Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Ketahui Bahayanya Penyakit Alzheimer yang Membuatmu Lupa Ingatan

Uncategorized

Ketahui Bahayanya Penyakit Alzheimer yang Membuatmu Lupa Ingatan

Penyakit alzheimer adalah suatu penyakit yang membuat memori atau ingatanserta fungsi lainnya menurun secara drastis. Penyakit ini ditandai dengan kebingungan ringan dan sulit mengingat-ingat sesuatu. Bahkan dampak yang paling buruknya, bisa menyebabkan penderitanya lupa dengan orang penting di dalam hidupnya.

Tingkah laku dan kepribadian penderita alzheimer akan berubah drastis setelah terjangkit penyakit ini. Penyebab alzheimer yang paling umum adalah dementia, yakni sekelompok gangguan otak yang mengakibatkan seseorang mengalami kehilangan kemampuan intelektual dan sosial. Untuk mewaspadai dan menangani penyakit alzheimer secara dini akan lebih baik kamu menyimak ulasan-ulasan lengkap tentang alzheimer.

Tanda atau gejala alzheimer

Gejala yang timbul pada diri penderita karena alzheimer berbeda-beda. Tergantung tingkat keparahan penyakitnya dan biasanya penderita tidak menyadari kalau dirinya terkena alzheimer. Adapun gejala yang sering ditunjukkan oleh tubuh adalah :

Ingatan atau memori pada otak
Lupa ingatan sementara wajar terjadi pada setiap orang, terkadang sesekali orang lupa nama orang lain atau benda yang ditaruhnya sendiri. Tapi, pada penyakit alzheimer kondisi ini semakit buruk dan sering terjadi. Penderita akan sering mengulangi pertanyaan atau pernyataan yang dibicarakan tanpa menydari hal itu.

Bisa lupa dengan percakapan yang baru saja atau lupa akan acara yang baru dijadwalkan. Seringkali pergi ke suatu tempat tapi tidak mengetahui tujuannya dan sering lupa pada lokasi yang telah lama dikenalnya. Tak hanya itu penderita alzheimer juga bisa melupakan nama anggota keluarga atau teman terdekatnya. Bahkan lupa terhadap kebiasaan yang dilakukannya setiap hari dan sulit menemukan kata yang cocok untuk menjelaskan sesuatu yang ingin diungkapkannya.

Loading...

Kemampuan dalam berpikir
Seseorang yang mengalami alzheimer akan sulit untuk fokus atau konsentrasi dan berpikir khususnya yang berkaitan dengan angka. Pengelolaan keuangan dan membayar tagihan tepat pada waktunya mungkin bisa menjadi hal yang sulit bagi penderita penyakit ini.

Membuat keputasan
Gejala alzheimer yang paling sering dialami adalah sulit memutuskan apa yang terjadi. Respon terhadap suatu masalah bisa menjadi kurang efektif dan sangat lamban.

Kemampuan dalam merencanakan sesuatu
Pada aktivitas rutin yang memerlukan langkah berurutan akan menjadi sangat sulit dan bertambah parah bagi seseorang alzheimer. Yang akhirnya dia lupa cara-cara kegiatan sehari-hari, seperti mandi, berpakaian dan makan.

Terjadinya perubahan sikap dan perilaku
Bukan hanya lupa akan kegiatan sehari-hari tapi, penyakit alzheimer bisa membuat orang mengalami perubahan perilaku dan emosi. Beberapa kondisi yang dialami adalah depresi, minder dan menarik diri dari lingkungan, sulit percaya dengan orang lain dan kebiasaan tidurnya berubah. Selain itu, juga mengalami delusi atau percaya terhadap sesuatu padahal sebenarnya tidak terjadi.

Penyebab penyakit alzheimer

Beberapa penelitian terungkap bahwa penyebab alzheimer adalah faktor genetik, pola hidup dan faktor lingkungan yang berdampak ke otak. Walaupun penyebabnya belum diketahui secara pasti, tapi bisa dipastikan kalau alzheimer mampu membunuh sel-sel dan menyebabkan keruasakan pada otak.

Semakin banyaknya sel otak yang rusak, maka dapat terjadi penyusutan otak secara signifikan. Menurut penelitian ada dua jenis keabnormalan di otak yakni karena adanya plak di otak dan transportasi sel otak bermasalah.

baca juga :  10 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Penyembuhan Pasca Operasi Caesar


Pengobatan alzheimer

Cara yang paling efektif dan tepat dalam menangani penyakit alzheimer adalah dengan berkonsultasi kepada dokter. Sehingga, dokter memberikan langkah pengobatan yang terbaik bagi penderitanya. Selain dengan pemberian obat-obatan, biasanya akan dilakukan terapi penyesuaian diri dengan lingkungannya.

Dalam melakukan terapi, peran keluargalah yang paling penting. Keluarga dapat mengajarkan kembali secara perlahan apa yang dia lupa terutama untuk aktivitas sehari-hari. Olahraga dan memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh penderita alzheimer juga penting.

Usahakan setiap hari agar penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung omega 3, curcumin, ginkgi dan vitamin E. Nutrisi-nutrisi itu dapat mencegah keruasakan sel otak yang lebih parah dan sebagai anti-inflamasi serta anti-oksidan.

Sungguh memprihatinkan jika terkena penyakit alzheimer. Dengan kamu mengetahui hal ini, kamu lebih bisa waspada terhadap gejala alzheimer dan menghindari penyebabnya sebisa mungkin.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top