Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

21 Cara Pencegahan dan Pengobatan Toxoplasma Gondii

Uncategorized

21 Cara Pencegahan dan Pengobatan Toxoplasma Gondii

Toxoplasma gondii adalah parasit pada limpa dan hati ctenodactyles gondii. Ia merupakan  sejenis hewan pengerat yang berada di sahara, Afrika utara yang ditemukan pada tahun 1908. Kemudian pada manusia baru di temukan di Cekoslowakia pada tahun 1923.

21 Cara Pencegahan dan Pengobatan Toxoplasma Gondii

Pencegahan Toxoplasma gondii :

1. Jangan menggunakan alat yang sudah terkontaminasi daging yang infeksi
2. Meminum susu kambing yang sudah direbus
3. Memegang tanah dengan menggunakan sarung tangan
4. Mencuci buah dan sayuran sebelum diolah menjadi makanan
5. Tidak menyentuh kotoran kucing

Kucing adalah salah satu tempat dimana tumbuhnya para parasit berkembang dan salah satunya adalah Toxoplasma gondii. Beirkut beberapa pengobatan toxoplasma gondii…

1. Menggunakan Lobak

Lobak adalah sayuran anti bakterial, anti inflamasi, dan anti virus. Sayuran ini juga dapat dikonsumsi mentah atau dimasak. Memakannya saat mentah sangat baik untuk pengobatan toksoplasma gondii misalnya dengan menjadikannya jus sayuran. Minum sehari sekali terutama sesaat sebelum sarapan pagi. Lobak ini sangatlah efektif membunuh parasit toksoplasma. Selain itu, juga dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi.

2. Bawang putih

Bawang putih ini selain digunakan untuk bumbu dapur namun juga dikenal sebagai antibiotik alami. Selain itu, bawang putih bermanfaat  sebagai  anti mikroba dan anti oksidan. Oleh karena itu, bawang putih dipercaya mampu melawan toksoplasma gondii. Bawang putih dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Bisa dimakan mentah atau dijadikan jus.  Cara untuk mengkonsumsi adalah 3-4 siung bawang putih dihancurkan kemudian dicampur dengan air atau susu lalu diminum. Lakukan ini setiap hari.

3. Gaya hidup yang sehat

Karena semakin berkembang zaman seperti pada negara- negara industry karena transmisi pada manusia umumnya berkaitan dengan kebiasaan memakan daging setengah matang terutama daging babi dan domba. Kemudian untuk serangga seperti lalat maupun kecoa yang telah melakukan kontak langsung dengan feses kucing juga berpotensi menjadi sumber infeksi. Akan lebih baik jika Anda lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan yang berbahan dari sayur mayur karena dengan begitu Anda akan lebih terhindar dari parasite Toxoplasma.

Loading...

4. Pepaya

Dengan mengkonsumsi buah pepaya ini dapat mengobati penyakit toksoplasma. Pepaya menghasilkan enzim yang bisa menghancurkan cacing dan juga parasit didalam tubuh. Buah pepaya yang sudah matang dapat dimakan langsung atau dijadikan jus. Potong kecil-kecil buah  papaya lalu tambahkan air hangat dan madu dan kemudian diblender. Jadilah jus pepaya yang enak dan sehat. Akan sangat baik jika meminum jus pepaya ini setiap hari.

5. Wortel

Wortel adalah obat alami lain yang dapat digunakan untuk mengobati toksoplasma. Wortel adalah sayuran yang dapat melawan berbagai macam parasit dan cacing. Ambil beberapa wortel segar dan buat menjadi jus. Tambahkan dua gelas air dan sesendok madu. Minumlah segelas jus wortel 10 menit sebelum sarapan pagi.  Dan satu gelas jus wortel lainnya diminum 10 menit sebelum makan malam.

6. Pirimetamin atau Daraprim

Obat ini biasanya digunakan untuk malaria, merupakan antagonis asam folat. Akan tetapi, obat ini dapat mencegah tubuh Anda menyerap vitamin B folat seperti asam folat, vitamin B-9, dan ketika Anda mengambil dosis tinggi dalam jangka panjang. Oleh karena itu, dokter akan menyarankan mengambil asam folat tambahan. Obat ini adalah obat standar yang digunakan untuk mengobati infeksi parasit yang mengancam jiwa yang disebut toksoplasmosis.

7. Minyak esensial pala

Pala adalah kernel biji di dalam buah dari pohon pala dan biasanya pala ini digunakan minyak esensial pala menunjukkan aktivitas penghambatan yang signifikan dalam in vitro anti-Toxoplasma gondii assay selama penelitian yang dipresentasikan pada konferensi internasional  yang ketiga pada ilmu pangan dan bioteknologi. Hasilnya dianggap sebanding dengan obat antibakteri standar.

8. Sulfadiazin

Untuk jenis antibiotik ini sudah sering digunakan dengan pirimetamin untuk mengobati toksoplasmosis. Akan tetapi, tentunya harus dengan resep dari dokter dan Anda tak dianjurkan untuk mendapatkannya sendiri tanpa pengawasan dokter.

9. Kenari Hitam

Kenari hitam dianggap sebagai obat yang efektif menyembuhkan infeksi toxoplasma. Kenari hitam mengandung tanin alami yang melawan jamur, ragi, dan parasit. Menurut sebuah studi dan penelitian oleh ahli bahwa bahan kimia yang ditemukan dalam kenari hitam yang disebut juglone berperan sebagai antibakteri, antivirus, anti-kanker, dan anti-parasit. Penelitian juga telah menemukan bahwa kenari hitam dapat melawan hingga 100 parasit yang berbeda dalam tubuh. Hitam kenari juga mengandung hydrojuglone, yaitu kimia yang memiliki efek anti-parasit.

10. Minyak Oregano

Minyak esensial oregano mengandung fenol isomer monoterpenic disebut carvacrol. Hal ini diketahui untuk menampilkan banyak pelindung seperti antitumor, antimikroba, antibakteri, insektisida, dan anti-parasit seperti mengobati toxoplasma gondii. Minyak oregano juga mengandung zat yang disebut thymol, yang ampuh untuk mengobati parasite.

Baca juga: 17 Penyebab dan Gejala Aritmia Jantung

6 Cara Pengobatan Toxoplasma Gondii lainnya:

11. Pengobatan dengan menggunakan homeopati
12. Mengkonsumsi jus lidah buaya
13. Dengan cuka sari apel
14. Banyak mengkonsumsi kacang-kacangan
15. Mengkonsumsi buah- buahan
16. Makan makanan dengan bahan lada hitam

Itulah informasi mengenai cara pencegahan dan pengobatan Toxoplasma gondii. Namun, di Indonesia banyak dokter yang lebih menganjurkan untuk memeriksakan langsung agar tidak menyebar semakin besar. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top