Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

8 Gejala Penyebab Penyakit Marasmus

Uncategorized

8 Gejala Penyebab Penyakit Marasmus

Marasmus merupakan sebuah keadaan malnutrisi, di mana asupan kalori dan protein di dalam tubuh seseorang sangatlah rendah. Kondisi marasmus bukanlah sebuah kondisi kesehatan yang bisa diabaikan begitu saja karena penyakit ini akan berdampak pada gangguan kesehatan yang sangat serius. Untuk itu, sangat penting mengetahui penyebab marasmus untuk melakukan pencegahan sejak dini.

Jika anda salah satu penderita marasmus maka mulailah untuk memenuhi asupan nutrisi dalam tubuh. Hal ini dikarenakan penyebab marasmus terdapat beberapa kemungkinan seperti kurangnya asupan protein dan kalori, kondisi ekonomi yang terbatas, serta tingkat pendidikan yang rendah. Namun tidak hanya itu yang menjadi penyebab marasmus. Ada penyebab lainnya dari penyakit marasmus yang perlu anda ketahui. Berikut inilah penyebab marasmus.

Penyebab Marasmus, Penyebab Penyakit Marasmus, Penyebab Gejala Marasmus

1. Faktor pendidikan

Penyebab marasmus yang pertama karena faktor pendidikan. Hal ini dikarenakan tingkat pendidikan yang tinggi akan berbanding lurus dengan pengetahuan yang tinggi pula sehingga banyak pengetahuan tentang informasi asupan gizi yang baik bagi tubuh. Untuk itu, jika tingkat pendidikan di suatu wilayah sangat rendah maka pengetahuan yang dimiliki masyarakat terkait pola asupan gizi juga akan rendah.

2. Faktor sosial

Faktor sosial juga menjadi penyebab marasmus. Keadaan sosial yang tidak stabil atau dibawah rata-rata akan mempengaruhi jenis asupan makanan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat dalam lingkungan tersebut. Selain itu, keadaan sosial juga bisa berpengaruh pada penggunaan bahan makanan yang tidak higenis ketika dikonsumsi sebagai menu makanan setiap harinya, sehingga bisa menyebabkan masyarakat menderita marasmus.

3. Faktor ekonomi

Kondisi ekonomi yang sangat memperihatinkan bisa menjadi penyebab marasmus. Keluarga dengan tingkat pendapatan yang rendah akan menyebabkan daya beli mereka rendah, termasuk daya beli terhadap jenis makanan yang mengandung asupan gizi. Semakin rendah tingkat pendapatan dalam keluarga, pemenuhan asupan gizi bagi anak juga rendah sehingga anak akan mengalami malnutrisi seperti marasmus.

4. Kapadatan penduduk

Kepadatan penduduk sangat rentan terhadap penyebab marasmus. Tingkat kepadatan penduduk yang tergolong tinggi akan menyebabkan tingkat kebersihan lingkungan menjadi buruk dan tidak seteril sehingga kuman akan menyebar kemana-mana dan mempengaruhi tingkat kesehatan bagi penduduknya. Selain itu, kepadatan penduduk yang tinggi akan menyebabkan sumber daya menjadi terbatas.

Loading...

5. Infeksi

Penyebab marasmus lainnya juga dipengaruhi karena penyakit infeksi. Jika anda mengalami infeksi maka hal ini akan menyebabkan proses asupan dan juga penyerapan gizi di dalam tubuh terpengaruh. Akibat dari kondisi tersebut, anak akan lebih mudah terinfeksi penyakit yang akhirnya berpengaruh pada proses penyerapan asupan gizi bagi tubuh, hingga akhirnya memicu terjadinya marasmus.

6. Pola makan protein

Pola makan protein dan juga asam amino yang sangat kurang dapat menyebabkan marasmus. Saat asupan protein kurang, tentu saja cadangan kalori yang ada di dalam tubuh juga kurang. Setelah itu, kondisi tubuh akan semakin memburuk ketika asupan makanan yang mengandung banyak kalori berkurang. Mulailah memperhatikan pola makan dengan banyak mengkonsumsi kandungan protein.

7. Kelaparan kronis

Kelaparan kronis merupakan persediaan makanan di wilayah tempat tinggal seseorang sangatlah terbatas. Tentu saja ini bisa menjadi penyebab marasmus. Tidak semua makanan yang mengandung nutrisi tinggi dapat dikonsumsi bagi penderita kelaparan sehingga selain kekurangan makanan, nutrisi pun juga tidak cukup. Oleh karena itu, kelaparan kronis mampu menjadikan seseorang mengalami marasmus.

8. Kekurangan vitamin

Penyebab marasmus yang terakhir karena kekurangan asupan vitamin. Jika anda kurang mengkonsumsi vitamin E, K, dan A maka hal itu dapat meningkatkan potensi seseorang terkena marasmus. Ketiga vitamin tersebut merupakan contoh vitamin yang sangat dibutuhkan bagi tubuh, namun ketika tubuh tidak mendapat asupan vitamin E, K, dan A maka bisa mengakibatkan marasmus pada orang tersebut.

Baca Juga 10 Gejala Penyebab Kekurangan Asam Lambung

Itulah penyebab marasmus. Untuk mencegah marasmus bisa dilakukan dengan menerapkan pola makan yang seimbang dengan cara memenuhi asupan protein dan juga vitamin pada makanan yang dikonsumsi. Selain itu, melakukan pencegahan infeksi juga sangat penting dengan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi terbebas dari kuman, bakteri ataupun penyakit.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top