Advertisements
Connect with us
close

Virtual.co.id

14 Hal Penyebab Tangan Berkeringat yang Perlu Diwaspadai

Uncategorized

14 Hal Penyebab Tangan Berkeringat yang Perlu Diwaspadai

Berkeringatnya tangan merupakan suatu keluhan yang membuat siapapun yang mengalaminya menjadi penasaran apa yang sebenarnya terjadi pada tubuhnya, adakah kelainan serius, seperti penyakit jantung. Ketidaktahuan tentang penyebab tangan berkeringat ini akan membuat penderitanya menjadi jengkel, malu, minder saat berjabat tangan, bahkan dapat memberikan dampak negatif dalam kehidupan sosial dan kariernya.

Ada yang bilang bahwa penyebab tangan berkeringat adalah pertanda sakit jantung. Tidak sepenuhnya salah memang. Telapak tangan berkeringat belum tentu terkait dengan kondisi lain seperti penyakit. Orang yang telapak tangannya sering berkeringat pada dasarnya sehat-sehat saja, hanya kalenjar keringatnya yang lebih aktif.

Penyebab Tangan Berkeringat, Hal Penyebab Tangan Berkeringat, Penyebab Masalah Tangan Berkeringat

1. TBC

Penyebab tangan berkeringat yang pertama adalah TBC. Pada penderita TBC, kalenjar keringat akan sangat produktif, terutama di malam hari. Selain itu, diikuti juga oleh keluhan lain seperti demam, mudah capek dan hilangnya nafsu makan. Apabila anda mengalami gejala yang sama, segeralah ke dokter untuk memastikan kesehatan paru-paru anda.

2. Demam

Demam bisa jadi penyakit yang sering dialami. Naiknya suhu tubuh kita di saat sakit merupakan bentuk pertahanan diri dari adanya virus ataupun bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Saat demam, tidak jarang tubuh akan berkeringat, termasuk pada bagain tangan. Ini disebabkan oleh tingginya suhu tubuh sehingga mengeluarkan lebih banyak cairan.

3. Penyakit gondok

Penyakit gondok terjadi karena adanya pembengkakan pada kelenjar tiroid.  Kelenjar ini dalam berbagai jenis proses kimiawi dalam tubuh. Pembengkakan pada kalenjar ini dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti merokok, kekurangan yodium dan pubertas.  Adanya gangguan pada kelenjar tiroid ini juga menjadi salah satu penyebab tangan berkeringat.

4. Kadar gula rendah

Kadar gula pada diri seseorang juga dapat menjadi salah satu penyebab  tangan berkeringat. Kondisi kadar gula rendah sering dijumpai pada orang yang memiliki diabetes yang mengkonsumsi insulin. Kondisi ini menjadi faktor pemicu seringnya telapak tangan menjadi berkeringat.

Loading...

5. Menopause

Menopause meupakan periode yang wajar terjadi pada perempuan. Seperti halnya pubertas yang terjadi di usia remaja, menopause merupakan fase yang terjadi pada wanita di usia akhir empat puluh atau awal lima puluhan. Ketika fase ini muncul menyebabkan perubahan hormon. Hal inilah yang menjadi faktor seringnya timbul keringat pada tangan.

6. Penyakit jantung

Penyakit  jantung sering dikaitkan dengan kondisi tangan yang berkeringat. Jantung sendiri merupakan organ vital bagi manusia yang berfungsi untuk memompa darah dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Tangan berkeringat menjadi salah satu adanya indikasi jantung yang bermasalah. Selain itu juga disertai gejala lain, seperti nyeri dada. Untuk itu, apabila anda memiliki keluhan yang sama, jangan ragu untuk hubungi dokter.

7. Hiperaktif sistem syaraf

Syaraf merupakan bagian yang merespon kondisi yang terjadi pada tubuh. Kondisi tertentu dapat menjadi stimulus pada syaraf untuk bekerja lebih cepat dari kondisi normal. Hiperaktif sistem syaraf juga dapat menjadikan tangan berkeringat, misal pada kondisi gugup, takut ataupun cemas.

8. Stres

Stres merupakan akumulasi dari rasa jenuh yang tidak segera ditangani. Berbagai tekanan pekerjaan ataupun tugas dapat memicu munculnya stres. Pada keadaan demikian seringkali kerja hormon menjadi tidak normal. Ketidakseimbangan hormon pada tubuh dapat menjadi salah satu faktor tangan menjadi berkeringat.

9. Konsumsi alkohol

Alkohol mengandung berbagai zat yang dapat merusak kesehatan. Seorang pecandu alkohol memiliki potensi lebih rentan untuk masalah tangan berkeringat, karena banyaknya zat kimia yang masuk ke dalam tubuh.

10. Obesitas

Obesitas merupakan kondisi yang membahayakan untuk kesehatan. Tingginya kadar lemak pada darah menjadi penghambat untuk aliran darah dan memicu datangnya penyakit. Bukan hanya penyakit kronis, gangguan tangan yang selalu berkeringat juga akan muncul pada orang yang memiliki berat badan berlebih.

Baca Juga 12 Hal Penyebab Gusi Sering Berdarah yang Perlu Dihindari

Kondisi tangan yang selalu berkeringat dapat mengganggu aktivitas, seperti menulis ataupun harus memegang memegang sesatu yang mudah menjadi basah. Selain sepuluh penyebab diatas, empat hal dibawah ini perlu anda waspadai karena juga menjadi penyebab tangan berkeringat.

4 Penyebab Tangan Berkeringat Lainnya:

11. Penyakit syaraf
12. Gangguan metabolisme
13. Penyakit ganas
14. Konsumsi obat-obatan tertentu

Empat belas poin yang telah dijabarkan di atas merupakan penyebab tangan berkeringat. Untuk anda yang memiliki keluhan yang sama, tidak ada salahnya berkonsultasi pada ahli kesehatan. Ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada penyakit berbahaya yang menjadi penyebab tangan anda sering berkeringat.

Loading...
Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Uncategorized

To Top