Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

16 Penyebab Dada Kiri Sakit yang Sering Terjadi

Uncategorized

16 Penyebab Dada Kiri Sakit yang Sering Terjadi

Penyebab Dada Kiri Sakit – Penyebab dada kiri sakit sering di kaitkan dengan masalah jantung, namun bisa juga karena hal lain yang menyebabkan bagian tersebut sangat sakit. Apabila dada anda merasakan nyeri yang tidak tertahankan segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan tindakan medis dengan segera.

Dengan mengetahui apa saja yang menjadi penyebab dadi kiri sakit secara keseluruhan, akan membuat anda menjadi waspada dengan penyakit yang bisa saja dianggap sepele namun ternyata penyakit yang mematikan. Apa saja yang menjadi penyebab dada kiri sakit, berikut ini adalah daftarnya.

Penyebab Dada Kiri Sakit

1. Herpes zoster

Salah satu penyebab dada kiri sakit yang paling umum dikarenakan penyakit herpes zoster. Dada nyeri yang disebabkan oleh penyakit ini tidak melulu terjadi pada bagian kiri, bisa jadi yang sakit adalah bagian kanan. Jadi intinya penyakit herpes zoster akan menimbulkan nyeri yang sangat menyakitkan pada salah satu bagian dada.

2. Radang paru – paru

Radang paru – paru atau dalam istilah medis disebut dengan pneumonia merupakan infeksi yang terjadi pada organ paru – paru manusia. Salah satu gejala yang umum ditimulkan yakni sakit pada dada terutama bagian kiri. Biasanya juga dibarengi dengan sesak napas dan batuk.

3. Cedera fisik

Sakit pada dada kiri tidak hanya disebabkan oleh gangguan organ dalam. Namun bisa saja dikarenakan adanya cedera fisik yang dapat menimbulkan memar, tegang otot, atau saraf terjepit. Jadi apabila anda mengalami cidera pada bagian dada, segera periksa ke dokter untuk mengetahui kesimpulan apa yang menjadi penyebab sakit pada dada.

4. GERD

GERD merupakan singkatan dari Gastroespophageal Reflux Disease merupakan gangguan pencernaan dimana asam lambung naik ke organ kerongkongan. Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh gangguan ini biasanya terjadi pada ulu hati hingga dada bagian kiri. Biasanya rasa nyeri yang ditimbulkan akan lebih hebat ketika anda berbaring.

Loading...

5. Maag

Penyebab dada terasa sakit berikutnya yakni karena terkena penyakit maag, yang notabene akan menimbulkan rasa perih pada bagian ulu hati, tak jarang pula yang merasakan sakitnya hingga dada kiri. Anda bisa mengurangi masalah tersebut dengan minum obat maag yang dijual di toko obat.

6. Pneumothoraks

Pneumothoraks merupakan kondisi dimana satu atau lebih kantong udara / alveolus pecah. Seseorang yang mengalami hal tersebut biasanya akan sesak napas disertai dengan sakit pada area dada. Salah satu penyebab terbesar dari penyakit ini adalah kurang bersihnya udara lingkungan atau disebabkan oleh asap rokok yang selalu di hirupnya.

7. Kurang tidur

Tidur seharusnya dilakukan dengan porsi yang cukup setiap harinya yaitu 8 jam dalam sehari. Hal ini dikarenakan organ tubuh harus istrirahat dalam melakukan tugas berat. Apabila seseorang kurang tidur, organ dalam tubuh juga akan mengalami kelelahan, terutama pada bagian jantung dan paru – paru yang sangat penting fungsinya di dalam tubuh. Akibatnya dada akan terasa sangat sakit. Oleh sebab itu sudah sebaiknya hindari kebiasaan buruk begadang yang tidak perlu.

8. Stress

Banyak survey yang mengatakan, salah satu penyebab terbesar dari penyakit mematikan di dunia adalah karena pikiran yang tidak jernih, salah satunya yaitu stress. Seseorang yang stress akan memiliki risiko yang sangat tinggi terhadap kesehatan tubuh. Biasanya organ yang sangat rentan mengalami gangguan karena stress yakni otak dan jantung. Tidak heran bahwa stress akan menimbulkan efek negatif pada dada manusia.

9. Asma

Asma merupakan gangguan pada saluran pernapasan manusia sehingga akan menyebabkan sesak napas. Napas yang tidak lancar akan menyebabkan dada akan merasakan sakit yang luar biasa.

10. Serangan jantung

Apabila anda mengalami sakit dada kiri yang tak kunjung sembuh, hal tersebut perlu di curigai. Hal ini dikarenakan sakit pada area tersebut mungkin saja disebabkan oleh serangan jantung terjadi cukup cepat.

11. Angina pectoris
12. Angin duduk
13. Perikarditis
14. Kardiomiopati
15. Miokarditis
16. Fibromyalgia

Penyebab dada kiri sakit memang bayak ditimbulkan oleh beberapa foktor. Mengingat dada yang sakit pada bagian kiri kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit yang berbahaya, sebaiknya jangan menganggap sepele rasa sakit pada dada dan segera lakukan pemeriksaan medis.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top