Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

9 Penyebab Kelebihan Asam Laktat Pada Tubuh

Uncategorized

9 Penyebab Kelebihan Asam Laktat Pada Tubuh

Asam Laktat ada pada tubuh terjadi saat tubuh dalam keadaan sangat memerlukan oksigen yang cukup ada otak dan tidak cukup memerlukan oksigen. Tubuh akan mengalami yang namanya respirasi dimana tubuh akan menghasilkan lebih banyak asupan oksigen dalam darah ke otot. Beberapa hal yang bisa terjadi saat kadar Asam Laktat dalam tubuh lebih tinggi dari biasanya adalah keringat berlebih.

Penyebab Kelebihan Asam Laktat Pada Tubuh

Saat itulah tubuh memproduksi Asam Laktat yang tinggi. Kelebihan Asam Laktat sangat tidak baik karena akan memaksa tubuh dan disini, Anda akan mengenal beberapa penyebab kelebihan Asam Laktat secara umum agar dapat terhindar dari progress Asam Laktat yang terlalu besar. Dampak yang disebabkan karena kelebihan Asam Laktat pada tubuh sangat banyak, salah satunya adalah keringat berlebihan, stress, pingsan, nyeri otot, sesak nafas, dan lainnya. Berikut ini adalah penyebab umum terjadinya Asam Laktat berlebih.

1. Olahraga Berlebihan

Olahraga yang terlalu berlebihan akan memaksa otot dan tubuh dalam bergerak. Hal ini akan memicu peningkatkan produksi Asam Laktat dalam tubuh dan akhirnya terjadilah kelebihan kadar Asam Laktat dalam tubuh. Olahraga memang baik, tapi terlalu berlebihan sangat tidak baik. Memang dalam diri seseorang memiliki kemampuan fisik yang berbeda-berbeda, ada yang kuat berlari 1 sampai 2 jam namun ada juga setengah jam saja sudah sangat lelah. Semua itu bisa menjadi acuan tolak ukur untuk melihat seberapa kuatnya fisik Anda.

2. Anemia

Anemia atau kurang darah sangat tidak baik untuk tubuh karena darah merupakan bagian yang sangat penting bagi tubuh dalam melancarkan oksigen keseluruh tubuh. Kekurangan darah berarti membuat jantung dan otot tak bekerja sebagaimanmestinya, hal tersebut dapat memicu kadar Asam Laktat berlebihan dalam tubuh.

3. Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Cairan dalam tubuh seseorang sangatlah penting karena dapat membantu system metabolisme tubuh. Cairan juga penting untuk menambah tenaga dan mencegah diri dari haus berlebihan atau dehidrasi, karena itulah dehidrasi bisa membuat Asam Laktat pada tubuh meningkat pesat dan akhirnya terlalu berlebihan.

4. Efek Samping Obat-Obatan

Obat diabetes, antibiotic, aspirin, TBC memiliki potensi besar meningkatkan kadar Asam Laktat dalam tubuh. Zat dalam obat ini akan terus menstimulasi jantung dengan cepat sehingga menimbulkan Asam Laktat yang berlebihan.

Loading...

5. Keracunan Alkohol

Menkonsumsi alcohol secara berlebihan dapat memicu pembuluh darah menjadi meradang dan meningkatkan detak jantung dan ujung-ujungnya akan mengakibatkan tidak normalnya jantung dalam memompa darah. Kondisi seperti ini tentu akan memicu produksi Asam Laktat terlalu tinggi dalam tubuh.

6. Pendarahan

Benturan fisik atau luka pendarahan dari dalam bisa menyebabkan peningkatan Asam Laktat pada dalam tubuh. Hal ini juga bisa mengakibatkan jaringan dalam darah bekerja ekstra dan menghasilkan energy panas berlebihan dan ujung-ujung akan membuat Asam Laktat dalam tubuh meningkat pesat.

7. Kanker Darah

Luekimia, atau penyakit kanker darah adalah kanker yang menyerang system sel darah putih di mana peningkatan sel darah putih tidak normal dan bisanya menyerang tulang belakang. Penyakit ini juga bisa memicu Asam Laktat yang terlalu banyak karena bekerjanya organ tubuh yang terlalu keras dari biasanya.

8. Gagal Jantung

Karena gagal dalam memompa darah dalam jantung dan mengalirkannya ke seluruh tubuh, tubuh akan merasakan sesak nafas berat, pingsan, koma bahkan kematian. Hal ini juga bisa memicu produksi Asam Laktat dalam tubuh meningkat.

9. Kelelahan

Karena lelah, tubuh akan meningkatkan Asam Laktat dalam tubuh guna memaksa otot bekerja lebih dari biasanya. Hal ini bisa terjadi jika seseorang dengan kondisi yang sudah sangat lelah memaksakan diri untuk tetap melakukan aktivitasnya. Hal ini tak di anjurkan, jika Anda memang lelah maka beristirahatlah.

Baca juga: 15 Dampak Sering Minum Obat Sakit Kepala

Asam Laktat berfungsi baik dalam tubuh, namun jika Asam Laktat dalam tubuh terlalu berlebihan atau kekurangan bisa membuat tubuh dalam bahaya. Selain itu, Anda juga harus perlu tetap memerhatikan asupan gizi dan nutrisi Anda serta olahraga Anda.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top