Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Pencegahan dan Pengobatan Mimisan

Uncategorized

17 Pencegahan dan Pengobatan Mimisan

Mimisan memanglah hal lumrah terjadi pada seseorang namun jika mimisan datang terlalu sering maka hal ini perlu diwaspadai karena bisa jadi menjadi penyakit yang berbahaya. Biasanya mimisan ini terjadi dikarenakan cedera pada saat setelah mengalami kecelakaan atau sebagainya. Akan tetapi, mimisan juga ini tidak hanya di akibatkan oleh cedera pada hidung namun bisa juga karena rendahnya kelembapan pada ruangan yang Anda tempati seperti kamar, rumah ataupun kantor.

Kemudian mimisan juga bisa terjadi karena pilek ataupun suatu alergi, rendahnya tingkat vitamin K, sinusitis kronis, terlalu banyak mengkonsumsi obat- obatan seperti aspirin dan darah pengencer, dataran tinggi, panas yang berlebihan, atau kemungkinan hipertensi. Akan tetapi untuk orang dewasa mimisan yang terjadi bisa jadi diakarenakan tulang rawan yang memisahkan hidung sangatlah tipis dan juga sangat rapuh jadi sangat rentan mengalami pecah.

17 Pencegahan dan Pengobatan Mimisan

Pencegahan untuk Mimisan

1. Jaga kelembaban tempat tinggal
2. Jaga kelembaban hidung itu sendiri
3. Perbanyak konsumsi jeruk
4. Hindari makanan yang membuat alergi
5. Memberi minyak jarak

Pengobatan yang harus dilakukan untuk mimisan ada banyak apalagi yang alami. Berikut beberapa pengobatan mimisan menggunakan bahan alami…

1. Daun Sirih

Sudah sejak dulu memang tanaman sirih memang sudah terkenal dengan memiliki banyaknya khasiat untuk mengobati banyak penyakit dan salah satunya adalah sakit mimisan. Anda dapat meremas daun sirih sehingga keluar minyaknya dan kemudian gulung membentuk kerucut lalu masukkan gulungan daun sirih pada lubang hidung yang mengalami mimisan maka mimisan akan berhenti setelah beberapa menit.

2. Rambut Jagung

Jagung memang salah satu sumber karbohidrat dan juga digunakan sebagai obat. Namun, perlu Anda tahu bahwa yang bermanfaat bukan jagungnya saja namun juga rambut jangungnya juga. Karena rambut jagung juga memiliki kandungan kimia yang cukup baik dan bagus untuk mengobati penyakit, diantaranya membantu mengatasi mimisan.

Loading...

3. Akar teratai

Pada kawasan asia akar dari teratai memang di manfaatkan untuk dijadikan sebagai obat mimisan yang cukup terkenal. Akar teratai ini memiliki kandungan tannin yang akan membantu menutup luka pada pembuluh darah saat mimisan. Tidak hanya dapat digunakan untuk mengobati mimisan saja namun juga dapat dijadikan campuran dalam membuat sup, dibuat jus, salad dan juga cemilan.

4. Rimpang Teratai

Tidak hanya akarnya saja yang dapat digunakan namun juga rimpang teratai ini dapat dijadikan obat ketika Anda mengalami mimisan. Berbeda dengan akar yang memiliki kandungan tannin, maka rimpang ini memiliki kandungan protein yang tentu sangat baik untuk memperbaiki jaringan yang rusak dan akan membantu tertutupnya luka pada pembuluh darah.

5. Kangkung

Dengan mengkonsumsi kangkung juga dapat digunakan untuk mengobati mimisan karena kangkung memiliki zat yang sangat baik bagi tubuh yakni terdapat vitamin A, B, C.  Dan dengan adanya ketiga vitamin ini maka akan sangat baik bagi metabolisme serta pertahanan tubuh dari penyakit.

6. Kulit ari kacang tanah

Anda dapat menggunakan kulit ari pada kacang tanah untuk mengatasi mimisan yang Anda alami. Kulit ari itu adalah bagian yang tipis dengan warna merah yang berada pada pada bawah kulitnya yang keras. Karena memang kulit ari kacang ini memiliki vitamin yang sangat lengkap untuk menjaga antibody dalam tubuh.

7. Akar alang- alang

Akar alang- alang ini juga sangat dipercaya untuk mengatasi mimisan yang terjadi karena akar alang- alang ini memiliki zat hemostatik yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan dan termasuk mimisan. Akar alang- alang ini juga dapat berfungsi untuk menurunkan panas, bahan diuretik yang berperan untuk melancarkan kemih, serta dapat juga menghilangkan rasa haus.

8. Pegagan

Pegagan ini adalah tanaman liar yang biasanya tumbuh pada area persawahan dan nama ilmiah dari pegagan ini adalah centella asiatica. Tanaman yang satu ini memang sudah lama dikenal dan dipercaya untuk bisa mengobati berbagai penyakit yang berkaitan dengan kulit, gangguan syaraf, dan pendarahan dan yang pasti dapat menghentikan mimisan.

9. Jangan mengeluarkan ingus terlalu keras

Apabila Anda mengalami pilek karena suhu yang cukup ekstrim dan ketika Anda akan mengeluarkan ingus maka akan sangat di anjurkan untuk mengeluarkan ingus dengan cara perlahan karena apabila Anda mengeluarkan ingus terlalu keras akan membuat hidung sakit dan terluka sehingga akan membuat mimisan.

10. Hubungi dokter

Jika Anda mengalami mimisan yang terlalu sering dan susah untuk berhenti maka ada baiknya jika Anda menghubungi dokter yang mungkin dengan begitu Anda akan tahu penyebab dari mimisan yang Anda alami tersebut dan Anda pun dapat mendapatkan perawan secara intensif.

Baca Juga: 25 Penyebab dan Gejala Penyakit Diare

2 Pengobatan Mimisan Lainnya :

1. Posisikan tubuh bisa duduk dengan badan codong ke depan
2. Kompres dengan air es

Nah, itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 12 pencegahan dan pengobatan mimisan. Semoga artikel ini dapat membantu dan juga bermanfaat. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top