Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Tanaman untuk Pengobatan Penyakit Blefaritis

Uncategorized

9 Tanaman untuk Pengobatan Penyakit Blefaritis

Blefaritis adalah radang pada kelopak mata bagian depan luar (blefaritis anterior) atau bagian dalam (blefaritis posterior) yang mengakibatkan bengkak dan ruam. Keduanya akan sangat mengganggu karena mata akan terasa gatal, berair dan juga panas. Blefaritispun dapat mengganggu penglihatan. Untuk itu, bila blefaritis terjadi segera untuk mencari solusi pengobatan blefaritis.

Pengobatan blefaritis yang dapat Anda lakukan secara mandiri yakni dengan menggunakan tanaman yang dapat Anda temukan. Selain terhindar dari efek samping obat kimia, Anda juga mendapat manfaat lainnya dari kandungan tanaman tersebut. Berikut adalah tanaman yang menjadi alternatif untuk pengobatan blefaritis.

Pengobatan Blefaritis, Tanaman Herbal Pengobatan Blefaritis, Pengobatan Blefaritis secara Tradisional

1. Bunga calendula

Pengobatan blefarintis yang pertama adalah dengan bunga calendula. Bunga ini juga dikenal dengan sebuta pot marigold. Tumbuhan ini sudah lama dikenal untuk bahan pengobatan herbal. Tanaman ini mengandung sifat anti-inflamasi atau peradangan, yang dapat mengurangi bembengkakan di bagian kelopak mata. Selain itu, kandungan anti-septik pada bunga calendula dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme penyebab blefaritis.

Untuk pengobatannya, Anda dapat mengkonsumsi teh dari bunga calendula. Sebagai alternatif  lain, Anda juga dapat menggunakan air teh tersebut  sebagai  kompres untuk pengobatan blefaritis.

2. Goldenseal

Goldenseal Atau dikenal dengan istilah Hydrastis canadensis adalah tanaman yang populer digunakan di dunia pengobatan herbal. Tanaman ini terkenal sejak masa kolonial Amerika dan biasa digunakan untuk berbagai macam pengobatan, salah satunya pengobatan mata. Goldenseal mengandung senyawa berberin yang berfungsi membunuh berbagai jenis kuman.

3. Minyak jarak

Tanaman jarak biasa dimanfaatkan sebagai pagar hijau. Namun, Anda perlu tahu bahwa tanaman jarak juga dapat dimanfaatkan untuk penyembuhan alami penyakit blefaritis.  Sifat anti irritant pada minyak jarak dapat untuk mengobati luka dan menghilangkan iritasi pada bagian tubuh luar, termasuk pada bagian mata.

Loading...

Sebelum mengaplikasikan minyak jarak, Anda perlu membersihkan mata terlebih dahulu untuk menghilangkan debu ataupun kotoran mata. Selanjutnya, gunakan kapas yang sudah dicelupkan pada minyak jarak untuk mengompres pada bagian yang bengkak.

4. Comfrey

Tanaman ini oleh orang Jawa juga disebut sebagai kompering. Tanaman ini tidak sulit ditemukan karena iklim yang lebab merupakan habitat untuk comfrey. Comfrey merupakan tanaman yang berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kandungan pada comfrey dapat mengurangi peradangan pada kulit, termasuk pada area yang bengkak karena blefaritis.

5. Bunga chamomile

Memiki nama Anthemis nobilis atau Chamaemelum nobile (L.), bunga chamomile diyakini berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Chamomile berasal dari kata Yunani ‘chamos’ dan ‘milos’, yang berarti berarti apel, karena memiliki aroma yang mirip dengan buah apel.

Bunga chamomile memiliki sifat anti-mikroba sehingga dapat mengobati iritasi ataupun ruam pada kulit. Selain itu anti-inflamasi pada tanaman ini dapat mengatasi bengkak yang disebabkan blefaritis. Rendam bunga chamomile dengan air hangat , lalu gunakan kain atau handuk untuk mengkompres mata.

6. Akar Mahonia aquifolium

Dikenal juga sebgai barberry, Mahonia aquifolium banyak ditemukan di daratan Amerika. Tanaman ini merupakan tanaman semak yang memikili banyak manfaat. Akar dari Mahonia aquifolium mengandung anti-bakteria yang efektif membunuh dan mencegah bakteri penyebab blefaritis.

7. Mullein

Mullein dapat dihunakan untuk pengobatan blefaritis.  Memiliki ciri daun yang berbulu, bunganya berwarna putih, kuning atau lavender dapat tumbuh di banyak negara di Eropa maupun Asia. Mullein ampuh mengatasi blefaritis karena kandungannya yang dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri.

8. Bilberry

Buah bilberry sangat dikenal khasiatnya untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan pada bilberry membantu memperkuat dinding kapiler yang mengedarkan darah ke mata dan menangkal radikal bebas sehingga mencegah kerusakan mata dan menjaga fungsi mata. Selain itu, antosianin  dapat melawan infeksi. Sehingga mengkonsumsi buah bilberry dapat dijadikan pilihan pengobatan blefaritis.

9. Tanaman euphrasia

Nama lain dari tanaman ini adalah eyebright. Dilihat dari namanya saja Anda pasti sudah dapat menebak bahwa tanaman ini baik untuk kesehatan mata. Tanaman euphrasia sudah lama digunakan untuk pengobatan mata. Kandungan gizi pada tanaman ini dapat mengatasi berbagai penyakit mata seperti ophthalmia,konjungtivitis dan juga blefaritis.

Baca Juga 10 Faktor Penyebab Penyakit Blefaritis

Sebagai organ yang sangat vital, penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Maka dari itu, perawatan serta pengobatan (bila sakit) wajib Anda lakukan untuk menjaga fungsi mata dan bisa menghindari penyakit berbahaya. Sembilan tanaman diatas merupan solusi herbal dalam pengobatan blefaritis.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top