Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Penyebab Gusi Berdarah

Uncategorized

Penyebab Gusi Berdarah

Merawat dan menjaga gigi agar tetap sehat merupakan suatu hal penting yang harus dilakukan setiap hari. Kesehatan mulut dan gigi sangat berhubungan gusi. Gusi adalah tempat tumbuhnya gigi dan sebagai pertahanan gigi. Gusi dapat membengkak dan mengeluarkan darah, apabila tidak segera diatasi akan semakin luas penyebaran penyakitnya. Sebelum kamu mengobatinya harus tahu terlebih dahulu tentang penyebab gusi berdarah.

Gusi berdarah ini sangat disenangi oleh kuman atau bakteri yang bisa membuat berbagai masalah kesehatan gigi dan mulut. Gusi berdarah mempunyai ciri, gusi berwarna kemerahan, gusi membengkak dan secara refleks mengeluarkan darah. Terkadang juga disertai dengan rasa gatal yang menggelitik. Gusi seperti ini menyebabkan seseorang mengalami bau mulut akibat darah terkandung bakteri.

Oleh sebab itu, sangat penting menjaga agar gigi dan gusi tetap bersih dengan menghindari penyebab gusi berdarah, simak yuk ulasan lengkapnya!

Penyebab gusi berdarah

Penyebab gusi berdarah dibagi menjadi 2 kelopok yakni penyebab lokal dan penyebab sistemik. Berikut penjelasannya.

Penyebab lokal gusi berdarah
Penyebab lokal berarti timbulnya gusi berdarah disebabkan oleh masalah lokal pada gusi dan gigi, diantaranya adalah :

Kebersihan mulut dan gigi yang buruk
Apabila kamu malas menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan benang, menyebabkan terbentuknya plak dengan mudah yang nantinya menjadi karang gigi. Plak gigi berasal dari sisa-sisa makanan atau minuman yang tertinggal pada gigi. Kondisi itu bisa membuat iritasi dan pembengkakan pada gusi. Sedangkan pembengkakan atau peradangan bisa membuat gusi mudah berdarah.

Loading...

Terjadi trauma pada gusi
Penyebab gusi berdarah yang paling sering ditemukan adalah karena trauma gusi. Bisa terjadi karena terlalu keras atau bersemangat ketika menggosok gigi yang dapat menusuk gusi, lalu mengeluarkan darah. Oleh sebab itu, gunakan saja sikat gigi lembut dan ganti sikat setidaknya 3 bulan sekali atau tergantung kualitas sikat gigi.

Posisi gigi miring
Posisi gigi yang kurang sempurna akan membuat makanan gampang terjebak disana dan sulit dibersihkan. Biasanya terjadi di gigi geraham yang paling belakang (molar 3). Apabila tidak diatasi dengan cepat akan menyebabkan gusi meradang dan mudah berdarah. Jadi, hati-hati ketika mengkonsumsi makanan terutama yang berserat, upayakan agar tidak menyelip pada gigi dalam waktu lama. Karena itu menjadi penyebab gusi berdarah.

Penyakit periodontal
Gingivitis atau radang gusi yang tidak diobati dengan tepat bisa berpotensi menimbulkan penyakit periodontal. Dimana peradangan mulai menyebar ke jaringan serta tulang penyokong gigi. Tak hanya berdarah, terkadang juga mengeluarkan nanah diantara gusi dan gigi.

Penyebab sistemik gusi berdarah
Penyebab sistemik merupakan penyebab gusi berdarah karena gangguan pada tubuh secara keseluruhan, bukan masalah lokal. Beberapa penyebab sistemik gusi berdarah adalah :

Kekurangan vitamin C
Tubuh kekurangan vitamin C atau dalam istilah medis disebut dengan Scurvy. Dapat terjadi karena seseorang kurang mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Scurvy mengakibatkan gusi sering bengkak, terasa sakit dan berdarah.

baca juga : 9 Cara Meredakan Gusi Bengkak

Kekurangan vitamin K
Vitamin K adalah faktor penting yang dibutuhkan untuk proses pembekuan darah. Sehingga, jika tubuh kekurangan vitamin K, akan cenderung mudah berdarah khususnya gusi. Kamu bisa memperoleh vitamin K dari makanan seperti bayam, kol, asparagus, buah alpukat, mentimun, kubis, daun bawang, cabe rawit dam banyak lagi. Atau juga bisa membeli vitamin K secara langsung di apotek dan ikuti petunjuk dokter bila perlu.

Perubahan hormon pada wanita
Kondisi yang terjadi secara bertahap dalam kehidupan seorang wanita yakni ketika mencapai pubertas, kehamilan atau menopouse. Penyebab gusi berdarah ini terutama terjadi pada perubahan hormon ketika hamil karena membuat gusi lebih sensitif.

Gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pembekuan darah
Gangguan pembekuan darah seperti hemofilia, ITP dan leukemia bisa meningkatkan resiko dan menjadi penyebab gusi berdarah. Jadi, bagi kalian yang mempunyai penyakit itu, harus lebih berhati-hati dalam mengunakan dan memperlakukan mulut, gigi dan gusi.

Obat-obatan tertentu
Ada beberapa obat yang mempunyai efek untuk mengenceran darah, diantaranya, warfarin, heparin dan aspirin. Apabila menggunakannya secara berlebihan akan menyebabkan gusi berdarah. Sebaiknya ikuti dosisnya atau anjuran dokter saja saat mengkonsumsinya.

Kanker
Penyebab gusi berdarah yang sangat berbahaya adalah penyakit kanker. Kanker darah dan kanker sumsum tulang belakang bisa menjadi penyebab gusi berdarah.

Ulasan tentang penyebab gusi berdarah ini bisa kamu jadikan sebagai acuan untuk mengobati gusi berdarah dengan benar. Sehingga, gusi menjadi cepat sehat dan kuat seperti sediakala.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top