Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

40 Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Obesitas

Uncategorized

40 Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Obesitas

Obesitas adalah istilah kelebihan berat badan yang memang menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang karena kegemukan sendiri merupakan salah satu faktor pemicu berbagai macam penyakit. Banyak peneliti yang melakukan riset dan mengatakan bahwa lebih dari satu milyar orang yang ada di dunia mengalami kegemukan dan 300 juta lainnya adalah penderita obesitas. Kegemukan atau obesitas adalah akibat dari mengkonsumsi makanan berkalori tinggi dan lemak serta kurangnya olahraga.

Biasanya adanya obesitas dan juga kegemukan ini lebih sering pada Negara maju seperti amerika yang memang penduduknya adalah terbanyak mengalami obesitas. Orang yang mengalami obesitas akan lebih rentan apabila terkena penyakit dan penyakit yang menyerang pun sangatlah berbahaya yakni seperti penyakit jantung, kemudian darah tinggi, penyakit kandung empedu, penyakit asam urat, radang sendi, diabetes, penyakit kanker dan akan mengalami gangguan tidur.

40 Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Obesitas

Pencegahan untuk Obesitas

1. Konsumsi makanan yang sehat
2. Hindari makan yang banyak lemaknya
3. Hindari mengkonsumsi makanan junk food
4. Hindari mengkonsumsi alkohol
5. Perbanyak makan sayur dan juga buah

Pengobatan yang dilakukan untuk penderita obesitas

1. Pilihlah jenis makanan yang sehat

Anda perlu memerhatikan makanan untuk penderita obesitas akan lebih baik jika penderita mengkonsumsi makanan yang sehat seperti yang mengandung cukup protein, kalsium, serat dan juga karbohidrat dan juga penuhi setengah porsi makanan dengan sayuran atau buah.


2. Makan makanan di saat yang tepat

Pemilihan waktu yang tepat juga sangatlah penting untuk penderita obesitas. Akan lebih baik jika penderita obesitas tidak makan pada malam hari karena akan mengakibatkan naiknya berat badan.

Loading...


3. Pilih menu sarapan yang tepat

Bagi penderita obesitas akan lebih baik jika sarapan mengkonsumsi makanan yang tidak berat seperti telur, buah dan juga sayuran. Kemudian untuk malam hari pilihlah makanan yang sehat seperti sayuran dan juga susu.


4. Tentukan menu makan siang yang tepat

Untuk penderita obesitas ketika makan siang masih dapat mengkonsumsi makanan yang enak yakni seperti daging, ayam dan juga nasi namun tetap dalam porsi yang tetap dalam porsi yang seimbang dan juga diperhatikan cara pengolahannya. Jika ingin makan dalam porsi besar maka lebih baik makan buah dan sayuran.


5. Tentukan menu makan malam yang tepat

Akan lebih baik jika mengkonsumsi makanan yang rendah kalori saat malam tiba yaitu dengan menggunakan buah dan juga sayuran. Jika ingin makan yang berkarbohidrat maka pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti kentang dan umbi- umbian.


6. Hindari makanan berlemak

Kemudian hindari makanan yang mengandung makanan yang banyak dengan minyak karena didalam minyak terdapat lemak dan karbohidrat yang cukup tinggi. Makanan yang seperti ini dapat mengakibatkan saluran cerna yang sangat berat dan meningkatkan risiko kegemukan.


7. Pilih produk bahan makanan yang tepat

Untuk penderita obesitas sangat di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berbahan dari mentega dan mayones. Karena memang mentega dan juga mayones ini mengandung lemak dan juga kalori yang sangat tinggi sehingga dapat menambah berat bandan.


8. Makan dengan porsi kecil

Untuk penderita obesitas ini sangat di anjurkan untuk makan dengan menggunakan porsi piring yang kecil karena dengan cara yang seperti sangatlah efektif untuk menurunkan berat badan.


9. Kurangi makanan berkalori

Makanan yang memiliki jumlah kalori yang tinggi dapat menimbulkan berat badan terus bertambah. Oleh karena itu, akan lebih baik jika penderita obesitas lebih mengurangi makan dengan jumlah kalori yang sedikit. Akan lebih baik jika penderita obesitas mengonsumsi sayuran dan juga buah- buahan dengan mengganti sup sayur ataupun buah- buahan.


10. Konsumsi suplemen bila perlu

Akan lebih baik jika menggunakan suplemen pembakaran lemak yang dapat menurunkan berat badan. Banyak sekali suplemen penurun berat badan seperti teh hijau, teh hijau ini juga dapat meningkatkan metabolism dalam tubuh dan juga energy dalam tubuh.

Baca Juga: 35 Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Anemia

25 Pengobatan Obesitas Lainnya:

1. Perbanyak olah raga
2. Hindari mengkonsumsi alkohol
3. Usahakan untuk rutin melakukan aktifitas fisik
4. Lakukan olahraga secara rutin cukup 10 menit
5. Lakukan peregangan otot dua kali dalam seminggu
6. Istirahat yang cukup
7. Minum air sebelum makan
8. Jangan lupa sarapan
9. Tidur yang cukup
10. Jangan makan malam
11. Melakukan diet
12. Minum jamu
13. Lemon
14. Memotivasi diri
15. Kurangi makan gula
16. Makan sayur
17. Buah- buahan
18. Kurangi nafsu makan
19. Tidak sering makan
20. Diet sehat
21. Diet air putih
22. Mengkonsumsi protein
23. Hindari susu berlemak
24.Hindari minum soda
25. Hindari minum kafein

Nah, itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 35 pencegahan dan pengobatan obesitas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top