Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Kenali Beberapa Penyebab Nafas Pendek

Uncategorized

Kenali Beberapa Penyebab Nafas Pendek

Kamu harus mengetahui penyebab nafas pendek agar bisa membuatmu bernapas seperti biasanya. Jika penyebabnya itu merupakan penyakit serius, kamu dapat segera mengatasinya dan menyelamatkan dirimu. Napas pendek atau dyspnea adalah suatu kondisi dimana penderita sulit bernafas karena berbagai faktor.

Napas pendek biasanya muncul saat kamu melakukan pekerjaan atau kegiatan yang berat. Tapi, jika kamu tidak sedang melakukan aktivitas yang berat nafas terasa berat dan pendek tentu harus berhati-hati. Dyspnea yang terjadi secara mendadak atau berlangsung lama dapat berbahaya bagi tubuh.

Terdapat beberapa hal yang bisa mengakibatkan seseorang menderita nafas pendek dan berat. Baik dyspnea secara tiba-tiba maupun dalam jangka waktu panjang, inilah penyebabnya!

Penyebab nafas pendek dan berat secara tiba-tiba

Dyspnea yang muncul secara mendadak bisa dikarenakan adanya serangan kejutan, gangguan kesehatan jantung atau paru-paru. Hal ini karena jantung dan paru-paru adalah organ yang bekerja untuk menyalurkan oksigen keseluruh tubuh dan melepaskan karbondioksida. Sehingga, jika salah satu organ tersebut terganggu, bisa menyebabkan tidak lancarnya pernapasan. Berikut ciri-cirinya!

Masalah jantung
Jika disebabkan oleh masalah jantung, entah itu gagal jantung atau jantung bengkak membuat seseorang sulit bernafas. Penderita akan merasakan nafas pendek dan berat. Sebab, terdapat gangguan pada pemompaan darah pada organ jantung akibat gangguan otot jantung.

Kondisi ini mengakibatkan penumpukan cairan di dalam paru-paru, sehingga nafas menjadi pendek. Nafas pendek juga sebagai salah satu gejala serangan jantung, meski tidak terasa sakit di dada. Perhatikanlah kesehatan jantungmu karena bisa menjadi penyebab nafas pendek.

Loading...

Karena gangguan pada paru-paru
Nafas pendek atau dyspnea yang terjadi dengan mendadak juga dialami oleh penderita penyakit asma. Sebab, terdapat cairan kental pada saluran udara, sehingga menyempit dan membuat udara sulit masuk dan keluar. Itulah mengapa penderita asma, pneumonia atau radang paru-paru basah terasa sulit bernafas panjang.

pleural effusion, diabetes ketoasidosi, reaksi alergi yang parah, fibrosis paru idiopatik dan emboli paru juga menjadi penyebab nafas pendek dan berat.

Penyebab nafas pendek dalam jangka panjang

Kalau nafas pendek yang berlangsung dalam jangka waktu panjang atau kronis bisa disebabkan oleh kondisi seperti ini.

Anemia
Penyakit anemia atau kekurangan darah merah bisa menjadi penyebab nafas pendek dan kelelahan berlebih. Terjadi karena penderita anemia tidak mempunyai hemoglobin yang cukup untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya tubuh, kekurangan oksigan yang membuat sulit bernafas.

baca juga : 7 Langkah Mudah Mengatasi Batuk di Malam Hari

Gangguan detak jantung
Dalam memompa darah jantung akan berdetak. Jika detak jantung tidak teratur, maka bisa mengganggu pemompaan oksigen dan darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini bisa membuat seseorang bernafas lebih cepat atau pendek untuk memperoleh oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tak hanya itu obesitas atau kelebihan berat badan juga menjadi penyebab nafas pendek yang lama. Sebaiknya, selalu kontrol berat badan dan usahakan agar tetap ideal.

Hindari makanan atau minuman yang menyebabkan gangguan jantung dan paru-paru. Jika kamu mengalami nafas pendek jangka panjang segera periksakan ke dokter. Lebih baik waspada di awal daripada mengetahui  setelah parah karena akan sulit dalam menyembuhkannya.

Itulah penyebab nafas pendek dan berat dalam jangka panjang atau muncul secara mendadak yang bisa kamu jadikan untuk menghindari penyakit serius. Kamu jangan mengabaikan keadaan buruk sekecil apapun pada tubuhmu, karena hal kecil itu bisa merambah ke kondisi yang parah dan membahayakan nyawa.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top