Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

15 Dampak Penyebab Kepala Mengalami Pusing Secara Mendadak

Uncategorized

15 Dampak Penyebab Kepala Mengalami Pusing Secara Mendadak

Penyebab kepala pusing mendadak muncul karena awalnya ada sesuatu yang diabaikan oleh penderita terlepas dari apa yang dilakukannya sebagai aktivitas sehari – hari. Kepala pusing biasanya merupakan suatu reaksi dari pembuluh darah manusia terhadap lingkungan di luar dan kondisi dalam tubuh.

Kepala pusing mendadak bisa disebabkan kepada siapa saja. Bahkan seseorang yang selalu menjaga kesehatannya pun bisa mengalami hal ini. Hal ini tidak serta merta merupakan faktor dari luar, namun bisa dari dalam tubuh manusia itu sendiri. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kepala pusing mendadak yang harus kamu tahu.

Penyebab Kepala Pusing Mendadak, Dampak Penyebab Kepala Pusing Mendadak, Penyebab Kepala Mengalami Pusing Mendadak

1. Kehamilan

Salah satu penyebab pusing mendadak yang paling sering yakni kehamilan. Kepala terasa pusing secara mendadak disertai rasa mual hampir dialami oleh semua ibu hamil baik itu dalam umur masih muda ataupun hingga tahap persalinan. Hal ini disebabkan karena seseorang yang hamil biasanya akan kekurangan zat besi dan membuat kondisi pembuluh darah di kepala terganggu.

2. Efek obat – obatan

Penggunaan obat – obatan tertentu merupakan salah satu penyebab terbesar kepala pusing secara mendadak. Hal ini dikarenakan kandungan – kandungan kimia dalam obat yang menyebabkan penyumbatan peredaran darah dan melukai pembuluh darah yang menuju ke otak. Akibatnya muncul reaksi berupa kepala pusing secara mendadak.

3. Rendahnya kadar gula darah

Memang benar kelebihan kadar gula darah akan menyebabkan bahaya diabetes, namun kekurangan kadar gula juga akan menimbulkan berapa masalah. Apabila seseorang memiliki kadar gula darah yang kurang dari 70mg/dl maka akan sangat rentan terkena serangan sakit kepala secara mendadak.

4. Infeksi pada bagian telinga

Luka atau infeksi yang terjadi pada bagian telinga akan menjadi salah satu penyebab kepala pusing mendadak terutama apabila infeksi tersebut tidak segera diatasi. Oleh sebab itu apabila bagian telinga terinfeksi atau terluka segera lakukan pengobatan untuk menghindari akibat yang lebih berbahaya.

Loading...

5. Cuaca

Cuaca juga sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh. kondisi cuaca yang ekstrem akan menyebabkan seseorang seringkali menderita pusing secara mendadak. Hal ini dikarenakan cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas akan menghambat saraf dan aliran darah dikepala sehingga menimbulkan dehidrasi dan pusing yang terjadi secara mendadak.

6. Posisi tidur yang salah

Posisi tidur yang tidak benar juga akan membuat seseorang mudah mengalami pusing. Posisi tidur dengan bantal yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menyebabkan saraf – saraf leher menegang di bagian belakang dan menyebabkan penegangan pada bagian belakang kepala sehingga akan menimbulkan efek pusing.

7. Cedera

Sebab lainnya yang akan menyebabkan pusing mendadak yakni pernah mengalami cedera atau kecelakaan pada bagian kepala, pundak, dan leher. Hal ini mungkin saja dikarenakan bekas cedera sebelumnya yang telah sembuh akan sangat sensitif terhadap terjadinya benturan berikutnya.

8. Makanan dan minuman

Makanan dan minuman yang tidak sehat seperti bahan pengawet dan garam atau minuman yang mengandung alkohol atau kafein akan menyebabkan penyempitan aliran darah menuju otak sehingga bagian kepala akan pusing secara mendadak.

9. Tekanan darah tinggi

Tekanan darah merupakan suatu kondisi dimana terjadi peningkatan kinerja arteri dan jantung sehingga akan membebani arteri itu sendiri serta jantung. Kondisi ini akan membuat seseorang akan mengalami pusing secara mendadak dan apabila tidak segera di tangani maka akan menyebabkan penyakit yang lebih berbahaya seperti stroke atau serangan jantung.

10. Tekanan darah rendah

Tidak hanya tekanan darah tinggi, tekanan darah yang terlalu rendah juga sangat berbahaya karena akan menyebabkan rasa pusing di kepala secara mendadak. Tekanan darah rendah merupakan kondisi dimana pasokan darah yang mengalir pada pembuluh darah yang menuju otak menjadi berkurang.

Baca Juga 14 Jenis Makanan Penyebab Penyakit Osteoporosis

11. Minum alkohol
12. Merokok
13. Stress
14. Kurang tidur
15. Kelelahan karena aktivitas sehari – hari

Itulah 15 penyebab penyakit kepala pusing mendadak yang perlu kamu tahu. Oleh sebab itu agar tidak terjadi pusing mendadak pada diri Anda, sudah sebaiknya menghindari hal – hal apa saja yang menyebabkan kepala pusing secara mendadak. Selain itu jaga pola hidup sehat agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top