Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

25 Penyebab dan Gejala Penyakit Diare

Uncategorized

25 Penyebab dan Gejala Penyakit Diare

Penyakit diare adalah salah satu kondisi yang mana penderita akan mengalami encernya tinja pada saat buang air besar dengan frekuensi yang lebih sering jika di bandingkan dengan biasanya. Biasanya diare ini di akibatkan makanan yang penderita konsumsi karena makanannya terkontaminasi oleh bakteri, parasite dan lain sebagainya. Biasanya penderita diare ini hanya akan berlangsung beberapa hari, namun ada beberapa penderita yang mengalami diare memanjang hingga berminggu- minggu.

Di Negara Indonesia masalah kesehatan diare ini adalah masalah kesehatan yang cukup besar. Pada tahun 2007 departemen kesehatan di Indonesia ini pernah melakukan riset yang menyatakan bahwa penyakit diare menduduki peringkat ketigabelas sebagai penyebab kematian pada semua umur. Penyakit diare ini juga dapat berdampak fatal apabila penderita mengalami dehidrasi akibat kehilangan banyak cairan dari tubuh. Dan berikut ini adalah penyebab dan gejala diare.

25 Penyebab dan Gejala Penyakit Diare

Penyebab Penyakit Diare

1. Infeksi bakteri yang juga bisa menyebabkan keracunan makanan
2. Infeksi virus
3. Parasit giardia intestinalis
4. Radang usus buntu
5. Alergi makanan

Ini dia beberapa gejala diare yang harus Anda ketahui…

1. Meningkatnya volume buang air besar

Biasanya setiap orang yang buang air besar hanya sebanyak 1 hingga 2 kali dalam sehari jika masih dalam kondisi yang sehat atau normal. Akan tetapi, jika seseorang mengalami buang besar lebih dari 5 kali dalam sehari itu merupakan salah satu gejala dari akan mengalami penyakit diare.

2. Bentuk tinja yang encer

Tidak hanya buang air besar saja yang terlalu sering, penderita diare ini akan mengalami buang air besar yang dikeluarkan berbentuk encer seperti air ataupun cukup lembek. Oleh karena itu, gejala ini dapat dijadikan patokan utama apakah Anda mengidap diare atau tidak.

Loading...

3. Tubuh akan merasa lemas

Kemudian gejala yang selanjutnya adalah tubuh penderita akan lemas dan juga tidak bertenaga. Ini dikarenakan seringnya penderita mengalami buang air besar, oleh karena itu tubuh akan merasa lemas karena dehidrasi yang cukup hebat. Dengan kondisi itulah maka para penderita diare akan merasa tubuhnya cukup lemas.

4. Muncul rasa pegal

Jika Anda merasakan pegal pada bagian tubuh Anda maka itu salah satu gejala yang dari diare. Biasanya gejala ini akan muncul ketika Anda mengalami diare adalah munculnya rasa pegal- pegal pada sekujur tubuh. Rasa pegal pada tubuh ini biasa akan muncul terutama pada bagian pinggang, pinggul dan bagian sekitar perut Anda.

5. Dehidrasi

Penderita akan mengalami dehidrasi yang mengakibatkan tubuh penderita lemas karena feses yang keluar akan lebih encer dan juga cair. Untuk menghindari bahaya dari akibat kurang air minum karena dehidrasi yang cukup parah, maka sangat di anjurkan bagi penderita setelah buang air besar harus minum air putih 1- 2 gelas setiap selesai buang air besar.

6. Rasa sakit dan perih pada perut atau lambung

Jika seseorang ataupun Anda mengalami rasa sakit dan juga perih pada perut dan lambung maka bisa jadi itu adalah salah satu gejala dari diare. Dengan rasa sakit pada perut ini sudah mengidentifikasi bahwa mengalami masalah dalam system pencernaan.

7. Rasa mulas yang sering terjadi

Para penderita diare pasti akan merasakan sakit dan perih yang sudah muncul dan pasti akan berlanjut menjadi rasa mulas yang sering terjadi dan berlebihan. Akan tetapi, rasa mulas ini akan hilang jika Anda sedang buang air besar.

8. Kram pada perut

Gejala selanjutnya adalah kram pada perut karena memang diare ini dapat menimbulkan gejala yang lebih dari sekedar nyeri dan perih pada bagian lambung serta perut saja. Banyak penderita diare ini mengalami perut yang kram pada saat setelah buang air besar.

9. Perut terasa kembung

Banyak yang tidak tahu bahwa perut yang kembung adalah salah satu gejala dari diare dan memang biasanya kondisi lambung yang kembung ini merupakan salah satu ciri umum dari munculnya penyakit yang menyerang saluran pencernaan dan dapat mengakibatkan nyeri perut, mual dan juga perut akan berbunyi terus menerus.

10. Demam

Karena diare ini menimbulkan rasa lemas dan sakit pada perut dan ini akan mengakibatkan penderita mengalami demam. Demam yang dialami oleh penderita memang tidak separah demam ketika seseorang mengalami demam berdarah atau malaria. Akan tetapi, demam ini mengharuskan penderita untuk melakukan istirahat total dan tidak boleh beraktifitas kembali.

Baca Juga: 25 Penyebab dan Gejala Obesitas

10 Gejala Penyakit Diare Lainnya :

1. Kelebihan Vitamin C
2. Infeksi Virus dan bakteri
3. Muntah berulang-ulang dalam jumlah yang banyak
4. Merasa haus terus menerus
5. Tidak mau makan dan minum
6. Demam tinggi
7. Tinja berdarah
8. Tidak membaik dalam 3 hari
9. Perut kembung
10. Keram dan nyeri pada perut

Itulah sekilas informasi mengenai 20 penyebab dan gejala diare. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top