Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

33 Penyebab Penyakit Amenorea yang Membuat Menstruasi Terhenti

Uncategorized

33 Penyebab Penyakit Amenorea yang Membuat Menstruasi Terhenti

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu sebutan penyakit di dalam dunia kesehatan, salah satunya amenorea ini. Amenorea adalah dimana ketika seorang wanita atau perempuan yang seharusnya mengalami menstruasi menjadi tidak menstruasi. Normalnya menstruasi meliputi interaksi antara komplek hipotalamus-hipofisi-aksis indung telur serta organ reproduksi yang sehat, inilah yang menjadikan salah satu penyebab amenorea.

Walaupun pengertian amenorea sepertinya terjadi pada wanita tetapi amenorea juga dapat dialami oleh pria pria. Amenorea yang dapat dialami pada pria ini disebut amenorea primer. Pengertian amenorea primer yakni seorang wanita yang tidak mengalami masa menstruasi untuk pertama kalinya atau tidak haid sama sekali. Pria yang mengalami amenorea primer dimana kondisi kesuburannya tidak normal, untuk lebih dalam kenali penyebab amenorea.

Penyebab Amenorea, Penyebab Penyakit Amenorea, Penyebab Amenorea Menstruasi Tidak Teratur

1. Terlalu Kurus

Hati-hati dengan anda yang diet berlebihan sehingga mengalami terkena penyakit bulimia dimana kondis ini dapat mengundang amenorea. Alasannya jika anda yang mengalami berlebihan/ salah program diet menyebabkan anda kekurangan gizi selama bertahun-tahun sehingga timbul penyakit yang dapat menjadikan anda terserang amenorea. penyakit amenorea ini lebih banyak dialami oleh wanita yang berusia produktif.

2. Tidak Memiliki Rahim

Tidak semua wanita terlahir memiliki Rahim, karena ada juga wanita yang terlahir tidak memiliki rahim atau tidak memiliki lubang selaput yang menghalangi vagina. Maka wanita tersebut akan mengalami haid selama hidupnya. Kelainan reproduksi ini terbentuk ketika masih berada di dalam kandungan yang di karenakan ketika hamil ibunyaa memiliki haya hidup yang buruk. Seperti mengonsumsi obat-obatan.

3. Mengalami Hipoglikemia

Kondisis ini dapat menyebabkan amenorea pada pria ataupun wanita. Karena,  hipoglikemia ini dimana kadar gula dalam darah sanagt sedikit hingga dibawah batas normal dan tidak segera di obati.

4. Disgenesis Gonad

Disgenesis gonad ini hanya dapat menyerang kaum wanita saja, karena dimana kondisi ini seorang wanita hanya memiliki satu kromosom yaitu kromosom X sehingga kromosom X mendominasi dan dapat menyebabkan tubuh menjadi lambat pertumbuhannya. Disgenesis membawa dampak seorang wanita tidak dapat menstruasi dan dapat kehilangan kecerdasan.

Loading...

5. Sedang Hamil

Sedang hamil yang dimaksud ini tidak dapat menjaga pola makan seperti memakan junk food yang berlebihan dengan jangka panjang, merokok terkadang masih banyak wanita-wanita yang tetap merokok walaupn telah di beri peringatan yang membawa dampak buruk. Minum-minuman yang beralkohol, makanan dan minuman yang di konsumsi tersebut masuk ke dalam plasenta. Sehingga janin mengalami kerusakan reproduksi di kemudian hari.

6. Syndrome Feminisasi Testis

Syndrome ini terjadi karena kelainan genetispada pria dan wanita sehinggga pasangan ini sulit mendapat keturunan. Penyebabnya gangguan dalam metabolism endokrin pada janin , dimana tidak ada kepekaan jaringan alat-alat genetalia terhadap androgen yang dihasilkan secara normal oleh testis janin.

7. Herma Frodite

Herma frodite adalah kasus kepemilikan dua jenis kelamin sering kali menyerang hewan darat seperti jenis siput atau tumbuhan yang dapat melakukan penyerbukan sendiri. Namun, herma frodite juga dapat menyerang pada manusia walaupun tergolong langkah.

8. Penyakit Akut yang Menahun

Seseorang yang sudah memiliki riwayat akut akan sulit disembuhkan misalnya kanker yang tumbuh di area reproduksi sehingga kondisi tersebut dapat mengundang penyakit amenorea datang.

9. Penyakit Cushing

Penyakit yang berkaitan dengan sel-sel tubuh sehingga membuat wajah membesar atau bengkak dan perut menjadi buncit. Namun lengan dan kaki menjadi sangat kecil, kondisi ini awalnya sering terserang sakit kepala, gangguan penglihatan, vagina keringdan mudah iritasi atau gatal-gatal.

10. Gangguan Jantung

Gannguan jantung yang terbentuk sejak lahir misalnya kelainan katub jantung. Adanya flek-flek yang ada pada jantung atau jantung berlubang yang terjadi karena peradangan dapat menyebabkan kinerja jantng melemah. Sehingga menjadikan resiko terserang penyakit amenorea 2 kali lenih cepat dari penyebab amenorea lainnya.

Baca Juga 14 Dampak Penyebab Penyakit Anyan Epilepsi

23 Penyebab Amenorea Lainnya:

11. Kelainan Sejak Lahir
12. Kromosom Tidak Sempurna
13. Penyakit Obesitas
14. Fibrosis Kistik
15. Kraniofaringioma
16. Tumor Ovarium
17. Hipotirodisme
18. Syndrome Adrenogenital
19. Syndrome Prader Willi
20. Ovarium Polikista
21. Hiperplasia Adrenal Kongenital
22. Factor Emosional
23. Psikologis yang Tidak Stabil (stres)
24. Bobot Badan Menurun Secara Signifikan
25. Olahraga Terlalu Berat
26. Lemak Dalam Tubuh Sedikit
27. Mengkonsumsi Cairan Hormone Tertentu
28. Kegemukan
29. Kelainan dan Rusaknya Fungsi Endokrin
30. Penggunaan obat-obatan
31. Gangguan Rahim
32. Proses Alami Menopause
33. Hipogonadisme Hipogonadotropik.

Banyak sekali bahaya penyebab amenorea, agar hidup anda sehat lakukan pencegahan yang agar anda terhindar dari amenorea. Mulai saat ini konsumsilah makanan yang sehat dan lakukan olahraga agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top