Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Penyebab dan Gejala Cegukan Terus Menerus

Uncategorized

20 Penyebab dan Gejala Cegukan Terus Menerus

Cegukan atau biasa disebut singultus dalam dunia kesehatan adalah keluarnya suara khas seperti ‘hik’ yang di akibatkan oleh pita suara yang tertutup dengan tiba-tiba yang disebabkan oleh kontraksi pada diafragma. Semua orang dan semua kalangan usia juga dapat mengalami cegukan dan biasanya durasi waktu ketika mengalami cegukan sangat bervariasi, akan tetapi kebanyakan orang hanya akan beberapa menit.

Hampir khalayak umum pernah mengalami cegukan dan kondisi seperti ini akan terjadi secara tiba- tiba ketika penderita makan terlalu cepat atau pun kekenyangan. Akan tetapi, jika cegukan terjadi terus- menerus, Anda harus mewaspadai akan adanya penyakit lain yang mungkin akan muncul. Ketika Anda mengalami cegukan yang terus- menerus akan lebih baik jika Anda memeriksakannya kepada dokter. Memang banyak sekali orang yang tidak tahu penyebab dan juga gejala dari cegukan. Dan berikut ini adalah penyebab dan juga gejala dari cegukan yang terus- menerus.

20 Penyebab dan Gejala Cegukan Terus Menerus

Penyebab Cegukan Terus Menerus :

1. Terlalu banyak minuman bersoda
2. Sering meminum minuman panas
3. Mengkonsumsi minuman beralkohol
4. Mengkonsumsi makanan pedas
5. Terlalu sering merokok

Berikut beberapa gejala cegukan terus-menerus yang wajib Anda ketahui…

1. Naiknya asam lambung

Cegukan memang hal yang lumrah terjadi namun, apabila Anda mengalami cegukan yang terus- menerus maka hal itu perlu di waspadai. Asam lambung yang meningkat juga dapat menimbulkan cegukan yang mana asam lambung akan mendesak untuk keluar melalui kerongkongan dan mulut lalu menyebabkan sensasi seperti panas terbakar.

2. Mengalami stres

Memang benar adanya jika penderita mengalami stress karena memang banyak penelitian yang menyebutkan bahwa stres dapat mengakibatkan cegukan. Dan jika penderita sering mengalami stress, maka tidak menutup kemungkinan bahwa akan mengalami cegukan yang terus- menerus.

Loading...

3. Kanker

Untuk yang selanjutnya adalah biasanya penderita ini mengalami sakit kanker, karena memang kanker ini juga menjadi gejala adanya cegukan itu datang secara terus- menerus. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa yang bukan penderita kanker tidak akan mengalami cegukan terus- menerus.

4. Pneumonia

Jika Anda mengalami cegukan yang terlalu lama maka bisa jadi Anda akan terserang penyakit yakni pneumonia. Tidak hanya merasakan cegukan yang terus- menerus datang namun juga akan disertai dengan nyeri otot dan demam yang cukup tinggi.

5. Peradangan saraf

Ketika Anda mengalami cegukan yang secara terus- menerus maka bisa jadi Anda akan mengalami penyakit yang serius seperti halnya dengan peradangan saraf atau neuromyelitis optica spectrum disorder. Dan apalagi jika penderita cegukan digabungkan dengan gejala seperti mual, muntah, dan penglihatan yang kabur.

6. Stroke

Untuk gejala yang selanjutnya adalah stroke, jika penderita memang pernah mengalami sakit sroke maka memang atau bisa juga jika tiba-tiba Anda mengalami cegukan yang konstan, ini bisa jadi tanda awal dari stroke.

7. Kerusakan ginjal

Ginjal adalah salah satu organ yang sangat penting untuk kelangsungan hidup karena ginjal adalah merupakan organ penyaringan darah. Saat ginjal berada di bawah tekanan atau mengalami gangguan, maka cegukan yang terus- menerus bisa menjadi tanda awalnya.

8. Radang, cedera, dan tumor sistem saraf pusat

Cegukan yang terus- menerus juga merupakan suatu gejala dari sebuah penyakit yang berbahaya seperti halnya pembengkakan pembuluh arteri cerebellar dan cedera otak. Tidak hanya mengalami peradangan otak saja namun juga penderita cegukan akan merasakan mual.

9. Lesi atau gangguan jaringan sepanjang jalur saraf perifer

Apabila seorang pasien mempunyai sarkoidosis kelenjar getah bening mediastinum ini biasanya akan memiliki cegukan terus- menerus secara berkelanjutan. Cegukan yang terus- menerus ini menjadi gejala yang tidak diketahui dari kanker tenggorokan dan ini dibuktikan dengan riset yang mengatakan bahwa 2,7% penderita cegukan berkepanjangan akan mengalami sakit kanker tenggorokan. Cegukan juga dapat menjadi tanda gastric volvulus yang mungkin disebabkan oleh iritasi diafragma dari perut buncit.

10. Gangguan saluran pencernaan dan perut

Penyakit asam lambung  atau biasa disebut dengan GERD pada umumnya terkait dengan bersendawa. Beberapa kasus menunjukkan bahwa pria dan wanita pasien GERD akan mengalami cegukan yang berkepanjangan secara terus- menerus. Dan tidak hanya mengalami cegukan yang berkepanjangan namun juga mengalami regurgitasi asam, nyeri ulu ati, globus, disfagia  atau biasa disebut kesulitan menelan, suara serak, dan sebagainya, cegukan juga tidak jarang ditemui pada penderita GERD

11. Anestesi dan pasca operasi

Ketika Anda baru saja melakukan sebuah operasi maka bisa saja Anda tiba- tiba akan mengalami cegukan. Cegukan pasca operasi ini dilaporkan terjadi pada individu yang menerima operasi whipple dan kolektomi. Kemudian, cegukan ini juga bisa dikarenakan obat anastesia yang digunakan saat operasi dilakukan. Bahkan anestesi epidural akan menyebabkan cegukan berkepanjangan.

Baca Juga: 17 Penyebab dan Gejala Leukosit Tinggi

5 Gejala Cegukan Terus- menerus Lainnya :

1. Kerusakan Saraf
2. Gangguan Sistem Syaraf Pusat
3. Gangguan Sistem Metabolisme
4. Gangguan Pernafasan
5. Ketegangan Otot

Itulah sekilas informasi mengenai 15 penyebab dan gejala cegukan terus- menerus. Semoga artikel ini bermanfaat. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top