Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Penyebab Gagal Ginjal Akut yang Wajib Diketahui

Uncategorized

17 Penyebab Gagal Ginjal Akut yang Wajib Diketahui

Ginjal merupakan organ yang sangat penting sebagai penyaring darah manusia, apabila ginjal tidak berfungsi dengan baik akan menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Banyak orang yang mengabaikan budaya hidup sehat padahal kebiasaan hidup yang tidak sehat akan menjadi penyebab gagal ginjal akut.

Pada kondisi ini seseorang yang mengalami gangguan ginjal akut biasanya akan terjadi secara tiba – tiba atau mendadak. Berikut ini merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab gagal ginjal akut yang wajib kamu tahu.

Penyebab Gagal Ginjal Akut, Penyebab Penyakit Gagal Ginjal Akut, Penyebab Gejala Gagal Ginjal Akut

1. Kurangnya jumlah darah yang memompa jantung

Salah satu penyebab gagal ginjal akut yaitu darah yang memompa jantung jumlahnya kurang dari yang dibutuhkan. Selain menyebabkan penyakit ginjal akut, jantung yang kekurangan darah untuk memompanya setiap saat akan menyebabkan fungsi hati berkurang atau penyakit yang berbahaya lainnya seperti gagal jantung.

2. Gangguan pembuluh darah

Pembuluh darah merupakan salah satu bagian terpenting dari tubuh manusia dan mendukung fungsi setiap organ. Apabila pembuluh darah mengalami gangguan, terlebih lagi darah yang harusnya dialirkan ke ginjal, maka ginjal akan mengalami penurunan fungsinya.

3. Kerusakan langsung pada organ ginjal

Kerusakan langsung pada organ ginjal juga merupakan salah satu penyebab utama seseorang menderita penyakit lambung akut. Bagian ginjal yang sering bermasalah diantaranya gumpalan darah, glomerulus, timbunan kolesterol, obat tertentu, infeksi, thrombotic thrombocytopenic purpura, dan multiple myeloma.

4. Rendahnya volume darah

Apabila seseorang mengalami penurunan volume darah dalam waktu yang cukup lama maka tidak baik bagi kesehatan terutama pada organ ginjal. Selain itu kekurangan volume darah akan menyebabkan penyakit seperti dehidrasi tahap yang sudah parah, diare berlebigan, mutah, mual, dan pendarahan. Untuk mencegah hal tersebut sudah sebaiknya kamu selalu memeriksakan kondisi darah secara rutin.

Loading...

5. Gangguan hati

Hati juga merupakan salah satu organ vital yang mempengaruhi kinerja ginjal dan mungkin saja menjadi penyebab terjadinya ginjal akut. Apabila fungsi hati menurun maka juga akan memengaruhi fungsi dan kerja ginjal dalam menyaring darah.

6. Kurang minum air putih

Mungkin bukan hal yang asing bahwa banyak orang yang harus mengeluarkan biaya mahal untuk cuci darah karena memiliki masalah pada ginjalnya. Hal ini sebagian besar dikarenakan orang tersebut kekurangan minum air putih. Untuk menghindari bahaya tersebut dan terhindar dari dehidrasi sudah sebaiknya minum air putih yang cukup sebanyak 8 gelas setiap hari.

7. Efek obat tertentu

Ginjal merupakan organ yang sangat sensitif, kinerjanya juga dapat dipengaruhi oleh obat – obatan tertentu. Obat kimia yang dikonsumsi secara berlebihan terutama dalam waktu yang sangat panjang sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Meskipun kamu berpikir bahwa efeknya baik dapat menyembuhkan berbagai penyakit, namun sangat tidak baik bagi ginjal.

8. Tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi terjadi ketika meningkatnya tekanan darah di pembulu darah bersih atau dinding arteri. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit ginjal akut yang berbahaya. Seseorang yang menderita tekanan darah tinggi tentu otomatis ginjal menjadi lelah karena dipaksa untuk bekerja dengan kecepatan tinggi tanpa henti.

9. Penyakit jantung

Jantung merupakan organ yang sangat vital dan berfungsi untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh manusia. Apabila peredaran darah dan penyebarannya terhambat atau tidak lancar maka akan berdampak terhadap organ lainnya, tidak terkecuali ginjal yang tidak memperoleh asupan darah yang cukup untuk menjalankan fungsinya dalam menyaring darah, sehingga sangat mungkin mengalami gagal ginjal akut.

10. Batu ginjal

Batu ginjal merupakan suatu kondisi di dalam ginjal terdapat material yang cukup keras menyerupai batu. Hal ini dikarenakan bahan – bahan dari darah yang seharusnya disaring malah mengendap pada bagian ginjal dan memadat atau mengkristal dalam waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan penyakit ginjal akut yang cukup parah.

6 Cara Melakukan Pencegahan Masalah Jantung Lemah

7 Penyebab Gagal Ginjal Akut Lainnya:

11. Diabetes
12. Kurang olahraga
13. Tidak pernah memeriksa infeksi pemicu gagal ginjal akut
14. Tidak sering memeriksa kondisi darah
15. Cairan pewarna
16. Garam
17. Makanan dengan kolesterol tinggi

Itulah merupakan 17 penyebab terjadinya gagal ginjal akut yang wajib kamu ketahui. Dengan membaca artikel tersebut tentunya kamu bisa mengetahui apa saja yang harus di lakukan dan dihindari agar tidak terjadi risiko terkena penyakit ginjal akut.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top