Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Penyebab dan Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih atau Anyang-Anyangan

Uncategorized

Penyebab dan Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih atau Anyang-Anyangan

Cara mengobati infeksi saluran kemih (ISK) atau anyang-anyangan bisa menggunakan cara alami. Terdapat antibiotik alami yang akan membantumu dalam menyembuhkan infeksi ini dalam waktu singkat. ISK terjadi karena organ dalam saluran kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra mengalami infeksi.

Infeksi saluran kemih bisa dialami oleh siapa saja, tapi wanitalah yang lebih rentan terhadap penyakit ini. Sebab, saluran uretra pada wanita lebih pendek. Penyebab infeksi saluran kemih yang paling umum adalah infeksi dari bakteri E. Coli (Escherichia coli) yang memang hidup di saluran cerna.

Bakteri ini diperkirakan masuk ke saluran uretra seseorang saat tidak fit dalam melakukan pembersihan setelah buang air kecil atau besar. Penyebab infeksi kandung kemih lainnga adalah karena iritasi setelah berhubungan intim. Dan juga akibat terganggunya kinerja pengosongan urin karena kondisi tertentu, misalnya akibat batu ginjal.

Biasanya seseorang akan merasakan buang air kesil terus-menerus walau sulit keluar, mengalami tekanan dan rasa sakit. Terkadang juga merasakan sensasi terbakar saat buang air kecil serta menemukan bercak darah di dalam urine. Nyeri punggung, demam atau meriang juga termasuk gejala ISK. Pada banyak kasus, penyakit ini bisa sembuh sendirinya, tapi jika yang dialami gejala sistitis harus segera periksa ke dokter.

Tentu sangat mengganggu jika kamu terkena penyakit ini, untuk itu perlu tahu bagaimana cara mengobati infeksi saluran kemih. Nah, kamu bisa mempraktekkan resep berikut ini di rumah untuk mengobati anyang-anyangan yang kamu derita. Yuk, simak ulasannya!

Inilah obat anyang-anyangan secara tradisional

Bahan yang diperlukan :

Loading...
  • 250g akar peterseli
  • 250g kulit lemon
  • 250g madu murni
  • 200ml minyak zaitun

Pembuatanya :
Potong akar peterseli kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam blender bersama dengan kulit lemon, madu dan minyak zaitun. Setelah dihaluskan menggunakan blender simpan di dalam kulkas semalaman. Kemudian, keesokan harinya minum satu sendok makan ramuan dan lakukan secara rutin sampai infeksi saluran kemih benar-benar hilang.

Pastikan madu yang kamu pakai merupakan madu organik dan lemon yang bebas pestisida. Apabila kamu membeli lemon di toko buah atau supermarket, cuci dulu dengan air yang dicampur baking soda. Sehingga, kandungan racun dan pestisidanya hilang. Jangan lupa juga cuci akar peterseli sebelum menggunakannya.

Tips:
Agar cara mengobati infeksi saluran kemih berhasil, hindari kafein dan coklat selama mengkonsumsinya. Karena sifat kedua bahan ini justru membantu bakteri dalam menyerang saluran kemih. Jadi pengobatan akan percuma.

Selain menggunakan akar peterseli kamu juga bisa memanfaatkan jus seledri untuk membantu menyembuhkan infeksi saluran kemih. Jus seledri akan melawan bakteri yang mengganggu sistem kemih. Usahakan minum air putih lebih banyak dan makan mentimun agar urine lancar dan terbuang maksimal.

baca juga  : Minyak Oregano Sebagai Antibiotik Alami

Kamu pun bisa menggunakan larutan baking soda yang akan berfungsi sebagai alkali untuk memberantas bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Caranya, tuangkan 1sdt baking soda ke dalam segelas air putih. Setelah larut konsumsilah, tapi hindari konsumsi garam selama terapi ini karena bisa menyebabkan penyakit ginjal.

Jangan tahan kencing ketika selama mengalami infeksi ini karena bisa menyebabkan bertambah suburnya perkembangan bakteri di dalam kemih. Ketika kamu buang air kecil bakteri akan ikut keluar bersamaan urine. Jaga kebersihan dan kesehatan saluran kencing setiap saat untuk mencegah infeksi ini kambuh.

Nah, itulah penyebab dan cara mengobati infeksi saluran kemih dengan resep tradisional dari bahan-bahan alami. Jika kamu masih ragu dalam menggunakan resep ini, sebaiknya konsultasikan pada dokter.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top