Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Penyakit Stroke

Uncategorized

Kebiasaan Sehari-hari Penyebab Penyakit Stroke

Agar kamu bisa terhindar dari penyakit stroke harus menghindari penyebab penyakit stroke. Caranya yaitu melakukan pola hidup sehat dan tidak melakukan kebiasaan buruk. Stroke merupakan penyakit yang berbahaya dan patut kamu waspadai, karena jika sudah terjangkit akan susah sembuhnya. Jarang ada penderita stroke sembuh total, kembali normal seperti semula.

Umumnya, mereka mengalami kelumpuhan di bagian tubuh tertentu. Saat ini Penyakit stroke tidak hanya orang tua saja, tapi juga menyerang yang masih muda. Pria lebih mempunyai resiko lebih tinggi terkena penyakit stroke jika dibandingkan dengan wanita. Selain faktor itu, ada beberapa kebiasaan buruk yang menjadi pemicu penyakit stroke.

Mau tahu kebiasaan buruk apa saja yang bisa membuatmu dekat dengan penyakit stroke? Simak yuk ulasannya!

Kebisaan buruk penyebab penyakit stroke

Tanpa kamu sadari, setiap hari kamu melakukan kebiasaan yang membuat tubuh mudah terkena penyakit, termasuk stroke. Untuk itu sangat diharuskan kamu mengetahui beberapa kebiasaan yang kamu lakukan setiap hari yang menyebabkan penyakit stroke.

Merokok
Pemicu penyakit stroke yang sering dilakukan oleh para kaum pria adalah merokok. Kamupun tahu jika rokok itu mengandung nikotin, yakni suatu zat yang bisa mengendap pada pembuluh darah. Adanya tumpukan ini menyebabkan pembuluh darah menyempit dan akhirnya peredaran darah menuju otak bisa terhambat.

Sedangkan stroke adalah kondisi terputusnya pasokan darah ke otak. Jadi itulah mengapa merokok bisa menyebabkan penyakit stroke. Banyak sekali efek yang ditimbulkan karena merokok, maka sebaiknya segera tinggalkan kebisaa buruk ini.

Loading...

Sering konsumsi makanan berlemak
Kebiasaan makan makanan mengandung lemak tinggi sangat beresiko terkena serangan stroke. Asupan makanan berlemak yang berlebihan setiap hari akan memperburuk kondisi tubuh. Hubunganya dengan penyakit stroke adalah penumpukan lemak mengakibatkan kadar kolesterol naik.Jika kolesterol naik, lama-kelamaan membentuk plak di dalam pembuluh darah sehingga terjadi penyumbatan pembuluh darah.

Adanya penyumbatan ini membuat aliran darah tak lancar dan tidak bisa dialirkan ke otak. Otak menjadi kekurangan darah dan menyebabkan kerusakan sel yang akhirnya tubuh menunjukkan gejala stroke. Nah, itulah mengapa kebanyakan makanan berlemak tidak baik karena bisa menjadi penyebab stroke.

Stress
Rutinitas, pekerjaan dan masalah bisa membuat pikiran menjadi stres dan otak menjadi tegang. Kalau stress sudah tidak bisa dikontrol lagi akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya bisa membuat depresi, tapi juga menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Lantas apa alasannya stress menjadi pemicu penyakit stroke?

Saat seseorang sedang stress, membuat organ-organ di dalam tubuh bekerja tidak maksimal. Akibatnya tekanan darah naik dan menyebabkan perubahan hormon di otak. Kondisi ini membuat darah di dalam otak tidak dapat mengalir secara baik, sehingga sel-sel otak mengalami kerusakan. Kerusakan otak inilah yang menjadikan seseorang terkena kelumpuhan.

Terlalu banyak mengkonsumsi garam
Penyebab penyakit stroke diantaranya yaitu terlalu banyak makan makanan mengandung garam. Asupan garam yang berlebihan bisa memicu terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu juga mengakibatkan pendarahan di bagian otak yang menjadi pemicu stroke. Untuk itu, jangan makan makanan asin berlebihan. Imbangi juga dengan sayur dan buah alami.

Kurang berolahraga
Malas bergerak merupakan kebiasaan buruk yang menjadi penyebab penyakit stroke. Kurang gerakan tubuh bisa mengakibatkan peredaran darah tersumbat dan akhirnya menyebabkan stroke. Bukan hanya stroke, tapi penyakit lain juga seperti penyakit jantung dan membuat kondisi tubuh lemah tidak segar.

Mulai sekarang, luangkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Lakukan oleh tubuh sekedar senam atau berjalan kaki akan sangat membantumu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. selain itu, olah pernapasan juga penting dan menyehatkan semua organ-organ dalam tubuhmu.

Minum alkohol
Kebisaan buruk yang menjadi pemicu stroke salah satunya, sering mengkonsumsi alkohol. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa minuman ini mempunyai efek buruk bagi tubuh. Itulah yang menyebabkan sering minum alkohol dilarang oleh agama dan negara kita ini.

Ketika minum alkohol, tubuh akan mengenalinya sebagai zat asing. Keberadaannya mengakibatkan volume darah bertambah tinggi, sehingga untuk mengalirkannya membutuhkan tekanan besar. Hal ini membuat asupan darah ke otak berkurang dan memicu stroke.

baca juga : Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Stroke

Kurang tidur
Biasanya, kita tidur setelah semua pekerjaan atau acara yang kita sukai selesai. Tapi tahukah kamu kebiasaan kurang tidur bisa manjadi penyebab penyakit stroke. Kurang tidur berarti badan kurang beristirahat. Itu kaan membuat badan lesu, lemas dan mudah lelah kehilangan semangat. Selain itu juga menjadikan sistem metabolisme tubuh terganggu dan kacau. Terganggunya sistem metabolisme ini bia menimbulkan serangan stroke.

Mendengkur
Kebiasaan mendengkur juga sebagai pemicu penyakit stroke. Berhentinya
nafas bisa membuat seseorang tersedak dan ini merupakan gejala awal yang
mengkhawatirkan. Selain itu, henti nafas juga bisa mengakibakan hipertensi,
penyakit jantung termasuk penyakit stroke. Napas yang berhenti akan membuat
pasokan oksigen ke otak menjadi berkurang.

 

Sekarang kamu telah mengetahui beberapa kebiasaan buruk penyebab penyakit stroke yang harus kamu hindari. Dengan menghindarinya, semoga kesehatanmu lebih meningkat dan lebih semangat dalam beraktivitas sehari-hari.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top