Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Pengobatan Asam Urat Paling Manjur

Uncategorized

15 Pengobatan Asam Urat Paling Manjur

Pengobatan Asam Urat – Asam urat dalam dunia medis di kenal dengan nama gout  dimana kondisi ini dapat menyebabkan nyeri yang tidak dapat tertahankan. Sehingga dapat menjadikan sendi bengkak dan menimbulkan rasa panas. Semua sendi di tubuh dapat terserang asam urat tetapi yang paling rentan adalah sendi jari tangan, ltut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Asam urat dapat kita coba obati sendiri di rumah dengan tips pengobatan asam urat.

Orang yang rentan terkena asam urat adalah orang laki-laki terutama saat usianya di atas 30 tahun. Orang yang menderita biasanya merasakan perkembangan gejala ddengan cepat. Jika anda mengalami asam urat segeralah menerima semua pantangan untuk tidak makan-makanan penyebab asam urat, jika asam urat telah terlanjur menyerang anda pengobatan asam urat seperti di bawah ini.

Obat Asam Urat

1. Air Putih

Air putih merupakan minuman yang menyegarkan dan di percaya dapat menyehatkan badan. Tidak bisa di bayangkan, bagaimana jika tubuh kita kekurangan cairan dalam jangka waktu cukup lama. Berdasarkan faktanya, seluruh organ tubuh manusia membutuhkan cairan atau air dalam jumlah yang cukup untuk menunjang aktivitas. Mengonsumsi air putih yang baik secara teratur sebanyak 8-10 kali dalam sehari. Menurut kepercayaan masyarakat, air putih juga dapat mengobati asam urat.

2. Pare

Pare adalah buah dari tanaman merambat, biasanya pare di aplikasikan ke dalam resep masakan. Tetapi sedikit pula orang-orang yang menghindari buha ini, dengan alasan karena rasa buah ini pahit. Walaupun pahit pare dapat memberikan manfaat yang besar bagi orang yang terkena asam urat.

Buah pare memilki kandungan zat albuminoid, karbohidart dan pigmen, biasanya orang-orang yang menggunakan pare sebagai obat asam urat hanya di ambil bijinya saja. Tetapi alangkah baiknya jika anda mengonsumsi semua bagian.

3. Daun Salam

Daun salam ini biasanya di gunakan ibu-ibu untuk campuran bumbu masakan agar nantinya dapat memberikan aroma  yang nikmat. Tahukah anda jika daun salam buan hanya sebagai campuran bumbu masakan saja? Melainkan jugga dapat membantu menetralkan kandungan purin di dalam tubuh. Sehingga dapat mempercepat penyembuhan asam urat.

Loading...

Cara pembuatannya, ambil daunsalam kira-kira sebanyak 10 lembar yang berwana sedikit tua di banding warna daun salam yang ada. Kemudian cuci berih untuk di rebus dengan air sebanyak 2 gelas, setelah di rebus kira-kira tersisa setengahnya ambil air rebusan untuk di tuang ke dalam gelas dan air rebusan siap di konsumsi.

4. Kumis Kucing

Kumis kucing biasanya di percaya dapat menyembuhkan kencing batu, kini bukan hanya untuk menyembuhkan kencing batu saja meinkan juga dapat menyembuhkan asam urat. Senyawa orthosiponin glikosida yang terkandung dalam kumis kucing dapat mengurangi kelebihan zat asam urat dalam tubuh.

Cara meramunya, siapkan 30 gram daun kumis kucing segar dan 15 gram gram daun kumis kucing kering. Cuci semua bahan dan rebus dengan air sebanyak 3 gelas, setelah di rasa cukup matikan api kompor dan ambil air rebusan untuk diminum. Meminum secara rutin sebanyak 2x sehari dapat mempercepat penyembuhan.

5. Buah Nanas

Nanas merupakan buah yang berwarna kuning dan rasanya sedikit masam, buah ini biasanya di gunakan untuk bahan utama pembuatan selai. Nanas memilki kandungan vitamin C, mineral, zat besi, fosfor, kalsium, naterium dan bromelain.  Vitamin C dan mineral yang terkandung di dalam buah nanas di percaya dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit di dalam tubuh.

Sedankan kandungan nanas yang dapat mengatasi asam urat adalah kandungan bromelain. Kandungan bromelain membantu menghambat protein penyebab bertambahnya kadar asam urat dalam tubuh. Minumlah jus buah nanas di pagi hari terbukri efektif untuk menyembuhkan asam urat hingga 90%.

6. Tempuyung

Tumbuhan yang berasal dari Eurasia ini merupakan tumbuhan herbal yang dapat mengatasi penyekit asam urat. Tempuyung mengandung senyawa afa-lacterol, manitol inositol, ilica, kalium, flavonoid dan taraksasterol, semua kandungan inilah yang bagus untuk pengobatan asam urat.

7. Ubi Jalar dan Cengkeh

Bahan alami ini memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk menetralkan kadar purin dan asam urat dalam tubuh. Tentunya obat herbal ini bukan jadi rahasia lagi karena ini merupakan obaat turunan yang di berikan oleh nenek moyang kita. Cara pembuatanya, siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu

  • 5 butir cengkeh
  • 5 butir kapulaga
  • 1 kayu manis sepanjang jari jentik
  • 5 gram biji pala
  • 15 gram jahe merah
  • 200 gram ubi jalar

Cuci semua bahan untuk di rebus dengan air sebanyak 1000ml, setelah di rasa cukup ata kira-kira air rebusan tinggal setengah saring air untuk di konsumsi.

8. Seledri

Seledri memiliki zat bermanfaat dalam tubuh seperti klorin, asam lemak, esensial inositol, sulfur, folat, potassium, mangan, fosfor, selenium vitamin B1 dan A. Semua kandungan itu sangat di percaya untuk mengatasi nyeri sendi akibat asam urat, cara mengelolahnya, cuci seledri sebanyak 2 gram untuk di rebus bersama 110ml air, setelah di rebus pisahkan air dengan seledri. Setelahnya minum air rebusan tersebut, cukup minum 1x saja dalam sehari.

9. Daun Sirsak

Mengobati asam urat dengan daun sirsak telah menjadi rahasia umum sejak waktu lama. Vitamin C dan A yang terkandung di dalamnya cukup tinggi yang berguna untuk mengeluarkan racun dan meringankan asam urat. Cara membuatnay sangat sederhana rebus 5 lembar daun sirsak yang telah di cuci, setalahnya saring air dan kemudian siap diminum.

10. Buah Lemon

Buah lemon biasanya di gunakan orang-orang sebagai obat mengatasi sariawan, karena buah lemon kaya akan vitamin C. Selain dapat mengatasi sariawan kandungan asam nya juga dapat membantu tubuh memproduksi kalium karbohidrat yang dapat menetrakan asam urat. Cukup anda peras lemon kemudian minumlah sedikit-sedikit jika tidak kuat menahan rasa asamnya.

Itulah beberapa informasi mengenai pengobatan asam urat dengan memanfaatkan tanaman yang ada di sekitar kita, anda juga dapat memanfaatkan tanaman lainnya sebagai obat penyembuhan asam urat.

Pengobatan Asam Urat Lainnya :

11. Jahe
12. Bunga Rosela
13. Buah Cherry
14. Sambiloto
15. Kulit Manggis

Pengobatan asam urat di atas dapat anda praktikan sendiri di rumah. Dengan melakukan cara-cara tersebut secara rutin dapat mempercepat penyembuhan asam urat. Tetapi jangan sampai berlebihan karena jika berlebihan juga tidak bagus bagi kesehatan. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top