Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Kenali Penyakit Liver yang Menyerang Organ Hati

Uncategorized

Kenali Penyakit Liver yang Menyerang Organ Hati

Penyakit liver adalah kerusakan fungsi organ hati yang sudah cukup parah. Hati adalah organ besar di dalam tubuh yang terletak di sebelah kanan bawah tulang rusuk dan mempunyai banyak fungsi. Perlu kamu ketahui juga zat yang mengandung racun akan dibuang ke organ hati bersamaan dengan cairan empedu menuju usus.

Penyakit liver termasuk penyakit yang mematikan karena mengingat begitu banyak fungsi hati yang berkaitan dengan kelangsungan hidup. Penyebab penyakit ini bermacam-macam, selain pola hidup yang tidak sehat, sering minum alkohol dan virus. Apabila hati terganggu atau kinerjanya semakin berat dan akhirnya mengakibatkan penyakit liver.

Sebelum mengetahui macam-macam penyakit liver sebaiknya, kamu ketahui dulu tentang fungsi organ ini di dalam tubuh. Dengan begitu kamu menyadari betapa pentingnya hati bagi tubuhmu sehingga harus dijaga kesehatannya.

Fungsi hati

  • Menyaring darah
  • Membuat empedu, untuk proses pencernaan lemak
  • Mengikat dan memproses lemak pada pengangkutnya atau protein termasuk kolesterol. Gabungan lemak dan protein yang disebut lipoprotein (LDL, HDL, VLDL, Chylomicron).
  • Menyimpan gula, mengangkut dan menghemat energi
  • Memproduksi protein-protein penting, seperti dalam pembekuan darah.
  • Membantu metabolisme obat-obatan seperti amphetaines, sedatives dan barbiturates.
  • Menyimpan vitamin A, D dan beberapa vitamin B.
  • Membuat protein-protein yang penting, seperti albumin yang berguna untuk mengatur pengangkutan cairan di dalam darah dan ginjal.
  • Mengurai dan mendaur ulang sel-sel darah merah.

Apabila terjadi peradangan atau infeksi pada hati maka, kemampuannya menjadi lemah dan menyebabkan berbagai infeksi. Infeksi ini dikarenakan oleh beberapa mikroorganisme jahat seperti, virus, bakteri dan juga perubahan kimia di dalam tubuh. Tapi yang paling umum kerusakan hati adalah karena kekurangan gizi atau malnutrition, terutama akibat dari kecanduan alkohol.

Jenis penyakit liver
Penyakit ini dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain sebagai berikut :

Loading...

Penyakit hepatitis sering disebut dengan radang hati. Hepatitis adalah infeksi virus hepatitis A, B, C, D dan E yang menyebabkan peradangan pada sel-sel hati.

Sirosis hati merupakan kondisi penyakit pada organ hati yang sudah memasuki tahap lebih parah. Dimana hati sudah kehilangan fungsinya karena jaringan normalnya digantikan oleh jaringan fibrosis dan mempengaruhi struktur normal serta regenerasi sel-sel hati. Sirosi hati disebabkan oleh virus hepatitis B dan C yang bertambah parah atau karena penyakit lainnya yang mengakibatkan saluran empedu tersumbat.

Kanker hati (hepatoma atau carcinoma heptoselluler) adalah kanker primer yang berkembang di jaringan hati berasal dari epitel atau sel parenkim saluran empedu atau metastase dari jaringan tumor lain. Hepatoma adalah komplikasi akhir yang paling serius dari sirosis akibat dari virus hepatitis B, C dan Hemochromatosis.

baca juga : 6 Langkah Mudah Untuk Menjaga kebersihan dan Kesehatan Usus 

Perlemakan hati adalah penyakit liver yang terjadi pada seseorang yang obesitas, kondisi ini terjadi karena timbunan lemak yang berlebihan di sel-sel hati. Sehingga, jaringan normal hati digantikan dengan lemak jahat. Hal ini membuat organ hati membesar, lebih berat dan berpotensi merusak jaringan hati.

Kolestasis dan jaundice adalah keadaan yang disebabkan karena gagal memproduksi atau berkurangnya aliran empedu di jalur antara sel-sel hati dan usus 12 jari, sehingga tubuh gagal dalam menyerap lemak dan vitamin A, D, E, K. Apabila aliran empedu terhenti, sedangkan hati terus menghasilkan bilirubin yang masuk ke peredaran darah, lalu mengendap pada kulit, akhirnya di buang melalui kencing. Kondisi seperti itu disebut dengan jaundice atau sakit kuning.

Hemochromatosis adalah bentuk kelainan metabolisme zat besi yang dintandai oleh pengendapanzat besi secara berlebihan di jaringan. Penyakit tersebut bersifat genetik atau keturunan.

Itulah pengertian dari penyakit liver beserta jenis-jenisnya yang bisa kamu jadikan sebagai pengetahuan dalam menjaga kesehatan tubuh.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top