Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Kebiasaan Buruk Pemicu Sakit Maag Jadi Kumat

Uncategorized

15 Kebiasaan Buruk Pemicu Sakit Maag Jadi Kumat

Pernahkah kamu sakit maag? Apa yang kamu rasakan ketika sakit maag? Sudah pasti nyeri rongga perut dan dada, mual dan pusing, panas seperti terbakar di kerongkongan dan tenggolokan. Mulut juga terasa asam atau pahit. Bahkan kadang sampai muntah-muntah. Nafsu makan juga bakalan menurun. Padahal orang yang sakit maag harus sering-sering makan.

Tahukah kamu apa saja kebiasaan buruk yang bisa memicu sakit maag? Apa sajakah kebiasaan buruk pemicu maag jadi kumat? Ternyata ada banyak sekali kebiasaan buruk macam ini. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

1. Tidak Pernah Makan, Selalu Dalam Kondisi Lapar

Kebiasaan buruk pemicu sakit maag yang pertama adalah jarang makan dan selalu membiarkan tubuh dalam kondisi lapar. Ada banyak alasan kenapa seseorang pada akhirnya melakukan hal seperti ini, salah satunya adalah karena kebiasaan. Sudah terlalu biasa melakukan ini sampai tidak sadar dirinya ternyata sudah melakukan suatu langkah yang salah dan beresiko merusak lambung dan memperparah sakit maagnya.

2. Menunda Makan, Telat Makan

Menunda makan dan telat makan dianggap sebagai faktor utama yang paling awal dari sakit maag. Pemicu sakit maag pada mulanya adalah karena seseorang seringkali menunda makan. Padahal makan yang baik adalah makan yang teratur dan terjadwal di jam yang sama. Untuk penderita maag disarankan untuk makan setiap 2 jam sekali dengan porsi yang sedikit. Jangan takut mengalami kegemukan, ini tidak akan terjadi. Sebab, penderita maag juga biasanya disertai dengan proses metabolism tubuh yang cepat, melebihi orang yang sehat.

3. Makan Makanan Pedas

Pemicu sakit maag selanjutnya adalah seringkali makan makanan pedas. Padahal cabai itu sangat pantangan sekali buat penderita maag. Orang yang sakit maag tidak seharusnya makan cabai. Pedas-pedas bisa sangat cepat membuat asam lambung naik. Masih lebih baik menambahkan lada pada masakan daripada makan makanan pedas.

4. Sering Makan Makanan Asam

Sering makan masakan asam juga menyebabkan kita jadi terkena sakit maag. Pemicu sakit maag memang tidak terlalu terkenal disebabkan karena makanan asam. Misalnya jeruk yang asam, ini dianggap tidak berpengaruh karena asamnya buah jeruk ternyata ketika masuk ke dalam tubuh bisa berubah menjadi basa.

Loading...

5. Stress dan Depresi Berkepanjangan

Stress dan depresi berkepanjangan bisa disebabkan karena tekanan psikis yang bertubi-tubi dialami seseorang. Pemicu sakit maag juga bisa dari stress dan depresi berkepanjangan ini. Maka dari itu, kita sebaiknya tidak menyiksa diri lagi dengan hanyut dalam stress macam ini.

6. Kurang Makan Serat

Pemicu sakit maag adalah kekurangan serat. Ini artinya orang yang sakit maag dalam kenyataannya biasanya dia tidak suka makan buah dan sayuran. Untuk itu, bila kamu ingin sembuh dari maag alangkah baiknya untuk banyak makan buah dan sayuran. Ini agar saluran pencernaan tersapu bersih asam lambungnya oleh serat.

7. Sedang Memiliki Penyakit Keras

Orang yang sedang memiliki penyakit keras juga dirinya bakal mengalami hal seperti ini. Di mana dirinya bakal mudah sekali kena sakit maag. Pemicu sakit maag karena sakit keras disebabkan karena orang yang sakit keras biasanya dirinya memiliki tubuh yang teramat sangat asam PH nya.

8. Hamil

Pemicu sakit maag ternyata juga adalah kehamilan. Perempuan yang sedang hamil juga beresiko sakit maag. Mual dan muntah yang biasanya akan dialami pada pagi hari disebut sebagai morning sickness. Ini juga bisa memburuk karena dasarnya orang itu sudah sakit maag.

9. Sering Bergadang

Bergadang juga akan menyebabkan seseorang jadi kena sakit maag. Pemicu sakit maag selanjutnya adalah bergadang dan orang yang sering bergadang ini tidak seharusnya berlarut-larut dalam kebiasaan macam ini.

10. Terlalu Lelah Aktivitas

Terlalu lelah aktivitas bisa menyebabkan seseorang terkena maag juga. Apalagi kalau ketika aktivitas dirinya juga tidak sempat makan.

Baca Juga: 15 Efek Samping Minum Kopi Setiap Hari

5 Pemicu Sakit Maag yang Lainnya:

11. Sering Makan Lada
12. Makan Beras Ketan
13. Konsumsi Makanan Berkadar Asam Tinggi
14. Gangguan Usus
15. Kondisi Lambung Yang Sudah Kronis Penyakitnya

Begitulah berbagai pemicu sakit maag yang bisa terjadi. Melihat berbagai pemicu di atas seharusnya kita tidak pasrah begitu saja. Percayalah bahwa sakit maag bisa sembuh karena ini tergolong penyakit yang awal mulanya berasal dari gaya hidup buruk dalam kebiasaan dan pola makan.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top