Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

20 Penyebab dan Gejala Menopause Dini

Uncategorized

20 Penyebab dan Gejala Menopause Dini

Menopause berasal dari bahasa Yunani, yang artinya berhentinya haid atau menstruasi. Hal ini merupakan akhir proses biologis dari siklus menstruasi yang dikarenakan perubahan yang terjadi pada hormon yaitu penurunan produksi hormon estrogen yang dihasilkan oleh ovarium. Penurunan hormon estrogen ini dapat menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur, dan hal ini juga biasa dijadikan sebagai petunjuk terjadinya menopause.

20 Penyebab dan Gejala Menopause Dini

Penyebab Menopause Dini :

1. Faktor genetik
2. Jarang melakukan olah raga
3. Disebabkan kemoterapi
4. Terlalu berpikir keras hingga stres
5. Sering bermasturbasi

Menopause diartikan sebagai haid terakhir dan semua wanita juga pasti akan mengalaminya. Akan tetapi, akan menjadi masalah apabila Anda mengalami menopause dini. Berikut beberapa gejala menopause dini yang harus dipahami…

1. Perubahan pola mentruasi 

Perdarahan yaitu keluarnya darah dari vagina dan untuk gejala yang satu ini biasanya akan terlihat pada awal permulaan masa menopause. Perdarahan akan terlihat beberapa kali dalam rentan beberapa bulan dan akhirnya akan berhenti sama sekali. Akan tetapi, sebenarnya gejala menopause ini tidak akan datang dengan tiba- tiba namun secara berkala. Karena siklus menstruasi yang tidak teratur itu mengakibatkan orang akan mengalami rasa sakit yang cukup lama pada bagian perut.

2. Rasa panas atau hot flush 

Kemudian akan mencul gejala panas dan gejala ini dirasakan mulai dari wajah sampai ke seluruh tubuh. Selain terasa panas juga disertai warna kemerahan pada kulit dan juga berkeringat, rasa panas ini akan sangat mengganggu pola tidur wanita sehingga wanita dengan hot flushes mengalami kekurangan tidur. Hot flush ini berlangsung dalam waktu 30 detik sampai 5 menit dan keluhan dari hot flushes berkurang setelah tubuh menyesuaikan diri.

3. Keluar keringat di malam hari

Gejala yang satu ini adalah akibat dari hot flushes yakni keluar keringat di malam hari dan semua wanita akan mengalami gejolak panas ini. Mungkin hot flushes ini hanya terasa seolah- olah suhu meningkat secara tiba- tiba yang hingga mengakibatkan kemerahan serta keringat yang mengucur pada seluruh tubuh. Rasa panas ini tidak akan membahayakan dan akan cepat berlalu.

Loading...

4. Kerutan pada vagina

Ketika wanita mengalami gejala menopause maka pada vagina akan terlihat adanya perubahan yang terjadi pada lapisan dinding vagina. Pada masa menopasue ini vagina akan terlihat menjadi lebih kering dan kurang elastis. Karena hal ini disebabkan dengan adanya penurunan hormon estrogen. Kemudian untuk efek dari gejala ini maka akan timbul rasa sakit pada saat melakukan hubungan seksual.

5. Gejala gangguan sistem kandung kemih

Kadar estrogen yang rendah akan menimbulkan penipisan pada jaringan kandung kemih dan saluran kemih. Dan ini akan menjadikan terjadinya penurunan kontrol dari kandung kemih sehingga akan sulit untuk menahan buang air kencing. Efek defisiensi pada uretra dan kandung kemih berhubungan dengan sindrom uretral yang  terdiri dari frekuensi, urgensi dan disurea.

6. Gejala gangguan somatik

Pada masa menopause maka detak jantung akan berdebar lebih cepat pada saat merasa gelisah, cemas, takut, khawatir, dan gerogi. Selain itu, wanita menopause juga sering kali merasa kesemutan pada bagian tangan dan juga kaki.

7. Penurunan Libido

Wanita yang menopause akan berkurang keinginan seksualnya. Keringat malam dapat mengganggu tidur, dan kekurangan tidur dapat mengurangi energi yang lain, termasuk dalam aktivitas hubungan seksual.

8. Berat badan naik

Wanita yang mengalami menopause akan mengalami perubahan bentuk tubuh seperti tubuh akan mengalami kenaikan berat badan. Perubahan yang seperti ini memang lumrah terjadi bagi wanita yang mengalami menopause dan biasanya berat badan yang naik juga di karenakan pada saat menopause tidak menjaga pola makan.

9.Sakit kepala

Sakit kepala ini adalah penyebab dari siklus menstruasi yang tidak teratur dan bagi wanita yang mengalami menopause ini akan mengalami gejala sakit kepala, migran dan juga emosi yang tak terkendali. Wanita yang mengalami menopause juga tidak hanya merasakan sakit kepala saja namun juga mengalami masalah yakni kerontokan rambut yang membuat rambutnya semakin sedikit.

10. Sering lupa

Untuk gejala sering lupa ini memang sering terjadi  pada wanita yang sudah mengalami menopause dan factor dari umur juga dapat mempengaruhi. Karena kadar estrogen yang menurun dapat mengakibatkan wanita akan sering lupa. Tidak hanya sering lupa saja namun wanita yang sudah mengakami gejala menopause dini akan mudah sekali terkena infeksi penyakit.

Baca juga: 30 Penyebab dan Gejala Demam Dengue

5. Gejala Menopause Dini lainnya:

11. Rambut yang cenderung menipis dan rontok
12. Metabolisme tubuh lambat
13. Kesulitan untuk berkonsentrasi
14. Mengalami susah tidur atau insomnia
15. Rentan mengalami depresi, uring- uringan

Nah, itulah sekilas informasi yang dapat diberikan kepada Anda mengenai 15 penyebab dan juga gejala menopause dini. Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda dan juga dapat membantu untuk mengetahui penyebab dan juga gejala menopause dini. Anda bisa membaca artikel penyakit dan kelainan lainnya…

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top