Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

Penyebab Rambut Gugur

Uncategorized

Penyebab Rambut Gugur

Rambut gugur sering disebut juga rambut rontok atau rambut botak. Rambut gugur adalah berkurangnya sebagian atau keseluruhan rambut dari kepala seseorang. Kondisi rambut seperti ini sudah biasa dialami oleh banyak orang baik pria maupun wanita. Namun, jika rambut yang gugur lebih dari 100 helai setiap hari, jangan diabaikan segera atasi.

Sebelum kamu mengatasi rambut gugur ketahui dulu penyebab rambut gugur agar kamu bisa menghindarinya. Kalau kamu belum tahu, bisa-bisa kamu melakukan penyebab itu secara sengaja dan akhirnya rambut mengalami keguguran yang semakin banyak. Langsung saja simak penyebab dari rambut gugur yang dialami setiap orang.

Penyebab rambut gugur

Perubahan hormon
Keguguran rambut pada pria dalam dunia kesehatan dikenal sebagai alopesia androgenetik. Gugurnya rambut sebagai pengaruh dari tingginya kadar hormon testosteron yang disebut DHT (dihidrotestosteron) yang membuat akar rambut menjadi sangat sensitif. Hormon ini menyebabkan rambut lebih tipis dan mudah patah.

Sedangkan bentuk keguguran rambut pada pria dipengaruhi oleh hormon reproduksi pada masa menopouse, kehamilan dan penggunaan kontrasepsi. Jadi, penyebab rambut gugur pada pria maupun wanita berbeda.

Pengaruh asupan makanan
Asupan makanan yang tidak memenuhi kebutuhan tubuh, bisa menjadi penyebab rambut gugur dan tipis. Jika kamu sedang melakukan program diet, tetaplah perhatikan nutrisi pada makanan yang kamu konsumsi. Konsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin C, zinc untuk menguatkan rambut dan nutrisi lainnya.

Akibat kemoterapi
Kemoterapi yang dilakukan untuk perawatan pasien kanker dapat menyebabkan rambut gugur bahkan sampai hila keseluruhan rambut. Tidak hanya memberikan efek pada rambut dan kulit kepala saja, tapi kemoterapi juga mempengaruhi kondisi wajah dan tubuh. Rambut baru yang sehat akan tumbuh lagi beberapa bulan setelah terapi.

Loading...

Karena efek penggunaan obat
Mungkin kamu sakit lalu meminum obat. Tanpa kamu ketahui obat tertentu bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Atau bisa juga kamu menggunakan obat yang berfungsi untuk menghilangkan jerawat, tapi tidak untuk kulit kepala. Ada beberapa obat yang bisa membuat rambut gugur.

  • Valporate natrium, obat anti epilepsi
  • Antidepressant, obat ini untuk mengatasi depresi atau stres. Bisa menghambat pertumbuhan rambut. Tapi tidak perlu khawatir, pertumbuhan rambut akan kembali normal setelah tidak menggunakannya.
  • Obat psoriasis, penyakitnya berupa kulit bersisik yang disebabkan oleh proses pergantian sel yang tidak normal. Pemanfaatan obat ini adalah untuk mencegah munculnya sel kulit baru dan memberikan efek rambut keriting, berubah warna dan merusak struktur rambut. Rambut pun kembali normal setelah berhenti menggunakannya.
  • Pil KB, Terkadang  wanita pengguna KB bisa mengalami rambut gugur karena pil ini mengandung senyawa anti-androgen.
  • Obat lain yang dapat menyebabkan rambut gugur adalah ibuprofen dan obat pencair darah.

Stres
Tekanan psikologi bisa membuat seseorang cemas dan tertekan. Dalam keadaan ini biasanya, penderita mengalami rambut rontok dan akhirnya volume rambut berkurang. Jadi, hindari stres sebisa mungkin, nikmati hidupmu dengan santai dan yakin pasti setiap masalah ada jalan keluarnya.

Alopesia areata
Alopecia ini adalah gangguan kesehatan akibat dari penyakit autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh menyerang tubuh sendiri. Gangguan kesehatan ini membuat rambut botak bersisik tebal umumnya, terjadi pada usis remaja dan dewasa. Penyakit lain yang menyebabkan alopesia areata adalah diabetes, tiroid, anemia pernisus dan vitiligo.

Setelah melahirkan
Penyebab rambut gugur yang seringa dialami oleh wanita adalah setelah melahirkan. Biasanya wanita akan mengalami rambut rontok selama 6 bulan setelah melahirkan. Masalah ini akan pulih jika kadar estrogen dalam tubuh kembali normal.

Kulit kepala yang tidak sehat
Kulit kepala yang tidak sehat bisa menjadi penyebab rambut gugur. Kulit kepala yang kotor dan tidak sehat mudah dijangkiti oleh kuman dan bakteri. Kuman ini bisa datang karena kulit kepala panas dan lembab saat menggunakan topi atau penutup rambut. Oleh sebab itu, setelah mengenakan topi cukup lama, jangan lupa mencuci rambut.

baca juga : Perawatan Rambut Rontok Tanpa Perlu ke Salon

Jarang keramas
Rambut yang jarang dicuci akan menimbulkan bau dan mudah gugur. Selain itu, juga membuat rambut lembab dan berminyak. Kondisi ini jika terkena paparan sinar matahari, membuat rambut berkeringat. Keringat pada kulit kepala akan mebuat rambut mudah patah dan rusak.

Hair dryer
Mulai sekarang, hindari pemakaian hair dryer atau pengering rambut sehabis mandi. Alat ini dapat membuat rambut kering dan mudah patah. Saat rambut mudah patah maka, kamu akan mengalami rambut gugur.

Pengeriting rambut
Memang sih, rambut keriting memberikan kesan cantik dan modis pada dirimu. Namun, jika efeknya membuat rambut tidak kuat, kering, dan lainnya. pemakaiannya adalah dengan melilitkan rambut sehingga akar rambut menjadi tertarik dan akhirnya rambut gugur.

Mengikat rambut
Rambut yang tidak mendapatkan makanan seimbang bisa menyebabkan rambut gugur. Jika akar rambut tidak kuat, maka mengikat rambut sedikit kencang bisa membuat rambut tertarik lalu gugur. Cara menghindari hal ini yaitu dengan jangan mengikat rambut terlalu kencang dan terlalu lama. Biarkanlah rambutmu bernafas.

Genetik atau keturunan
Rambut gugur bisa juga disebabkan karena keturunan. Tanyakanlah kepada bapak atau ibumu atau orang tua lainnya, apakah mereka mengalami masalah rambut gugur? Bila iya, berarti gangguan pada rambut kamu peroleh dari keturunan. Untuk mengatasi rambut gugur, kamu harus menjalankan pola hidup sehat dan cukupi nutrisinya.

Radikal bebas
Penyebab rambut gugur terakhir adalah karena radikal bebas. Radikal bebas merupakan bahan toksik yang mengakibatkan penuaan dini. Biasanya ditimbulkan karena pencemaraan asap kendaraan, debu dan udara beracun. Adanya radikal bebas memperburuk kondisi kepala dan membuat rambut gugur.

Itulah penyebab rambut gugur yang harus kamu hindari. Sehingga, kamu mempunyai rambut sehat berkilau.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top