Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

18 Penyebab dan Gejala Darah Rendah

Uncategorized

18 Penyebab dan Gejala Darah Rendah

Kadar hemoglobin atau Hb yang rendah tidak serta merta terjadi begitu saja, hal ini disebabkan adanya penyakit atau suatu kondisi tertentu yang menyebabkannya. Oleh karena itu, Anda harus tahu apa saja yang bisa menjadi penyebab Hb rendah sehingga Anda dapat mengupayakan pengobatan dan pencegahan dengan tepat. Sel darah merah mengandung protein yang disebut hemoglobin, atau disingkat sebagai Hb. Molekul ini mengangkut oksigen dari paru-paru ke bagian tubuh lainnya.

18 penyebab dan gejala darah rendah

Penyebab Darah Rendah

1. Kekurangan vitamin
2. Kekurangan zat besi
3. Keracunan timbal Obat-obatan
4. Kurangnya beristirahat
5. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat

Kadar hemoglobin atau Hb normal adalah di 13.8- 17.2 gm darah untuk pria dan 12.1- 15.1 gm darah untuk wanita dan untuk batas normal untuk anak-anak berbeda antar jenis kelamin dan usianya. Berikut ini adalah beberapa gejala darah rendah yang patut diwaspadai…

1. Penderita merasakan pusing

Sakit Kepala adalah salah satu dari gejala yang sering dialami ketika mengalami darah rendah. Hal ini terjadi karena darah tidak mampu untuk membawa oksigen yang cukup ke otak. Akibatnya penderita akan mengeluh dan merasakn pusing di kepala.  Tidak hanyak pusing saja namun kepala penderita akan merasakan mata berkunang- kunang yang sering disebut sebagai pusing tujuh keliling. Tekanan  darah yang rendah dapat menyebabkan pingsan. Sakit kepala karena tekanan darah tidak stabil biasa disebut dengan ortostatik.

2. Kabur dan berkunang- kunang

Kemudian untuk gajala yang selanjutnya adalah penglihatan yang tiba- tiba akan kabur beberapa saat kemudian, dan kadang selalu terjadi secara berulang. Hal ini bisa dibedakan dengan kekaburan karena mata minus. Bisa juga hal ini terjadi karena duduk terlalu lama kemudian berdiri. Biasanya keseimbangan terganggu, dan bisa menyebabkan penderita jatuh ambruk. Bisa juga terjadi pada saat penderita berdiri terlalu lama, misalnya saat mengantri atau mengikuti upacara.

3. Tidak bersemangat

Kemudian untuk gejala yang selanjutnya adalah penderita akan terlihat pucat, dingin, denyut nadi lemah atau denyut tidak stabil karena suplai darah yang seharusnya ke otak sedikit sekali. Tubuh terasa dingin karena suplai darah lambat dan tidak sampai ke jaringan tepi atau mucosa tubuh. Rasa dingin biasanya mudah dideteksi terjadi di kaki, tangan, telinga, atau di bibir yang membiru dan biasanya diiringi dengan peluh deras yang keluar.

Loading...

4. Perut mual- mual

Mual- mual biasanya akan menyerang tiba-tiba dan terjadi berulang dan ini bisa saja menjadi tanda taupu sebuah gejala bahwa Anda mengalami darah rendah. Tubuh akan merasa letih- lemas, tidak bertenaga, bahkan untuk sekadar menopang kedua kaki dan membawa kedua tangan saja tidak cukup kuat.  Hal ini terjadi  karena tidak cukup energi  yang dibawa darah ke otak, organ atau kulit.

5. Nafas cepat dan dangkal

Bagi penderita darah rendah pasti pernha merasakan gejala nafas yangcepat dan juga dangkal. Hal ini merupakan reaksi tubuh yakni paru- paru untuk mengimbangi ketidakmampuan darah untuk mengikat oksigen yang akan diedarkan ke ke seluruh tubuh. Sesak nafas terjadi karena ketika tekanan darah ke jantung melemah maka otot jantung dan otot intra- tulang dada terganggu. Akibatnya akan terjadi sesak nafas dan nyeri  pada dada.  Kadang dirasakan denyut jantung  terganggu dan tidak teratur atau biasa disebut dengan aritmia.

6. Otak tidak mampu bekerja

Penderita darah rendah akan mengalami konsentrasi akan berkurang, dan penderita tidak bisa berpikir jernih.  Hal ini akan membuat penderita mengalami kebingungan karena kekurangan suplai oksigen dalam otak.  Apabila penderita sedang bekerja ataupun sekolah dan lain sebagainya tidak mampu berpikir cepat dan mengerjakan tugas dengan tangkas. Dalam beberapa kasus sering menyebabkan depresi pada penderita.

7. Mengantuk

Kurangnya suplai oksigen juga akan membuat penderita sering menguap, mengantuk. Darah yang berisi oksigen dan kaya nutrisi atau pun energi terlalu lemah untuk dipompakan ke otak. Penderita ini biasanya akan dapat tertidur dimana saja jika mengalami gejala yang satu ini. Tidak hanya mengantuk saja namun juga akan merasakan lemas dan tak memiliki semangat sama sekali.

8. Rasa haus yang berlebihan

Minum banyak merupakan kompensasi tubuh untuk memacu pergerakan sirkulasi cairan dalam tubuh.  Air menjadi sangat penting untuk menormalisir tekanan darah.

9. Lemas 

Untuk penderita darah rendah memanglah akan mengalami gejala tubuh ayng lemas karena rasa sakit kepala yang dideritanya. Kemudian tak hanya itu juga  penderita darah rendah akan menagalami kekurangan nafsu makan sehingga tidak ada asupan makanan yang masuk yang membuat tubuh lemas.

10. Badan terasa dingin

Kemudian bagi penderita darah rendah akan merasakan badan mendingin. Dengan badan yang dingin inilah yang menjadikan penderita merasakn badan yang menggigil.

Baca juga: 16 Penyebab dan Gejala Asam Urat

3 Gejala Darah lainnya :

1. Merasa kebingungan
2. Kepala terasa ringan
3. Mudah pingsan

Itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai penyebab dan gejala rendah. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top