Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Penyebab dan Gejala Asam Lambung Naik

Uncategorized

25 Penyebab dan Gejala Asam Lambung Naik

Memiliki suatu penyakit memang hal yang tidak di inginkan oleh banyak orang karena hal ini akan membuat penderita tidak dapat memakan makanan secara leluasa. Seperti halnya mengalami masalah asam lambung naik dan memang faktanya hampir semua orang pasti pernah mengalami masalah asam lambung.

Ketika Anda yang mengalami masalah pada asam lambung mungkin akan merasa kurang nyaman terutama pada bagian lambung. Dan biasanya penderita akan sering merasa nyeri, perih dan sakit pada bagian lambung. Akan tetapi, semua jenis keluhan ini biasanya diawal dengan penyebab dan juga gejala yang khusus.

25 Penyebab dan Gejala Asam Lambung Naik

Penyebab Asam Lambung Naik

1. Kekurangan vitamin dan juga mineral
2. Melakukan diet yang ketat
3. Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas
4. Kurangnya nutrisi yang diserap lambung
5. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol

Berikut beberapa gejala dari asam lambung naik yang wajib diwaspadai…

1. Munculnya rasa terbakar pada bagian dada

Untuk gejala yang pertama adalah rasa panas atau terbakar pada bagian dada atau biasa disebut dengan gejala reflux. Ini adalah suatu kondisi dimana asam lambung akan naik dari daerah lambung menuju kerongkongan dan bahkan ke bagian mulut.

2. Perut terasa nyeri dan perih

Gejala asam lambung yang naik memang hampir sama dengan gejala dari maag seperti halnya gejala memberikan rasa perih dan nyeri pada bagian lambung. Akan tetapi, yang membedakan adalah jika gejala asam lambung naik rasa nyeri pada bagian lambung itu terjadi karena setelah memakan makanan yang menyebabkan asam lambung naik.

Loading...

3. Perut terasa mual dan kembung

Gejala selanjutnya adalah perut terasa mual pada bagian lambung dan dada dan juga kembung. Penderita akan merasakan mual karena disebabkan oleh rasa perih dan nyeri pada bagian lambungnya sehingga pada bagian lambung terasa begah dan kembung karena naiknya asam lambung.

4. Mengalami muntah

Gejala yang selanjutnya adalah penderita akan muntah namun, muntahnya ini berbeda dengan muntah seperti biasanya karena faktor makanan atau efek dari penyakit lain. penderita akan mengalami muntah juga disertai degan dada yang terasa terbakar atau reflux.

5. Bersendawa

Bersendawa juga salah satu gejala dari naiknya asam lambung dan ini adalah gejala lanjutan dari reflux. Dan sendawa ini akan muncul sangat sering dan juga secara berulang- ulang terutama pada jangka waktu dimana asam lambung akan mengalami kenaikan dan belum teratasi.

6. Mulut terasa pahit

Selain itu, ada juga gejala lain dari naiknya asam lambung yakni mulut akan terasa pahit karena efek dari asam lambung yang naik hingga ke mulut. Dan ini juga mengakibatkan zat asam akan menimbulkan efek pahit pada bagian mulut.

7. Sulit menelan makanan

Jika Anda merasakan pada saat makan sakit saat menelan makanan maka itu adalah salah satu gejala dari naiknya asam lambung. Ini terjadi  dikarenakan biasanya asam lambung yang naik hingga ke tenggorokan menyebabkan saluran tenggorokan dan inilah yang menyebabkan tersumbat dan membuat penderitanya merasa bahwa bagian tenggorokannya terasa seperti ada benjolan yang menghalangi proses tertelannya makanan menuju ke lambung.

8. Laringitis

Apabila Anda mengalami laringitis maka dapat dipastikan itu adalah salah satu gejala dari naiknya asam. Laringitis ini adalah salah satu bentuk peradangan yang muncul pada bagian laring atau pita suara penderita. Laringitis ini bisa terjadi kapan saja apabila karena naiknya zat asam lambung ke daerah kerongkongan dan tenggorokan sehingga dapat menginfeksi bagian pita suara seseorang walaupun memang tidak sampai merusak pita suara.

9. Nafas menjadi bau

Jika Anda mengalami masalah pada bau mulut mungkin itu adalah gejala dari naiknya asam lambung. Karena memang sifat asam dapat merusak bau mulut dan apabila asam lambung yang sudah naik hingga ke mulut, selain akan menyebabkan rasa pahit pada rongga mulut, hal ini akan menimbulkan efek bau mulut yang tidak sedap. Hal ini akan membuat Anda menjadi tidak nyaman juga ketika berinteraksi dengan orang lain dan akibatnya adalah akan membuat Anda dijauhi orang karena bau mulut yang Anda alami tersebut.

10. Munculnya air liur yang berlebihan

Sama halnya dengan gejala maag yakni gejala lain dari naiknya asam lambung adalah produksi air liur yang bertambah banyak dan berlebihan. Gejala yang satu ini memang juga salah satu gejala dari penyakit maag. Munculnya air liur yang berlebihan ini biasanya merupakan tanda dari proses pembersihan iritan- ritan yang berada pada lambung.

Baca Juga: 20 Penyebab dan Gejala Cegukan Terus Menerus

10 Gejala Asam Lambung Naik Lainnya :

1. Turunnya berat badan
2. Penderita akan mengalami batuk
3. Membengkaknya tenggorokan
4. Nyeri pada  ulu hati
5. Penurunan nafsu makan
6. Merasakan perut yang lebih berangin
7. Napas yang memendek
8. Sakit kepala
9. Terdapat benjolan pada perut saat kembung
10. Sesak nafas

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 20 penyebab dan gejala naiknya asam lambung. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top