Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Penyebab Dan Cara Mengobati Polip Hidung Tanpa Operasi

Uncategorized

Penyebab Dan Cara Mengobati Polip Hidung Tanpa Operasi

Polip hidung adalah suatu kondisi kesehatan dimana terjadi pertumbuhan selaput lendir hidung dan pertumbuhan tersebut masih bersifat jinak. Penyebab terjadinya polip tersebut belum diketahui, tetapi pada sejumlah kasus polip tumbuh karena terjadi pembengkakan akibat infeksi. Kasus polip juga sering ditemukan pada penderita penyakit rinitis alergika, penyakit sinusitis kronis, penyakit fibrosis kistik dan bahkan penyakit asma. Pada anak-anak polip akan menyebabkan suara mereka menjadi sengau karena mereka harus bernapas melalui mulut karena suslit untuk bernafas melalui hidung. Meski umumnya terjadi pada anak anak, namun polip juga biasanya dapat menyerang orang dewasa yang disebabkan oleh terjadinya suatu reaksi hipersensitif atau juga dapat dari suatu reaksi alergi yang terjadi pada bagian mukosa hidung yang umumnya akan berlangsung lebih lama. Pada beberapa kasus lain yang bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya akibat polip hidung seperti :
a) Iritasi
b) Penyakitsinusitis
c) Pembesaran pada bagian konka
d) Atau juga terjadi sumbatanyangterjadipadahidungkarenasuatukelainanAnatomi

Faktor genetik dianggap berperan dalam etiologi polip hidung. Sekitar 14% penderita polip memiliki riwayat keluarga menderita polip hidung. Polip umumnya tumbuh di daerah tubuh dimana selaput lendir membengkak akibat penimbunan cairan yang umumnya terjadi seperti di daerah disekitar lubang sinus pada rongga hidung. Pada saat baru saja terbentuk, polip akan tampak terlihat seperti seperti air mata dan jika sudah matang, bentuknya akan berubah menyerupai buah anggur dengan berwarna keabu-abuan. 

Penyebab Dan Cara Mengobati Polip Hidung Tanpa Operasi

Stadium Polip Menurut Mackay and Lund 1995.
Kondisi Polip                                                                                                   Stadium
Tidak ada polip                                                                                                      0
Polip terbatas pada meatus media                                                                         1
Polip sudah keluar dari meatus media tetapi belum memenuhi rongga hidung       2
Polip yang massif (memenuhi rongga hidung)                                                        3

Polip dapat menyebabkan penyumbatan pernapasan di hidung, oleh karena itu penderita sering mengeluhkan adanya penurunan fungsi indera penciuman dan karena indera perasa berhubungan erat dengan indera penciuman, maka penderita juga sering kali mengalami penurunan fungsi indera perasa atau pengecap. Penyakit polip hidung juga dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan pada drainase lendir yang terjadi di lubang aliransinus ke hidung. Penyumbatan ini menyebabkan tertimbunya lendir didalam sinus yang jika terjadi terlalu lama berada di dalam sinus dapat menyebabkan infeksi dan akhirnya bisa menyebabkan sinusitis.

Pengobatan yang dilakukan pada penyakit polip hidung yang paling sering ditemukan adalah berupa obat semprot. Obat semprot yang mengandung kandungan kortikosteroid ini dapat membuat ukuran polip menjadi semakin mengecil dan bahkan bisa membuat polip menjadi hilang. Apabila penyakit polip sudah terlalu kritis akan diberikan opsi pembedahan, oleh karena itu kunjungi dokter untuk mendapatkan saran keseatan terbaik. Opsi pembedahan biasanyadipilih apabila kasus polip tersebut sudah mengalami hal-hal dibawah ini : 

  • Polip yang bisa menghalangi saluran nafas
  • Polip yang menghalangi drainase, berasal dari sinus sehingga bisa menyebabkan infeksi sinus 
  • Penyakit polip terdeteksi sebagai tumor.


Cara pemakaian kortikosteroid semprot hidung yang disarankan adalah:

1. Posisi kepala netral, menatap keatas.
2. Rongga hidung bersih.
3. Masukkan nozzle kedalam rongga hidung.
4. Semprotkan kearah lateral
5. Gunakan atas saran dokter.
6. Bernafas lembut saat rongga hidung disemprot.
7. Bernafas melalui hidung.
Sumber: Sastre and Mosges (2012).

Loading...

Naclerio and Mackay (2001) melaporkan bahwa penggunaan kortikosteroid semprot hidung selama 4-6 minggu, efektif mengurangi ukuran polip hidung. Penyakit polip hidung juga biasanya akan tumbuh kembali jika penyebab terjadinya adalah seperti alergi ataupun juga akibat infeksi tidak dikendalikan. Polip juga bisa tumbuh kembali karena disebabkan karena pemakaian dari obat semprot yang digunakan melalui lewat hidung dan mengandung kandungan kortikosteroid yang memiliki kemungkinan bisa membuat proses menjadi kambuh dan memperlama pencegahan kekambuhan.

Apabila kekambuhan yang terjadi ditemukan bersifat lebih berat, maka sebaiknya opsi yang harus dilakukan adalah dengan melakukan tindakan pembedahan dengan tujuan membantu memperbaiki drainase dari sinus dan membuang bagian bagian yang mengalami infeksi. Segera konsultasikan pada dokter maupun ahli kesehatan sehingga anda mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi anda. Semoga artikel ini dapat membantu.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top