Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Pencegahan dan Pengobatan Ambeien

Uncategorized

20 Pencegahan dan Pengobatan Ambeien

Ambeien atau biasanya disebut dengan wasir dapat di alami oleh siapapun juga. Akan tetapi, banyak orang yang merasa malu dan kurang memperhatikan gangguan kesehatan yang di alami tersebut. Pada dunia medis, wasir atau ambeien ini sebenarnya bukanlah sebuah penyakit namun gangguan pada bantalan pembuluh darah dan adanya sebuah pembengkakan pada pembuluh darah dan juga pada jaringan di sekitarnya. Bantalan pembuluh darah pada dubur sendiri ini memiliki fungsi yang dapat membantu otot-otot yang berada pada dubur untuk menahan feses yang keluar.

Apabila terjadi gangguan pada aliran darah maka mengakibatkan pembuluh darah akan melebar dan membengkak dan inilah yang disebut ambeien. Ambeien sendiri adalah benjolan yang mana terdapat pada area dubur yang awal munculnya memang kecil namun kelamaan akan semakin membesar. Ambeien sendiri memang kecil sekali gejala yang muncul jadi penderita pun tidak menyadarinya. Dan berikut ini adalah pencegahan dan juga pengobatan dari ambeien.

20 Pencegahan dan Pengobatan Ambeien

Pencegahan untuk Ambeien

1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat
2. Minum banyak cairan
3. Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen penambah serat
4. Jangan mengejan berlebihan
5. Segera buang air besar jika sudah merasa ingin

Pengobatan untuk penderita ambeien ada beberapa alternatif. Berikut beberapa pengobatan ambeien yang bisa Anda terapkan…

1. Cuka apel

Untuk pengobatan yang sering digunakan dalam pengobatan adalah dengan menggunakan cuka apel. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencelupkan kapas pada cuka apel lalu kemudian oleskan ke area ambeien. Dengan menggunakan cuka apel secara teratur akan mengurangi rasa sakitnya.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memang adalah tumbuhan yang dapat menyembuhkan luka pada kulit karena memiliki kandungan zat sifat inflamasi dan tentu lidah buaya ini dapat menyembuhkan ambeien. Caranya yakni oleskan rasa gel lidah buaya kepada area ambeien pada dubur yang dapat melemaskan pembuluh darah dan juga mengurangi ukuran ambeien.

Loading...

3. Bawang putih

Bawang putih memang selalu digunakan sebagai bumbu masak namun ternyata bawang putih ini dapat menyembuhkan ambeien karena memiliki kandungan asam amino, mineral dan juga enzim seperti allinase, myrosinase dan peroksidase dan juga memiliki zat anti bakteri dan zat anti inflamasi yang dapat menyembuhkan ambeien karena juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada dubur.

4. Kulit pohon ek putih

Kulit pohon ek putih ini juga sangat berkhasiat untuk menyembuhkan ambeien karena memiliki sifat antiseptic, tonik, hemostatic yang dapat mengempeskan ambeien secara berkala. Dan adanya kandungan kalsium dan tannin dapat memperkuat kapiler usus dan menjaga jaringan lunak dari rektum yang terdapat pada lubang anus.

5. Akar batu

Tanaman akar batu ini sangat berguna untuk mengecilkan ambeien dan mengurangi tekanan yang terlalu besar pada pembuluh darah pada bagian anus. Dan tanaman  ini juga dapat mengurangi peradangan wasir karena memiliki kandungan sifat zat diuretik, antioksidan, antispasmodic, astringent, tonik dan sifat sedatif.

6. Mengonsumsi air mineral

Ketika mengalami ambeien, Anda perlu memperbanyak jumlah konsumsi minum air mineral karena ini sangat berfungsi untuk menjaga tinja menjadi tetap lunak agar mempermudah penderita mengeluarkan tinja karena jika tinja keras akan membuat ambeien semakin besar.

7. Rutin berolah raga

Dengan ada rutin melakukan olah raga ini maka akan semakin mempercepat wasir yang Anda derita berangsur- angsur menghilang. Ini dikarenakan Anda masih memiliki banyak aktivitas selain duduk dan berdiam diri karena dengan hanya duduk diam saja akan memperburuk keadaan.

8. Kulit delima

Kulit delima memang sudah terkenal dengan dapat mengobati ambeien karena pada kulit delima ini memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak sehingga semakin mempercepat penyembuhan. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah, Anda hanya perlu merebus ulit delima ini sampai mendidih lalu minum air rebusannya setiap hari.

9. Menggunakan kunyit

Biasanya kunyit ini di jadikan rempah- rempah masakan yang ada di dapur namun juga digunakan juga untuk mengobati ambeien karena memiliki zat kurkumin yang sangat berguna mengurangi pembengkakan pada dubur. Atau mungkin saja Anda juga bisa untuk langsung saja memeriksakannya kepada dokter agar diberikan penanganan yang cukup serius.

10. Memperbanyak memakan serat

Yang perlu di lakukan untuk menyembuhkan ambeien adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. Karena dengan banyak mengkonsumsi makanan yang memiliki serat yang banyak dapat mengecilkan ambeien dan kemudian akan semakin mudah penyembuhannya. Makanan yang berserat adalah seperti kacang- kacangan, buah dan juga makanan sayur-mayur.

Baca Juga: 35 Pencegahan dan Pengobatan Cacar Air Paling Manjur

5 Pengobatan Ambeien Lainnya :

1. Banyak mengkonsumsi kacang- kacangan
2. Jangan pernah menahan buang air besar
3. Perbanyak mengkonsumsi air putih
4. Banyak melakukan aktifitas agar tidak hanya duduk saja
5.  Perbanyak mengkonsumsi sayur

Nah, demikianlah informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 20 pencegahan dan pengobatan ambeien. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top