Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

21 Penyakit Akibat Kekurangan Serat dan Gejalanya

Uncategorized

21 Penyakit Akibat Kekurangan Serat dan Gejalanya

Serat sangat penting untuk pertumbuhan tubuh dan sangat di anjurkan untuk rutin di konsumsi oleh anak-anak atau mereka yang masih dalam masa pertumbuhan, antara umur 8-19 tahun. Tidak hanya itu, manusia dewasa juga perlu dalam memenuhi asupan serat agar dapat terhindari dari penyakit-penyakit akibat kekurangan serat. Dalam satu hari, kita, sebagai manusia harus memenuhi asupan serat sebanyak 25-35 gr serat.
Penyakit Akibat Kekurangan Serat
Loading...
Jika Anda sampai kekurangan kandungan serat yang seharusnya tak boleh, tentu berakibat buruk untuk kesehatan. Salah satunya adalah gangguan pencernaan. Serat dikenal sebagai salah satu nutrisi yang sangat penting untuk pencernaan. Jika Anda mengalami sembelit atau segala gangguan yang terjadi pada system pencernaan Anda, bisa jadi itu disebabkan oleh kuranganya serat dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penyakit yang terjadi akibat kekurangan serat.

1. Sembelit

Sembelit menjadi salah satu gangguan yang terjadi pada perut. Banyak sekali gangguan yang bisa terjadi dan kemungkinan besar, sembelit terjadi akibat kekurangan serat dalam tubuh. Sembelit bisa terjadi karena adanaya penumpukan kotoran yang seharusnya keluar. Namun karena tak lancar, kotoran menumpuk dan terjadi sembelit.
Untuk mengatasinya, Anda dianjurkan untuk sesering mungkin memakan biji-bijian, sayuran, buah-buahan, air putih dan di bantu dengan olahraga secara rutin. Namun perlu Anda ingat, kelebihan serat juga dapat berakibat buruk bagi tubuh dan bisa juga berakibat sembelit. Untuk itu, seperti yang telah dianjurkan, Anda sebaiknya mengkonsumsi secara wajah yaitu 25-35 gr setiap hari.

2. Obesitas

Kekurangan serat bisa berakibat tubuh Anda bisa penuh dengan lemak. Seperti yang Anda ketahui, Serat sangat bermanfaat dalam melancarkan BAB atau proses pembakaran lemak menjadi tenaga. Jika misalnya hal tersebut menjadi tergganggu, tentu saja obesitas atau kelebihan berat badan bisa saja terjadi dan sulit dalam menurunkan obesitas.
Beberapa hal yag bisa Anda lakukan dalam menghilangkan obesitas adalah olahraga, konsumsi makanan yang kaya serat, hindari makanan dengan lemak dan kalori tinggi, banyak minum air putih dan pastikan memakan makanan bukan hanya serat, melainkan juga buah-buahan, sayur serta makanan bervitamin tinggi lainnya.

3. Kadar Gula Darah tak Stabil

Kekurangan serat juga bisa berakibat buruk pada tekanan darah Anda. Hal ini bisa mengakibatkan kekebalan tubuh menjadi tak stabil dan membuat darah Anda menjadi tak terkontrol. Karena hal ini juga, diabetes yang merupakan salah satu penyakit berbahaya juga bisa terjadi pada orang yang kekurangan serat. Maka dari itu, Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi serat yang cukup agar terindari dari kadar gula darah yang tak terkontrol.

4. Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Banyak hal yang bisa terjadi dan itu buruk jika Anda bermasalah dalam hal kesehatan ginjal. Untuk mengatasinya, pastikan asupan serat dalam tubuh sudah terjaga, olahraga yang cukup dan dibantu dengan minum air putih secukupnya. Hal itu juga bisa menjadi salah satu pencegah yang ampuh dalam mengatasi gangguan pada ginjal.

5. Mual

Mual terjadi karena gangguan pada pencernaan Anda. Banyak hal yang bisa mengakibatkan mual, salah satunya adalah Anda kurang dalam mengkonsumsi serat. Untuk mengatasinya, cukup dengan serat Anda sudah terjaga, perbanyak minum air putih, hindari makanan berkalori tinggi serta berlemak, hindari makan terlalu banyak dan bantu dengan pengobatan aroma terapi ringan.

6. Susah BAB

Susah dalam buang air besar banyak penyebabnya. Bisa terjadi karena apa yang Anda makan, kekurangan vitamin, dan kurangnya serat dalam tubuh. Untuk menanggulangi masalah ini tentu saja Anda mengkonsumsi makanan berserat dibantu dengan minum air putih secukupnya.

Penyakit Akibat Kekurangan Serat Lainnya:

7. Diare
8. Wasir/Ambeyen
9. Radang Lambung
10. Radang Usus
11. Sakit Perut
12. Usus Buntu
13. Diabetes
14. Diverticulosis
15. Batu Empedu
16. Gangguan pada Hati
17. Hernia
18. Hipertensi
19. Kanker Usus
20. Kencing Manis
21. Masalah Saluran Kencing
Namun perlu Anda tahu, dalam menjaga asupan gizi dan nutrisi khususnya serat Anda, Anda dianjurkan untuk tak terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan perut kembung, obesitas, dehidrasi dan sembelit.
Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top