Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Hal Penyebab Kepala Terasa Tegang dan Berat

Uncategorized

14 Hal Penyebab Kepala Terasa Tegang dan Berat

Kepala merupakan salah satu bagian tubuh yang bekerja ekstra keras, pasalnya pusat pengendalian seluruh tubuh berada di kepala. Sering kali karena menjalankan tugas yang berat, kepala sering kali mengalami gangguan seperti pusing dan terasa berat. Penyebab kepala terasa berat bisa disebabkan karena terlalu lelah atau kebiasaan buruk lainnya yang tidak baik bagi kesehatan.

Kepala terasa berat mungkin hanya merupakan gejala penyakit ringan, namun tidak sedikit pula kasus dengan penyakit yang berbahaya dan ditandai dengan gejala terasa berat pada bagian kepala tak kunjung hilang. Berikut ini merupakan beberapa penyebab kepala terasa berat.

Penyebab Kepala Terasa Berat, Dampak Penyebab Kepala Terasa Berat, Penyebab Kepala Terasa Berat dan Pusing

1. Kolesterol tinggi

Salah satu penyebab kepala terasa berat mungkin tubuhmu sedang memiliki kadar kolesterol yang sangat tinggi. Kolesterol yang berlebih akan menimbulkan pembuluh darah pada bagian kepala sehingga otak akan kekurangan darah untuk melakukan kerjanya. Biasanya kondisi ini akan menyebabkan seseorang merasa pusing atau kepala berat.

2. Posisi tubuh yang tidak tepat

Posisi tubuh saat sedang melakukan aktivitias, atau duduk dan berdiri terlalu sering dapat menyebabkan seseorang merasakan kepala terasa berat. Saat kamu sering melakukan posisi tubuh yang salah, maka postur tubuh akan menjadi jelek dan tidak jarang pula akan memengaruhi pembuluh darah yang mengarah pada kepala sehingga kepala akan terasa berat.

3. Kurang olahraga

Kurangnya aktivitas fisik akan membuat tubuh seseorang menjadi lemah dan terserang bermacam – macam penyakit salah satunya kepala terasa berat. Oleh sebab itu jangan lupa untuk mengimbangi aktivitas fisik seperti berolah raga secara rutin sehingga terhindar dari risiko kepala pusing.

4. Aroma tertentu

Tingkat sensitifitas hidung manusia dalam menerima bau tidaklah sama. Banyak orang yang akan merasakan kepala terasa berat setelah mencium aroma bau tertentu yang sangat menyengat atau tidak sedap. Misalnya jenis parfum yang tidak disukai bisa saja akan menyebabkan orang tersebut merasakan pusing setelah menghirupnya.

Loading...

5. Terkena paparan sinar matahari

Tidak jarang kita harus melakukan aktivitas sehari – hari di luar rumah karena tuntutan tertentu. Kondisi kekuatan seseorang dalam menerima paparan sinar matahari. Ada yang kuat hingga berjam – jam di bawah sinar matahari terik. Ada pula yang hanya beberapa menit sudah merasakan kepala yang amat pusing. Hal ini tidak bisa di paksakan, karena akan membahayakan seseorang tersebut.

6. Kelebihan konsumsi obat

Obat tidak hanya menyembuhkan, namun bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya, seperti pada obat yang dapat meredakan rasa sakit, setelah beberapa hari berikutnya seseorang biasanya akan merasakan pusing yang tidak biasa. Gejala lainnya yaitu akan terasa berat pada kepala bagian belakang. Oleh sebab itu apabila kamu memiliki gangguan kesehatan tertentu jangan langsung meminum obat – obatan kimia. Lebih baik gunakan bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping.

7. Faktor usia

Usia seseorang yang semakin tua biasanya akan cenderung memiliki ketahanan fisik yang lebih rendah dari pada orang yang masih muda. Orang berumur 40 tahun keatas akan mudah mendapati kepala terasa berat tanpa adanya alasan yang jelas.

8. Faktor jenis kelamin

Ternyata faktor jenis kelamin juga sangat mempengaruhi kesehatan kepala. Wanita biasanya cenderung lebih sering merasakan berat pada kepala dari pada laki – laki. Wanita yang mengalami sakit kepala cenderung akan merasa tegang yang justru akan semakin memperparah sakit pada kepala. Oleh sebab itu apabila kamu sedang merasakan sakit yang tidak tertahankan pada kepala segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

9. Waktu makan yang tidak teratur

Waktu makan juga sangatlah penting untuk selalu di lakukan secara rutin. Akibat telat sarapan atau melewatkan waktu makan justru tidak baik bagi kesehatan. Organ yang seharusnya mendapatkan nutrisi, terhalangi karena kamu tidak menjaga pola makan. Reaksi yang ditimbulkan bermacam – macam, salah satunya kepala akan terasa pusing.

10. Berhenti mengonsumsi kafein

Bagaimana berhenti mengonsumsi kafein akan menyebabkan kepala terasa berat ? kafein merupakan zat yang dapat membuat seseorang kecanduan. Apabila kamu sering mengonsumsinya sebelumnya dan langsung berhenti untuk mengonsumsi maka kamu biasanya akan merasakan pusing.

Baca Juga 13 Obat Alami Mata Minus Tradisional

4 Penyebab Kepala Terasa Berat Lainnya:

11. Mata lelah
12. Kurang tidur
13. Stress
14. Kurang minum air putih

Itulah 14 penyebab kepala terasa berat yang harus kamu tahu agar kamu bida mengubah kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan pusing di kepala terjadi secara tiba – tiba. Selain itu menjaga pola hidup sehat merupakan kewajiban agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top