Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Dampak Penyebab Penyakit Kwashiorkor

Uncategorized

8 Dampak Penyebab Penyakit Kwashiorkor

Kwashiorkor merupakan salah satu bentuk busung lapar yang sering terjadi di negara-negara miskin. Busung lapar disebabkan karena kekurangan zat protein dalam tubuh. Protein sangat berperan penting untuk mendukung pertumbuhan dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika asupan protein tidak dikonsumsi secara rutin maka tubuh akan kekurangan protein sehingga akan menjadi penyebab kwashiorkor.

Tidak hanya itu, penyebab kwashiorkor juga dapat dipengaruhi karena kondisi lingkungan yang tidak bersih, tingkat pendidikan yang rendah, serta kurangnya pegetahuan tentang asupan makanan yang baik dikonsumsi. Selain penyebab tersebut, terdapat penyebab lainnya yang bisa berdampak pada penyakit kwashiorkor. Berikut inilah penyebab kwashiorkor yang perlu anda ketahui.

Penyebab Kwashiorkor, Penyebab Penyakit Kwashiorkor, Dampak Penyebab Kwashiorkor

1. Pelayanan kesehatan

Penyebab kwashiorkor yang pertama karena pelayanan kesehatan. Hal ini bisa terjadi karena minimnya pelayanan bisa menjadi penyebab kwashiorkor. Kondisi kesehatan suatu masyarakat sangatlah bergantung pada sistem pelayanan kesehatan di lingkungan tersebut. Jika sistem pelayanan kesehatan buruk maka penyakit juga lebih mudah diderita oleh masyarakat, termasuk penyakit kwashiorkor.

2. Kondisi lingkungan

Penyebab lainnya kwashiorkor karena kondisi lingkungan. Dengan kondisi lingkungan yang bersih maka penyebab kwashiorkor dapat dicegah. Namun, sebaliknya semakin rendah kebersihan lingkungan maka akan semakin rendah kesehatan orang-orang yang tinggal di lingkungan tersebut. Oleh karena itu, kondisi lingkungan suatu wilayah juga memberikan pengaruh terhadap tingkat kesehatan suatu masyarakat.

3. Bencana alam

Bencana alam juga dapat menjadi penyebab kwashiorkor. Hal ini disebabkan bencana alam yang terjadi di negara berkembang dan juga negara miskin membuat akses sumber makanan menjadi sulit. Untuk itu, kemungkinan besar ketersediaan makanan sehat bagi korban bencana alam bisa sangat terbatas sehingga meningkatkan resiko merebaknya berbagai macam penyakit pada korban bencana, termasuk kwashiorkor.

4. Tingkat pendidikan

Tingkat pendidikan yang rendah akan mengakibatkan terjadinya penyebab kwashiorkor. Hal ini tentu sangat berpengaruh pada kesehatan masyarakat. Semakin rendah pendidikan suatu masyarakat maka akan semakin rendah pula kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan. Selain itu, rendahnya tingkat pendidikan juga akan menyebabkan kurangnya pengetahuan masyarakat akan asupan gizi. Tak heran jika pendidikan rendah akan rentan terhadap kwashiorkor.

Loading...

5. Daya beli masyarakat

Daya beli masyarakat yang terbatas sangat mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat. Ketika kesadaran masyarakat akan kesehatan rendah, secara otomatis daya beli mereka juga akan rendah sehingga munculnya masalah kesehatan, termasuk kwashiorkor. Rendahnya daya beli masyarakat ini biasanya juga dipengaruhi oleh tingkat penghasilan masyarakat itu sendiri. Ketika penghasilan mereka rendah maka daya beli mereka juga akan rendah.

6. Kurangnya bahan makanan

Kwashiorkor masih menjadi masalah kesehatan paling umum di negara-negara di mana persediaan makanan yang terbatas atau kekurangan. Kondisi ini biasa terjadi pada daerah yang tidak memprioritaskan kesehatannya. Selain itu, ketergantungan daerah pada diet rendah protein, seperti diet berbasis jagung yang dilakukan sebagian besar negara Amerika Selatan, juga dapat menyebabkan terjadinya kwashiorkor.

7. Kekurangan asupan protein dalam tubuh

Protein diperlukan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan membentuk sel-sel baru. Tubuh manusia yang sehat akan melakukan proses regenerasi sel dengan cara yang terus-menerus. Protein juga sangat penting bagi pertumbuhan selama masa kanak-kanak dan kehamilan. Jika tubuh kekurangan protein, maka pertumbuhan dan fungsi tubuh yang normal akan mulai terhambat, dan kwashiorkor dapat terjadi.

8. Keadaan politik yang kurang stabil

Dengan keadaan politik yang kurang stabil menjadi permasalahn yang serius sehingga dapat menyebabkan kwashiorkor. Tentu saja hal ini penting untuk diperhatikan. Ketika seseorang tinggal dalam lingkungan yang mengalami keadaan sosial dan politik yang kurang stabil mereka akan mengalami adanya pantangan terhadap pangan tertentu sehingga asupan protein akan berkurang dan bisa menyebabkan terjadinya kwashiorkor.

Baca Juga : 10 Gejala Penyebab Kekurangan Asam Lambung

Itulah penyebab kwashiorkor. Untuk mencegahnya anda harus mengkonsumsi asupan protein secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan protein sangat dibutuhkan untuk proses pertumbuhan. Saat tubuh manusia kekurangan zat protein, otomatis pertumbuhan dan perkembangan fungsi tubuh yang seharusnya normal akan mati. Jika hal itu terjadi secara terus-menerus maka kekurangan protein dalam jangka waktu lama, akan menyebabkan penyakit kwashiorkor menjadi berkembang. 

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top