yakni melancarkan darah dan melunakkan jaringan kulit yang membengkak. Kompreslah bagian tubuhmu yang mengalami pembengkakan, maka benjolannya akan hilang secara perlahan. Jika peredaran darah dalam tubuh lancar, membuat sel darah tidak lagi menggumpal pada kelenjar getah bening.

Loading...

Manfaatkan madu
Madu sudah dikenal mempunyai khasiat untuk pengobatan dan pemulihan setelah sakit. Madu merupakan obat alami dari alam yang dapat mengatasi segala jenis penyakit, termasuk pembengkakan kelenjar getah bening. Sebab, kandungan anti-inflamasi dalam madu mampu melawa peradangan. Caranya, minum madu rutin setiap hari dan oleskan ke bagian yang bengkak.

Kombinasi susu dan kunyit
Susu ketika dicampur dengan kunyit mengandung anti-inflamasi yang bisa mengatasi pembengkakan. Sehingga, dapat mengobati pembengkakan kelenjar getah bening. Haluskan kunyit secukupnya dan buat segelas susu. Lalu peras kunyitnya dan masukkan ke dalam susu. Konsumsi ramuan tersebut setiap hari hingga peradangan hilang dari tubuh.

baca juga : Ramuan Ini Dapat Menghancurkan 1000 batu Empedu Hanya DalamSehari

Kulit manggis
Antioksidan yang tinggi di dalam kulit manggis dapat menangkal radikal bebas. Tak hanya melemahkan sel kanker tapi juga membuang sel yang tidak diperlukan oleh tubuh. Sehingga, kulit manggis sebagai solusi tepat dalam menghilangkan benjolan di tubuh ini. Caranya pun mudah, cukup dengan membuat jus kuli manggis dan minumlah. Atau dibuat ekstrak juga tidak mengurangi khasiatnya.

Tanda atau gejala pembengkakan kelenjar getah bening yang dapat menjadi penyakit serius

  • Benjolannya tidak terasa sakit ketika disentuh, tapi kalau ditekan justru semakin keras dan membesar.
  • Bengkak atau bejolan muncul tanpa sebab yang jelas, padahal tubuh sedang sehat.
  • Peradangan berlangsung selama 2 minggu atau lebih dan sulit hilang.
  • Pembengkakan disertai dengan demam yang tak menurun.
  • Selama benjolan ada, berat badan turun secara drastis.
  • Disertai rasa sakit ditenggorokan.

Itulah pembengkakan kelenjar getah bening yang perlu kamu waspadai. Dengan mengetahui ciri dan gejalanya kamu tak perlu menunggu lebih parah lagi untuk mendapatkan penanganan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top