Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Pengertian Lemak Trans, Makanan, Bahaya dan Cara Mengatasi

Uncategorized

Pengertian Lemak Trans, Makanan, Bahaya dan Cara Mengatasi

Lemak trans merupakan salah satu lemak yang berbahaya, sama seperti lemak jenuh. Sayangnya, lemak seperti ini susah untuk di hindari karena ada pada hampir semua makanan sehari-hari kita. Contohnya adalah makanan-makanan instan yang banyak di penjual berikan dengan cita rasa yang sangat menggoda. Lemak trans di nilai negative untuk kesehatan tubuh karena dapat mengundang banyak penyakit seperti misalnya penyakit jantung, obesitas, gangguan pada system darah dan lainnya.
Pengertian Lemak Trans, Makanan, Bahaya dan Cara Mengatasi
Loading...
Di artikel ini, Anda akan di perkenalkan pengertian lemak trans, bahaya, dan cara mengatasi apa saja yang bisa dilakukan saat makan makanan yang mengandung lemak trans. Seperti yang kita tahu, makanan yang mengandung lemak trans tinggi adalah makanan instan seperti donuts, crackers, sandwich, kue tart, minuman kaleng dan lainnya. Semua makanan tersebut sangat tidak baik dan menghindarinya adalah langkah yang pas untuk hidup sehat.

Pengertian Lemak Trans

Trans fat atau lemak trans merupakan asam lemak dengan struktur trans. Artinya, lemak ini memiliki cabang molekul yang berbeda dari rangkaian molekul utama. Rangkaian molekul ini terdiri dari atom karbon (C). Lemak trans memiliki dua sifat yaitu sifat alami dan buatan.
Lemak trans alami bisa Anda temukan di hewani seperti daging doma, daging sapi, ayam dan hewan ternak lainnya. Untuk lemak trans buatan, bisanya di buat dari perubahan lemak cari menjadi lemak gas serta menambahkan atom hydrogen didalamnya. Seperti misalnya margarin yang di buat dari minyak cari dari sayur kemudian dipadatkan bersamaan dengan gas hydrogen.

Makanan Dengan Lemak Trans Tinggi

Lemak trans bisa di buat dengan alami dan sengaja di buat yang disebut dengan makanan instan. Berikut ini adalah jenis makanan yang mengandung lemak trans tinggi yang sebaiknya Anda hindari:

Makanan Instant

Makanan ini disajikan dengan cepat, atau juga disebut sebagai makanan cepat saji. Makanan seperti ini tidak hanya mengandung lemak trans atau lemak jenuh yang banyak namun juga bisa mengandung kolestrol jahat yang tak sehat bagi tubuh. Contohnya adalah martabak, kue tart, donuts, dan lainnya.

Makanan Digoreng

Minyak yang di gunakan menggoreng makanan lebih dari satu kali bisa mengakibatkan berbagai penyakit dalam tubuh karena mengandung banyak lemak trans didalamnya. Contohnya adalah pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, ayam goreng, dan lainnya.

Es Krim

Es krim memang memiliki rasa yang lezat dan sangat cocok di konsumsi di cuaca panas. Namun tahu kah Anda? Es krim memiliki kandungan lemak trans tinggi yang mencapai 0,5 gram lemak trans dalam satu porsi es krim.

Makanan Panggang Dibekukan

Makanan yang sengaja di bekukan memiliki kandungan lemak trans yang sangat banyak, hal ini tentu sangat perlu untuk di hindari agar tidak di konsumsi secara rutin.

Biskuit

Lemak trans yang terdapat pada biscuit sangat banyak karena mengandung bahan pengawet yang sudah bertahan berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun.
Margarin dan Mentega
Pemadatan minyak sayur pada mentega dan margarin memiliki kandungan lemak trans yang tak baik untuk tubuh.

Popcorn

Jika di olah secara alami, popcorn sebenarnya tak mengandung kandungan lemak trans yang tinggi, sayangnya lemak dalam kemasan yang telah di campur bahan lainnya memiliki kandungan lemak trans tinggi.

Bahaya Lemak Trans

Lemak trans sama seperti lemak jenuh yang memiliki banyak bahaya seperti meningkatkan kolestrol dalam tubuh dan meningkatkan obesitas yang bisa memicu banyak penyakit seperti penyakit jantung, stroke, diabetes dan lainnya.

Cara Mengatasi Lemak Trans

Cara pertama yang bisa Anda terapkan adalah makan makanan yang sehat, jauh dari campuran makanan buatan lainnya seperti protein pada ikan, kaya serat pada sayur hijau, dan kaya vitamin pada buah-buahan. Kedua adalah hidup sehat, gaya hidup sehat sangat penting untuk kesehatan tubuh karena membantu dalam memperbaiki pola hidup yang salah seperti tidak menggunakan minyak bekas, olahraga teratur, mengkonsumsi makanan dengan vitamin A,D, E dan K tinggi dan lainnya.
Lemak trans sangat berbahaya namun ternyata juga memiliki sedikit manfaat. Anda memang tidak di anjurkan mengkonsumsinya berlebihan, namun mengkonsumsi lemak trans (Sedikit) dapat membantu menyeimbangkan asupan gizi dan nutrisi yang masuk dalam tubuh.
Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top