Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Penyebab Mata Katarak Orang Dewasa yang Wajib Diperhatikan

Uncategorized

17 Penyebab Mata Katarak Orang Dewasa yang Wajib Diperhatikan

Katarak adalah gangguan yang terjadi pada mata yang dengan adanya kabut pada lensa mata dan tentunya akan membuat penglihatan menjadi tidak jelas. Untuk lensa mata yang masih normal maka akan transparan dan juga mengandung air yang sangat banyak. Untuk masalah mata seperti katarak memang banyak terjadi pada Negara- Negara yang tropis sehingga Negara Indonesia pun juga termasuk kedalam rentanya katarak. Karena Negara yang memiliki iklim tropis akan lebih memiliki sinar matahari yang banyak dan oleh karenanya sinar ultraviolet dari matahari itu juga dapat membuat mata kurang sehat.

Banyak dari penderita mata katarak adalah mereka yang sudah memiliki umur yang cukup banyak atau lansia. Dari data badan kesehatan yang meneliti mengatakan bahwa kurang lebih 90 % penderita kataraka adalah yang sudah memiliki usia 65 tahun ke atas. Katarak ini juga dapat menjadi penyebab dari kebutaan walaupun dapat di sembuhkan. Banyak dari penderta yang tidak menyadari bahwa mereka telah mengalami gejala dari mata katarak. Karena pada dasarnya mata katarak ini sangat lambat dlam masalah

17 Penyebab Mata Katarak Orang Dewasa yang Wajib Diperhatikan

Perkembangnya dan membuat orang pun tidak akan menyangka bahwa ia telah menderita mata katarak. Dan berikut ini adalah penyebab dan gejala mata katarak pada orang dewasa.

Penyebab mata katarak pada orang dewasa

1. Karena factor usia
2. Karena factor keturunan
3. Memiliki riwayat penyakit diabetes
4. Sering merokok
5. Karena terkena radiasi ion

Gejala dari mata katarak pada orang dewasa

1. Daya lihat saat malam terganggu

Untuk gejala yang pertama bagi penderita katarak adalag mata mereka akan buram jika digunakan melihat pada malam hari. Untuk gejala yang satu ini memang mirip sekali dengan gejala orang yang mengalami masalah min. Akan tetapi, jika penderita min ini juga tidak dapat melihat dengan jelas pada siang hari dan sedangkan katarak pada siang hari masih normal.

2. Mata jadi sensitif terhadap cahaya

Banyak dari penderita katarak tidak menyadari jika sensitive akan cahaya adalah merupakan salah satu gejala dari katarak. Untuk penderita katarak memanglah akan sangat sensitive sekali jika mataterkena cahay matahari ataupun cahaya lampu. Mata penderita akan terasa sakit dan silau jika terkena cahaya.

Loading...

3. Melihat lingkar cahaya di mana-mana

Karena mata penderita katarak tersebut terdapat gumpalan putih seperti awan yang mengakibatkan cahaya yang masuk ke mata menjadi pecah seperti lingkaran- lingkaran cahaya. Hal ini sangatlah mengganggu penderita karena jika pada malam hari bisa saja membuat penderita mengalami kecelakaan jika mengemudi.

4. Pandangan jadi ganda

Kemudian gejala yang berikutnya adalah mata penderita memiliki pandangan yang ganda. Hal ini di karenakan adanya penyebaran cahaya yang masuk kedalam mata sehingga membuta penderita melihat objeknya menjadi ganda ataupun dua. Walaupun pandangan ganda ini merupakan salah satu gejala dari katarak namun juga bisa gejala dari gangguan medis lain seperti tumor otak, pembengkakan kornea, sklerosis ganda, atau stroke.

5. Sering ganti kacamata

Sering bergonta- ganti kacamata juga salah satu gejala dari mata yang akan terkena katarak. Karena gejala awal maka katarak adalah jarak pandangan ke suatu objek semakin tidak jelas membuat mereka para penderita mengira bahwa mata min. akan tetapi, memang benar jika setelah menggunakan kacamata akan terlihat jelas kembali namun hal itu tidak akan bertahan dengan lama dan itulah sebabnya penderita sering bergonta- ganti kacamata.

6. Semuanya terlihat serba kuning

Jika penderita sudah mengalami gejala- gejala di atas akan tetapi masih di biarkan maka katarak juga akan semakin parah. Ini di karenakan adanya protein yang menutupi lensa mata sehingga mata pun saat melihat benda menjadi kuning dan juga kecoklatan. Dan ini membuat para penderita tidak dapat membadakan warna.

7. Yang bersih jadi tampak kotor

Gejala yang selanjutny adalah penderita akan selalu melihat benda- benda yang kotor padahal  aslinya benda itu merupakan benda yang bersih.

8. Kesulitan memperkirakan kedalaman atau ketinggian suatu obyek

Gejala yang berikutnya adalah penderita akan merasa kesulitan ketika menilai kedalaman dan ketinggian objek. Seperti pada saat melihat bak mandi maka penderita ini tidak akan tahu bahwa air yang ada di dalam bak mandi sudah seberapa banyak dan juga seberapa dalam.

9. Butuh cahaya lebih terang saat beraktivitas

Kemdian gejala yang selanjutnya adalah penderita akan selalu membutuhkan pencahayaan yang terang jika melakukan aktivitas seperti membaca, menjahit, menulis, atau membuat kerajinan.

10. Mata sering sakit

Penderita katarak ini juga akan sering merasakan sakit dan tentunya karena sering terkena paparan sinar mataharinya.

Baca Juga: 15 Penyebab dan Gejala Bibir Sumbing pada Tubuh

Gejala katarak lainnya

11. Pandangan mata yang remang- remang
12.  Mata yang tiba- tiba berawan

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai penyakit mata katarak. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top