Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

10 Akibat Penyakit Berlebihan Asam Folat Bagi Tubuh

Uncategorized

10 Akibat Penyakit Berlebihan Asam Folat Bagi Tubuh

Asam folat merupakan vitamin yang sering disebut sebagai B9. Kandungan ini sangat bermanfaat, khususnya untuk perkembangan janin dan otak. Hal tersebut membuat asam folat sangat cocok untuk di konsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Namun Anda sebaiknya tak boleh mengkonsumsi asam folat yang berlebihan karena bisa berakibat buruk untuk tubuh Anda. Perlu Anda tahu batas-batasan, baik usia dan berapa asam folat yang baik dalam seharinya.

Penyakit Berlebihan Asam Folat

Untuk usia dibawah 3 tahun, manusia memerlukan sekitar 300 mcg asam folat, 4-8 tahun memerlukan 400 mcg, remaja sebanyak 800 mcg dan untuk orang dewasa memerlukan 100 mcg setiap harinya. Berikut ini adalah beberapa efek kelebihan asam fiolat yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh.

1. Merusak Penyerapan Vitamin B12

Vitaim B12 dikenal sebagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Vitamin B12 juga merupakan anak dari vitamin B yang sangat bagus untuk kesehatan. Namun penyerapan vitamin B12 yang dilakukan oleh tubuh menjadi terganggu akibat tubuh memiliki asupan asam folat yang berlebihan.

2. Sulit Tidur

Insomnia atau silit tidur bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah pengkonsumsian B9 atau asam folat berlebihan dalam tubuh. Untuk mengatasinya, Anda perlu membatasi asam folat dan membantu dengan olahraga teratur. Beberapa penyebab insomnia lainnya adalah sering begadang, efek obat tidur dan efek obat pelangsing.

3. Ruam Kulit

Ruam merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada kulit, ditandai dengan gatal-gatal dan Nampak kemerahan.  Hal ini bisa terjadi Karena tubuh kelebihan asam folat atau vitamin B9. Ruam pada kulit juga bisa disebabkan oleh beberapa penyakit lain seperti epilepsy, efek tetanus dan meningtitis.

4. Kejang

Kejang bisa terjadi jika dosis asam folat terlalu banyak didalam tubuh. Selain kelebihan asam folat, kejang juga bisa di picu oleh hal lain seperti epilepsy, tetanus dan lainya. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu terus memerhatikan asupan gizi dan nutrisi yang masuk dalam tubuh. Khususnya vitamin B, asam folat juga menjadi salah satu nutrisi penting yang harus dijaga agar tidak berlebihan.

Loading...

5. Kesemutan

Kesemutan pada umumnya menyerang bagian tubuh seperti tangan dan kaki. Penyebabnya beragam, salah satunya adalah karena kelebihan asam folat dalam tubuh. Kesemutan juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin B12.

6. Mati Rasa Jangka Panjang

Tubuh yang mati rasa bisa saja terjadi akibat kelebihan asam folat dalam tubuh. Untuk membuatnya seimbang agar tak terkena mati rasa lagi, Anda perlu secara rutin memenuhi asupan gizi dan nutrisi khususnya vitamin B12 serta membatasi asam folat yang masuk dalam tubuh. Jika tak diatasi sejak dini, bisa-bisa tubuh Anda akan menjadi rusak, baik otot maupun tulang Anda.

7. Mual

Mual bisa terjadi akibat banyak zat atau makanan yang masuk ke tubuh. Kelebihan asam folat menjadi salah satu alasan utama bisa terjadi mual. Mual karena berlebihan asam folat bisa berakibat pada tubuh lain, seperti terasa pahit pada mulut, keringat dingin yang sering dan termasuk gejala dari darah rendah.

8. Lelah

Lelah bisa diakibatkan karena kelebihan asupan asam folat dalam tubuh. Selain itu, lelah bisa diakibatkan oleh hal lain seperti kurangnya protein dalam tubuh, sering begadang dan sering lembur. Beberapa ciri khas dari lelah karena kelebihan asam folat adalah lelah namun tak bisa tidur.

9. Hipertensi

Penyakit ini juga disebut sebagai tekanan darah tinggi. Penyakit ini bisa diakibatkan karena asam folat yang terlalu banyak dalam tubuh dan merusak system dalam darah.

10. Mengganggu Kesehatan Otak

Meski jarang terjadi, namun beberapa kasus membuktikan kalau tubuh yang memiliki asam folat yang berlebihan bisa menimbulkan efek pada otak. Hal ini bisa membuat pikiran menjadi kacau, bingun, diri Anda tak bisa berkonsentrasi dan fokus seperti biasanya.


Baca juga: 26 Penyebab dan Gejala Asma

Beberapa trik dapat Anda coba dalam membatasi asupan B9 atau asam folat adalah membuat variasi makanan sehat dan hindari suplemen B9 serta perbanyak mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi dan nutrisi penting lainnya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top