Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Penyebab dan Gejala Kram Perut pada Wanita Hamil

Uncategorized

20 Penyebab dan Gejala Kram Perut pada Wanita Hamil

Hamil merupakan suatu hal yang paling di tunggu- tunggu oleh banyak keluarga karena dengan datangnya anak merupakan suatu anugrah dari tuhan. Selain itu, hamil adalah masa- masa yang mana selalu ditunggu oleh semua perempuan yang sudah menikah. Akan tetapi, banyak juga hal yang membuat wanita hamil mengalami kesulitan saat sedang mengandung seperti halnya mual, tidak nafsu makan dan juga perut terasa sakit.

Biasanya wanita hamil akan mengalami perut terasa sakit atau biasa disebut dengan kram perut. Sebenarnya jika mengalami kram perut saat hamil dan biasanya kram perut ini terjadi pada bagian bawah. Akan tetapi, kram pertu memang salah satu hal yang tergolong normal. Seiring dengan perkembangan bayi dan rahim yang membesar, hal itu juga membawa perubahan pada tubuh ibu.

Penyebab kram perut saat hamil

1. Terjadi penekanan pada otot dan juga sendi
2. Terjadi penekanan pada pembuluh darah
3. Ligamen mengalami peregangan
4. Gas berlebih pada perut
5. Setelah melakukan hubungan intim

Berikut beberapa gejala kram perut pada wanita hamil yang wajib Anda ketahui…

1. Mengalami sembelit

Sembelit atau susah buang air besar adalah hal yang lumrah terjadi pada ibu hamil dan Anda hanya perlu mengecek jadwal buang air besar Anda. Dan apabila, sakit pada perut terus berlanjut dengan kram dan juga pendarahan maka segeralah untuk periksa ke dokter kandungan.

2. Rahim membesar

Seiringnya waktu ibu hamil akan mengalmi nafsu makan yang begitu besar namun pada saat sendok sudah menyentuh mulut, ibu hamil akan merasa tidak enak makan lebih banyak lagi dan itu di karenakan perut yang sakit. Perut sakit inilah yang dapat menyebabkan mual, perasaan mudah kenyang atau distensi perut Anda, adalah pembesaran Rahim.

Loading...

3. Nyeri ligamen bundar

Jenis sakit ini biasanya menyebabkan perut pada bagian bawaha merasa tidak nyaman yang menjalar sampai ke pangkal paha. Ibu hamil akan sering merasakan sakit ini mulai trimester kedua dan akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, jika Anda sangat tidak nyaman dengan kondisi tersebut silakan memeriksa lebih lanjut ke dokter kandungan.

4. Gas yang berlebih

Ketika Anda merasakan perut begah atau merasakan banyak gas diperut maka hal itu adalah gejala dari kram perut. Dan untuk mengatasi sembelit akibat gas, ibu hamil sangat di anjurkan untuk minum banyak air dan makan makanan kaya serat.

5. Kontraksi palsu

Kontraki palsu memang mirip seperti kontraksi pada saat akan melahirkan dan ini biasa dikenal dengan julukan braxton hicks ini justru tidak terkait dengan pelebaran leher rahim. Jika Anda menganggap enteng mulas luar biasa ini juga bahaya karena mengancam kelahiran dini bayi. Jadi akan lebih baik jika Anda melakukan konsultasi kepada dokter kandungan.

6. Sering buang air kecil

Apabila ibu hamil mengalami sering buang air kecil maka hal itu memang wajar karena kantung kencing mengalami penekanan saat hamil. Akan tetapi, harus diwasapadai jika keluhan sering buang air kecil disertai dengan rasa tidak tuntas saat berkemih, rasa terbakar atau perih di lubang kencing, nyeri perut bawah, nyeri pinggang dan meriang.

7. Kulit kencang

Peregangan pada kulit perut dan payudara terjadi karena pembesaran rahim dan payudara akibat kehamilan. Peregangan tersebut menimbulkan kulit terasa lebih kencang atau tertarik dan perut terasa tidak nyaman. Dan inilah yang menyebabkan bahwa kulit kencang akan menimbulkan stretch mark pada kulit. Dan ini juga merupakan gejala dari kram perut.

8. Keputihan

Ibu hamil memang sering mengalmai keputihan dan itu memnag hal yang wajar. Akan tetapi, jika keputihan itu sering terjadi maka ini perlu di waspadai, apalagi jika keputihan yang di alami di sertai dngan rasa gatal, baud an saki pada bagian bawah perut. Keputihan akibat infeksi dapat menimbulkan pecahnya selaput ketuban sebelum waktunya dan juga dapat membuat bayi akan terlahir prematur.

9. Sulit tidur

Saat wanita dalam masa hamil memnag akan mengalami sulit tidur dan ini di akibatkan oleh perubahan atau pertumbuhna tubuh bayi serta pergerakan bayi. Dan inilah yang akan menyulitkan ibu untuk mencari posisi tidur yang nyaman karena perut juga akan terasa sakit karena kram.

10. Kulit terasa gatal

Memang tidak di ragukan lagi jika pada wanita hamil akan mengalami kram perut yang sangat sakit. Dan salah satu gejalanya adalah kulit pada bagian bawah perut terasa gatal, dan biasanya rasa gatal ini disertai dengan kulit yang terasa lebih panas.

Baca Juga: 25 Dampak Berhubungan Intim Setiap Hari untuk Pasangan Muda

5 Gejala Kram Perut pada Wanita Hamil lainnya :

11. Perut terasa kembung
12. Mengalami mimisan
13. Akan sering buang angina
14. Mudah lelah
15. Suhu tubuh meningkat

Nah, itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 20 penyebab dan gejala kram perut pada wanita hamil. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top