Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

13 Dampak Penyebab Betis Mengalami Kram

Uncategorized

13 Dampak Penyebab Betis Mengalami Kram

Penyebab betis kram setelah bangun tidur karena adanya ‘otot kaget’. Maksudnya adalah ketika anda bangun tidur, lantas posisi kaget. Sehingga langsung menggerakan otot secara tiba – tiba. Padahal kondisi otot harus ada jeda dari sejak ia rileks sampai mau kontraksi .

Memang kondisi ini akan membuat betis anda menjadi kaku. Hanya sekitar hitungan detik sampai menit. Jika penyebabnya bukan karena masalah serius, tak usah khawatir dengan pengobatannya. Biasanya dengan membiarkan rasa kaku ini reda sendirinya. Ada beberapa penyebab betis kram Berikut adalah penjelasan lengkapnya :

Penyebab Betis Kram, Dampak Penyebab Betis Kram, Penyebab Betis Mengalami Kram

1. Adanya sirkulasi darah yang terhambat

Penyebab betis kram yang pertama berdasarkan hasil penelitian yang di lansir pada Bold Sky menyebutkan, bahwa adanya masalah sirkulasi darah pada bagian betis bisa menyebabkan kram. Maksudnya adalah sistem peredaran darah anda memang kondisinya kurang baik. Beberapa sayuran penambah darah juga bisa membantu mengatasi sirkulasi darah.

2. Karena cidera pada betis

Penyebab kondisi kram pada betis juga bisa karena adanya  cidera. Hal ini banyak di jumpai pada atlet dan olahragawan yang sering latihan berat. Biasanya mereka membuat bagian beberapa otot menegang. Untuk mengantisipasinya maka perlu melakukan pemanasan sebelum olahraga. Jika sudah terlanjur, bisa memberikan krim untuk mengatasi otot menegang.

3. Kandungan mineral esensial

Beberapa orang yang mengalami masalah kram pada betis juga bisa di sebabkan karena kurangnya kandungan mineral esensial. Seperti apakah mineral essensial itu ? Mineral jenis ini seperti elektrolit tubuh yang fungsinya menjaga kestabilan otot. Jika anda memiliki cukup nutrisi ini, bisa mengatasi rasa kram tersebut. Salah satunya dengan konsumsi sayuran yang banyak.

4. Gejala Kehamilan

Kram pada betis ini juga bisa menjadi gejala awal bahwa anda sedang memasuki masa kehamilan. Sebab, janin yang ada pada perut anda menarik sebagian besar mineral yang ada pada tubuh untuk membantu perkembangannya. Misalnya seperti kandungan kalisum dan magnesium. Ini yang menyebabkan wanita hamil memiliki sirkulasi darah yang lambat.

Loading...

5. Gejala dehidrasi

Tubuh yang kekurangan cairan bisa membuat sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Apalagi di bagian sistem syaraf pusat dan otak. Untuk mengatasinya, cukup dengan konsumsi air minur yang cukup. Tertama minum air putih saat bangun tidur.

6. Adanya tekanan pada syaraf

Tulang belakang manusia adalah bagian yang cukup penting. Ketika bagian tersebut mendapat tekanan dari luar, terutama bagian syaraf, maka bisa menyebabkan kram pada betis. Syaraf yang berasal dari bagian vertebrae bisa menyalur sampai bagian betis. Akibatnya pada kaki bisa menyebabkan kram.

7. Tidak adanya suplai darah

Kurangnya suplai darah menuju bagian tersebut. Sehingga otot yang ada di sana tidak mendapatkan asupan nutrisi. Hal in membuat otot menjadi kaku, akhirnya muncullah rasa kram. Biasanya pada bagian arteri kekurangan pasokan darah yang ada dari dalam tubuh. Hal ini biasa terjadi pada orang – orang yang suka melakukan olah raga berlebihan.

8. Adanya efek samping obat – obatan

Mungkin anda yang mengalami kram bukan ornag yang senang olah raga. Sebab rasa kram yang ada di betis juga bisa menjaring orang – orang yang sedang mengkonsumsi obat –obatan tertentu. Hal ini merupakan gejala efek samping yang di timbulkan dari obat tersebut. Beberapa jenis obat yang bisa memicu keadaan kram pada betis ini adalah obat steroid, statin, diuretik, sampai pada pil kontrasepsi.

9. Kondisi air yang dingin

Keadaan kram pada bagian kaki juga bisa di sebabkan karena adanya pncaran air yang dingin. Misal dengan melakukan renang terlalu lama atau berenang namun belum mempersiapkan pemanasan terlebih dahulu. Sehingga membuat otot jadi menegang. Selain itu, anda yang biasa melakukan mandi malam hari juga bisa menyebabkan kram pda betis. Apalagi ketika sedang hujan – hujanan dingi di luar.

10. Malas berolahraga

Tidak melakukan olah raga bisa menyebabkan resiko kram pada bagian betis. Otot yang tidak pernah di gerakkan malah menyebabkan ia jadi kaku. Sehingga ketika di gerakkan sedikit, bisa berkontraksi secara berlebihan. Hal ini yang menyebabkan seseorang malas berolahraga cenderung lebih sering mengalami kram bagian betis.

Baca Juga 15 Tanda Penyakit Jantung Tersumbat yang Perlu Diwaspadai

Selain 10 penyebab betis kram, ada 3 penyebab betis kram lainnya yang perlu anda ketahui, Berikut ini penyebabnya:

11. Gangguan hormone
12. Faktor usia
13. Infeksi seperti tetanus

Itulah beberapa penyebab betis kaki sering kram yang perlu anda ketahui, agar bisa segera anda atasi. Semoga ulasan di atas bermanfaat. Hindarilah berbagai macam aktivitas yang bisa menyebabkan betis kram. Hal ini perlu dilakukan jika mengalami kram secara terus menerus sangatlah berbahaya bagi otot bahkan bisa menimbulkan penyakit.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top