Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Pencegahan dan Pengobatan Cegukan Terus Menerus

Uncategorized

20 Pencegahan dan Pengobatan Cegukan Terus Menerus

Ketika Anda mengali cegukan yang terus menerus maka hal ini perlu untuk diwaspadai karena cegukan ini salah satu penyebab dan juga gejala dari kondisi Anda yang kurang baik. banyak pula orang yang tidak tahu bahwa cegukan ini adalah salah satu tanda penyakit dalam tubuh dan bahkan banyak orang yang tidak tahu cegukan yang terus menerus dapat terjadi pada siapa pun. Selain itu, cegukan juga sangatlah mengganggu untuk Anda ketika sedang bicara dan juga sangat mengganggu orang yang mendengarnya. Dengan terjadinya cegukan yang berkali- kali dan juga terus menerus juga dapat menyebabkan adanya kontraksi tiba- tiba yang terjadi pada daerah diafragma, berulang tiap menit.

Dalam dunia medis sendiri cegukan disebut dengan singultus. Dan cegukan ini adalah kondisi yang mana diafragma mengalami kejang yang tidak sesuai dengan kemauan atau diluar control dan itulah yang dapat mengakibatkan cegukan. Dan menurut medis, cegukan yang terjadi ini saat kadar karbondioksida di dalam darah mengalami pemerosotan dan kadar darah ini berada di tingkat yang paling rendah. Dan berikut ini adalah pencegahan dan juga pengobatan untuk cegukan yang terus- menerus.

20 Pencegahan dan Pengobatan Cegukan Terus Menerus

Pencegahan untuk cegukan terus menerus

1. Jangan makan terlalu banyak
2. Jangan makan dengan tergesa
3. Hindari minum air dingin
4. Hindari minum alkohol
5.  Hindari makan yang terlalu pedas

Pengobatan untuk cegukan yang terus menerus secara alami sangat banyak. Berikut beberapa pengobatan cegukan terus menerus secara alami…

1. Segelas air

Bagi Anda yang mengalami cegukan yang terus menerus memang sangatlah mengganggu dan Anda dapat meminum segelas air yang Anda minum dengan perlahan namun bertahap. Minum air putih juga bisa mengembalikan diafragma dan menormalkan diafragma agar diafragma tidak kejang kembali.

2. Minum air lemon

Air lemon selain dapat menambah energy, dapat mengurangi lemak dalam tubuh dan juga ion dalam tubuh ternyata dapat membantu untuk mengatasi cegukan yang terus menerus terjadi. Dengan menggunakan perasan lemon ini dapat meredakan cegukan terus menerus yang di sebabkan oleh makanan dan juga minuman.

Loading...

3. Menghisap Lemon

Memang benar jika menggunakan lemon dapat menghilangkan cegukan yang terus- menerus. Akan tetapi, jika Anda malas untuk memeras lemon maka Anda dapat langsung menghisap lemon karena banyak penelitian yang dilakukan oleh ahli bahwa menghisap daging lemon akan lebih mujarab untuk mengatasi cegukan dengan mudah.

4. Menahan napas

Salah satu cara untuk menghilangkan dan juga mengobati cegukan adalah dengan menahan napas baik melalui hidung maupun dengan melalui mulut. Banyak yang sudah membuktikan dengan menahan napas maka cegukan akan hilang.

5. Menekan hidung

Kemudian untuk pengobatan berikutnya adalah dengan menekan hidung karena memang cara ini sudah cukup efektif dalam menangani cegukan terus menerus. Caranya pun juga sangat mudah yakni Anda hanya perlu menekan hidung dengan menggunakan salah satu tangan Anda lalu kemudian hirup udara melalui mulut namun jangan sampai udara yang Anda hirup masuk kedalam tubuh dan tahan udara di dalam mulut dan tutup mulut dengan tangan satunya maka cegukan akan cepat hilang.

6. Menggunakan gula

Gula juga dapat digunakan untuk mengatasi cegukan terus menerus dan caranya juga sangat mudah yakni Anda dapat mengunyah atau memakan gula. Karena memang gula yang di kunyah dan ditelan ini dapat memerikan sinyal kepada syaraf yang menghubung ke diafragma dan dapat menghentikan cegukan.

7. Berbaring

Ketika Anda mengalami cegukan yang terus menerus maka Anda dapat berbaring di ranjang karena dengan berbaring ini dapat mengobati cegukan. Namun, cara berbaring pun juga harus benar untuk mengobati cegukan yaitu ketika Anda berbaring maka posisikan lutut ditekuk kea rah perut dan jangan mengubah posisi tersebut selam satu menit.

8. Bernafas di dalam plastik

Cegukan yang terus menerus ini dapat di sembuhkan dengan bernafas di dalam plastic. Dan apabila plastik tersebut sudah menggembung maka Anda harus meletuskannya. Karena banyak yang menggunakan cara bernafas di dalam plastik kemudian meletuskannya dipercaya bisa untuk menghilangkan cegukan secara cepat.

9. Es batu

Kemudian salah satu pengobatan yang berikutnya adalah dengan menggunakan es batu yang kecil. Karena dengan mengunyak es batu ini dapat menghilangkan es batu. Es batu yang memiliki rasa yang segar inilah yang dapat mengobati cegukan terus menerus.

10. Mengunyah roti kering

Hampir sama dengan es batu, Anda dapat mengobati cegukan terus menerus dengan mengunyah dan memakan roti kering karena remahan dari roti kering tersebut dapat membuat otot diafragma menjadi lebih rileks karena akibat terlalu tegang saat cegukan. Dan dengan begitu cegukan akan hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: 17 Pencegahan dan Pengobatan Mimisan

Pengobatan Cegukan Terus-menerus Lainnya :

1. Minum madu
2. Membungkuk dan menyentuh ibu jari kaki
3. menekan langit- langit mulut
4. Minyak kayu putih
5. Makanan asam

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 15 pencegahan dan pengobatan cegukan terus menerus. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top