Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

17 Penyebab dan Gejala Leukosit Tinggi

Uncategorized

17 Penyebab dan Gejala Leukosit Tinggi

Leukosit adalah sel darah putih, manusia memiliki sel-sel darah dan cairan yang disebut sebagai plasma darah. Sel darah terdiri atas sel darah merah dan juga sel darah putih dan sel darah putih adalah sistem pertahanan tubuh yang penting untuk menangkal bakteri, virus, kuman, dan kotoran lain yang memicu penyakit yang melemahkan tubuh.

Anda bisa tahu kadar leukosit dengan cara melakukan pemeriksaan darah lengkap terutama harus melakukan tes mengenai berapa jumlah leukosit dan Jika Anda mengalami leukosit yang tinggi maka hal ini perlu diwaspadai karena dapat menjadi timbulnya sebuah penyakit. Dalam dunia medis, leukosit yang tinggi dikenal dengan istilah leukositosis yakni suatu kondisi ketika darah putih atau leukosit memiliki jumlah yang meningkat lebih dari 11.000 leukosit per mm kubik darah manusia dewasa.

Penyebab Leukosit Tinggi 

1. Karena infeksi
2. Karena disebabkan oleh alergi
3. Stres fisik dan psikis
4. Penyakit sum-sum tulang
5. Gangguan sistem kekebalan tubuh

Berikut beberapa gejala leukosit tinggi yang wajib Anda waspadai …

1. Kelainan pada sumsum tulang

Ketika Anda penderita yang mengalami kelainan pada sum- sum tulang belakang maka hal ini perlu diperhatikan. Karena dengan adanya kelainan pada sum- sum tulang belakang ini adalah salah satu gejala umum pada tingginya sel darah putih. Sumsum tulang akan terus- menerus dirangsang oleh tubuh agar dapat memproduksi  dan menghasilkan lebih banyak sel darah putih untuk mengatasi infeksi. Dan ketika terjadi peradangan, alergi, infeksi akan menyebabkan kenaikan jumlah sel darah putih. Ini merupakan reaksi lanjutan terhadap obat yang dikonsumsi untuk meningkatkan produksi sel- sel darah putih.


2. Demam berulang

Demam yang datang secara berulang- ulang dan sangat sering maka hal ini adalah salah satu gejala dari naiknya sel darah putih. Apabila leukosit mengalami kenaikan yang juga disertai dengan keadaan demam bisa menjadi petunjuk ke arah proses infeksi bakteri, serta penanda kelainan dari leukosit itu sendiri.

Loading...

3. Kram dan gangguan limpa

Ketika seseorang mengalami kram yang terlalu sering dapat dipastikan itu adalah suatu gejala dari tingginya leukositnya. Leukosit yang tinggi juga akan diiringi demam, disertai kram pada perut, mual, gangguan pada organ limpa atau juga hati dan tubuh juga akan dengan mudah merasa lelah dan wajah terlihat pucat.

4. Timbulnya penyakit infeksi

Ketika penderita mengalami beberapa infeksi seperti tifoid, hepatitis, infeksi saluran kemih, infeksi saluran napas, telinga bahkan infeksi kulit bisa menunjukkan hal yang sama yakni gejala dari meningkatnya leukosit pada tubuh.

5. Lemas dan sering lelah

Gejala yang selanjutnya adalah dengan seringnya merasakan lemas dan sering lelah. Rasa ataupun lemas sering dirasakan jika terlalu keras bekerja dan jarang sekali beristirahat. Akan tetapi, jika Anda terlalu sering merasakan lelah dan lelah tak kunjung reda walaupun sudah beristirahat maka itu adalah tanda bahwa leukosit Anda naik.

6. Berat badan menurun drastis

Gejala berikutnya adalah penderita leukosit yang meninggi tiba- tiba akan mengalami penurunan berat badan secara drastic. Dan jika sudah seperti ini akan lebih baik jika Anda segera untuk memeriksakannya di dokter.

7. Rasa nyeri disertai demam dan menggigil

Rasa nyeri yang sering dirasakan bisa jadi disebabkan oleh sumsum tulang belakang yang sedang bermasalah. Selain itu, penderita leukosit yang tinggi juga akan merasakan nyeri pada bagian perutnya. Biasanya penderita akan mengalami rasa sakit dan nyeri pada bagian dada dan juga beru sampi punggung.

8. Laporan darah yang abnormal

Akan sangat di anjurkan untuk melakukan cek darah secara teratur dan ini akan bermanfaat untuk memantau kesehatan darah Anda. Karena degan adanya laporan darah juga akan membuat Anda tahu kadar sela darah merah dan sela darah putih. Dan apabila Anda menemukan hal yang abnormal sebaiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter spesialis.

9. Pembengkakan kelenjar getah bening

Apabila ada seseorang mengalami pembengkakan pada kelenjar getah bening maka itu merupakan salah satu tanda dan gejala dari tingginya leukosit. Gejala yang satu ini tidak hanya mengalami pembengkakan namun disertai demam, lemas, mual dan hilangnya nafsu makan. Pembengkakan pada kelenjar getah bening ini memang akan sulit untuk terdeteksi, namun akan diikuti oleh pembengkakan bagian tubuh lain yang harus ditanggapi dengan serius.

10. Daya tahan tubuh menurun

Dengan penderita yang mengalami penurunan daya tahan tubuh maka dapat dipastikan bahwa itu adalah tingginya sel darah putih. Dan karena perkembangan dari sel darah putih yang sangat cepat dan abnormal maka dapat membuat banyak sekali virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh penderita.

Baca Juga: 30 Penyebab dan Gejala Anemia yang Wajib Diwaspadai

2 Gejala Leukosit Tinggi Lainnya :

1. Adanya darah pada urin
2.  Saat kencing terasa sakit, panas, dan nyeri

Itulah sekilas informasi mengenai 12 penyebab dan gejala dari leukosit tinggi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya….

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top